10 Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

10 Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

Ada cukup banyak larangan merokok karena bahaya yang bisa ditimbulkannya. Bahkan peringatan ini juga telah disematkan di bungkus rokok itu sendiri. Sayangnya, masih banyak di antara kita mengabaikan peringatan ini dan tidak bisa menghentikan kebiasan yang mampu merusak tubuh. 

Nah jika kamu perokok atau seseorang yang ingin orang terdekatnya berhenti merokok, semoga artikel ini dapat membantu. Berikut 10 bahaya merokok yang perlu kamu tahu.

Daftar isi:

  1. 1. Masalah pada Mulut dan Tenggorokan
  2. 2. Gangguan Kardiovaskular
  3. 3. Paru-paru
  4. 4. Tulang
  5. 5. Sistem Reproduksi
  6. 6. Menopause Lebih Cepat
  7. 7. Diabetes
  8. 8. Masalah Kulit
  9. 9. Gangguan Psikologis
  10. 10. Lambung

Klik Untuk Donasi - Ibu Karolina Alami Kelumpuhan Sebelah Tubuhnya Akibat Stroke
Stroke
Karolina
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.6,561,548
  2. Pencapaian 11.22%
  3. Donatur 98

Masalah pada Mulut dan Tenggorokan

Mulut bau dan gigi bernoda menjadi masalah yang sering kali timbul pada perokok. Hal ini dikarenakan bahan-bahan berbahaya yang terkandung di dalam rokok, diantaranya karbon monoksida, tar, gas oksidan, dan benxzene.

Masalah lain yang kerap muncul adalah penyakit gusi dan kerusakan indera perasa. Pada kasus akut, perokok berat rentan terhadap resiko kanker pada tenggorokan, lidah, pita suara, dan bibir. 

Gangguan Kardiovaskular

Perokok lebih beresiko terkena serangan jantung. Zat nikotin pada rokok akan terhisap dan masuk ke dalam tubuh, menyebabkan berkurangnya jumlah oksigen yang bisa masuk ke dalam darah. 

Zat yang membuat kecanduan ini pulalah yang memicu meningkatnya detak jantung, naiknya tekanan darah, serta menggumpalnya darah, hingga timbulnya serangan jantung.

Paru-paru

Kanker paru-paru menjadi salah satu penyakit paling berbahaya yang ditimbulkan oleh rokok. Bahkan pada bungkus rokok, resiko ini juga ditegaskan di sana. Rusaknya sel paru-paru disebabkan oleh bahan kimia yang terkandung pada rokok. 

Kondisi ini pada akhirnya mengarah pada tumbuhnya sel kanker pada paru-paru. Selain itu, perokok memiliki potensi lebih tinggi terserang pneumonia, emfisema, TBC, dan bronchitis.

Klik Untuk Donasi - Alami Limfadenopati, Pak Supardi Butuh Oksigen untuk Bisa Bernapas
Limfadenopati
Supardi
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.796,000
  2. Pencapaian 9.26%
  3. Donatur 19

Tulang

Bahaya merokok selanjutnya adalah lebih rapuhnya tulang. Zat-zat berbahaya pada rokok mampu menggerus kepadatan tulang hingga timbulnya osteoporosis. Pada perokok wanita, kondisi ini jauh lebih rentan.

Sistem Reproduksi

Merokok memberikan dampak buruk pada organ reproduksi baik bagi pria maupun wanita. Pada perokok pria bisa berdampak pada berkurangnya produksi sperma dan timbul resiko kanker testis. Sedangkan pada wanita, rokok bisa berpengaruh pada tingkat kesuburan. Kanker serviks pun menjadi penyakit berbahaya lainnya.

Menopause Lebih Cepat

Wanita yang merokok memiliki kecenderungan mengalami menopause prematur. Saat wanita menghisap rokok, ada sensasi panas dalam tubuh yang menjadi gejala menopause prematur tadi.

Diabetes

Diabetes banyak diderita oleh perokok aktif. Hal ini dikarenakan kandungan nikotin yang kemudian dirubah menjadi asap pembakaran rokok, mampu membuat kadar gula darah menjadi naik atau terlalu turun. 

Nikotin juga bisa menyebabkan terjadinya resistensi insulin atau kondisi di mana sel tidak mampu menggunakan gula darah dengan baik. Komplikasi diabetes pun sangat mungkin muncul, mulai dari jantung, mata, saraf, dan gangguan ginjal.

Klik Untuk Donasi - Ibu Dwi Terancam Buta Akibat Derita Tumor Ganas
Meningioma
Dwi Sukirah A
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.1,097,000
  2. Pencapaian 10.99%
  3. Donatur 38

Masalah Kulit

Bahaya merokok lainnya adalah berkurangnya asupan oksigen pada kulit. Hal ini menyebabkan perokok tampak lebih tua dibandingkan mereka yang tidak. Penuaan dini akan muncul seperti kerutan pada mata dan mulut, bahkan juga bisa timbul selulit.

Gangguan Psikologis

Selain menyerang fisik, bahaya merokok juga berdampak pada kesehatan psikologis. Perokok lebih mudah merasa gelisah dan cemas. Dirinya akan kembali merasa rileks saat kembali menghisap nikotin. Namun hal tersebut berdampak pada stres saat tidak bisa merokok.

Lambung

Organ tubuh lainnya yang bisa diserang rokok adalah lambung. Penyakit asam lambung atau GERD adalah penyakit berbahaya yang perlu diwaspadai perokok. Penyebabnya adalah lemahnya otot yang mengontrol bagian bawah kerongkongan. Akhirnya, asam lambung malah bergerak naik ke kerongkongan tadi. 

Nah sudah tahu kan bahwa merokok sama dengan menabung racun pada tubuh kita. Setelah mengetahui sepuluh bahaya merokok di atas, mari sama-sama lebih mencintai diri kita dan orang yang kita sayang. Untuk banyak info kesehatan lain, cukup akses aplikasi WeCare.id. Pastinya sangat bermanfaat!

download_app

Referensi:

Abdul Jalil.(2019).5 Bahaya Merokok yang Menakutkan bagi Kesehatan.detikHealth.

dr. Kevin Adrian.(2017).Segudang Bahaya Merokok Terhadap Tubuh.Alodokter.

Kenali 7 Bahaya Merokok yang Merusak Tubuh.(2017).HaloDoc.com

Arif Putra Ditinjau oleh dr. Reni Utari.(2020).Bahaya Merokok Bagi Kesehatan, Mulai dari Kanker Hingga Keguguran.Sehatq.com