Chia Seeds, Superfood dengan Segudang Manfaat

Chia Seeds, Superfood dengan Segudang Manfaat

Chia seeds terkenal di kalangan pecinta makanan organik sebagai superfood yang dapat membantu menurunkan berat badan. Benarkah klaim tersebut? Apa itu chia seeds? Apa saja nutrisi yang terkandung di dalam superfood ini? Apakah chia seeds sama dengan selasih? Artikel ini akan mengupas tuntas semua pertanyaan kamu.

Klik Untuk Donasi - WeCare.id #UsahaBareng GandengTangan
  1. Terdanai Rp.36,885,076
  2. Pencapaian 70.97%
  3. Donatur 283

Pengertian Chia Seeds

Chia seeds merupakan biji-bijian yang dihasilkan oleh tanaman Salvia hispanica L. Tanaman ini termasuk salah satu jenis tanaman mint yang banyak dijumpai di Amerika Selatan dan Meksiko.

Biji chia berbentuk oval dengan ukuran kurang lebih 1-2 milimeter. Sekilas bentuk biji chia hampir mirip dengan selasih. Namun, keduanya jelas berbeda. Biji chiai memiliki variasi warna hitam (black chia seeds), abu-abu, dan hitam dengan bercak putih.

Chia Seeds Nutrition

Biji chia mengandung asam lemak omega-3, protein, karbohidrat, serat, kalsium, dan antioksidan. Dalam satu ons (sekitar 2 sendok makan) chia terdapat nutrisi berupa 139 kalori, 4 gram protein, 9 gram lemak, 12 gram karbohidrat, 11 gram serat, vitamin, dan mineral.

Manfaat Chia Seeds untuk Berat Badan

Chia seeds dipercaya dapat menurunkan berat badan. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa klaim tersebut tidak sepenuhnya benar. Konsumsi biji chia tidak serta merta menurunkan berat badan secara drastis.

Faktanya, konsumsi biji-bijian ini dapat meningkatkan rasa kenyang dan memperlambat penyerapan makanan. Selain itu, protein pada biji chia dapat membantu menurunkan nafsu makan.

Manfaat inilah yang kemudian dapat digunakan untuk membantu program penurunan berat badan. Program tersebut tentu saja harus didukung dengan pola makan dan pola hidup yang sehat.

Klik Untuk Donasi - Bantu Pasien Rehabilitasi Medik bersama Teman Rehab
  1. Terdanai Rp.1,064,000
  2. Pencapaian 0.93%
  3. Donatur 12

Manfaat Lain Chia Seeds untuk Kesehatan

Manfaat lain chia seeds selain sebagai pendamping diet sehat, antara lain:

Sebagai Antioksidan yang Kuat

Siapa sangka chia seeds ternyata mengandung antioksidan yang kuat. Beberapa antioksidan yang terkandung di dalam biji chia, antara lain: asam caffeic, kaempferol, quercetin, dan asam klorogenik. Kandungan antioksidan ini dapat membantu melindungi tubuh kamu dari serangan berbagai penyakit kronik. Manfaat ini tentu akan kamu dapatkan dengan maksimal jika dibarengi dengan pola hidup sehat.

Memelihara Kesehatan Jantung

Kandungan lemak omega-3 dalam biji chia memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan jantung. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Open Heart, dengan mengkonsumsi biji chia dan menjalani pola hidup sehat dapat membantu melindungi jantung dari pengerasan pembuluh darah serta penyakit jantung.

Baik untuk Penderita Diabetes

Chia seeds sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2. Manfaat ini diperoleh karena kandungan nutrisi dalam biji chia dapat membantu menjaga kestabilan gula darah.

Baik untuk Pengidap Penyakit Divertikulosis

Biji chia yang tinggi serat dapat memberikan manfaat kesehatan bagi penderita Divertikulosis. Yaitu, suatu kondisi di mana dinding usus besar memiliki kantung-kantung kecil yang menonjol. Keluhan ini terjadi karena kurang konsumsi serat. Dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi serat seperti chia seeds, dapat memperlancar pergerakan usus dan mencegah keluhan sembelit.

Biji chia memiliki rasa yang hambar. Sebelum dikonsumsi, chia seeds perlu direndam dalam air terlebih dahulu. Kamu dapat mengkonsumsinya secara langsung atau dengan mencampurkan biji chia pada jus, yoghurt, smoothies, salad, oat, atau bubur.

Itulah informasi mengenai chia seeds, biji-bijian super mini yang dapat membantu menurunkan berat badan. Jika kamu berniat menggunakan biji-bijian ini sebagai menu diet, imbangi dengan pola makan dan pola hidup sehat agar program diet kamu berhasil. 

Sambil mempersiapkan menu diet dengan tambahan chia seeds, ayo kita melakukan hal istimewa! Kamu bisa mulai dengan bantu pasien tidak mampu yang menderita berbagai penyakit. Buka situs WeCare.id atau gunakan aplikasi WeCare di App Store atau Google Play supaya donasi menjadi lebih mudah.

Sedikit bantuan dari kamu, sangat berarti bagi mereka.

download_app

Referensi:

WebMD.com. (2010). The Truth About Chia.

Healthline.com. (2018). Chia Seeds 101: Nutrition Facts and Health Benefits..