5 Gejala Penyakit Autoimun Lupus yang Harus Diwaspadai

5 Gejala Penyakit Autoimun Lupus yang Harus Diwaspadai

Penyakit autoimun lupus – atau yang dikenal dengan sebutan Lupus saja – merupakan sebuah kelainan pada sistem imunitas tubuh yang mampu menyebabkan peradangan parah, entah pada sendi, organ, serta bagian lainnya. Jika dalam kondisi normal sistem imun berfungsi melindungi tubuh, penyakit ini menyebabkan sistem tersebut menyerang bagian tubuh yang sehat.

Penyebab pasti dari penyakit lupus, serta apa itu penyakit autoimun, masih menjadi bahan penelitian dan topik kontroversi besar di antara para ilmuan. Namun, secara umum para ahli percaya bahwa faktor genetika, lingkungan, dan obat-obatan adalah pemicu utama dari masalah kesehatan yang satu ini. Selain itu, gender, umur, dan ras seseorang juga berpengaruh besar terhadap munculnya penyakit lupus.

Kabar baiknya, lupus sejatinya bukan penyakit yang fatal apabila dapat dideteksi dan ditangani sejak dini. Apabila kamu merasakan satu atau beberapa gejala di bawah ini, sebaiknya segeralah melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk menghilangkan akar masalah.

Daftar isi:

  1. 1. Timbulnya Rasa Kaku dan Nyeri di Area Persendian
  2. 2. Rasa Lelah Muncul Tiba-Tiba tanpa Sebab yang Jelas
  3. 3. Jemari yang Berubah Pucat
  4. 4. Hilangnya Bobot Tubuh
  5. 5. Munculnya Ruam Kemerahan di Kulit

Timbulnya Rasa Kaku dan Nyeri di Area Persendian

Rasa tidak nyaman pada sendi kerap menjadi gejala awal berbagai penyakit, termasuk lupus. Nyeri yang dimaksud bisa berasal dari bantalan atau sambungan otot. Adapun tingkatan rasa nyeri yang dialami penderita penyakit autoimun sangat beragam, tergantung dari faktor usia dan kondisi fisik.

Akan tetapi, penting untuk dipahami bahwa ada beragam kondisi medis yang bisa memicu nyeri sendi, mulai dari kerusakan tulang, pendarahan pada otot, hingga asam urat. Untuk itu, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui masalah sebenarnya.

Klik Untuk Donasi -


Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.0
  2. Pencapaian nan%
  3. Donatur 0

Rasa Lelah Muncul Tiba-Tiba tanpa Sebab yang Jelas

Kelelahan adalah masalah kesehatan yang sangat umum dialami oleh hampir semua orang. Namun, apabila rasa lelah tersebut kerap menyerang saat kamu sedang tidak beraktivitas berat atau sering muncul secara mendadak, kamu perlu memeriksakan diri sesegera mungkin. Pasalnya, rasa lelah adalah salah satu gejala awal yang paling sering muncul pada penderita penyakit autoimun.

Bantu Bu Rosliana, 13 tahun Berjuang Melawan Penyakit Tumor Langka!

Tak hanya itu, kelelahan juga bisa berasal dari gejala anemia, sindrom myalgic encephalomyelitis alias kelelahan kronis, diabetes, atau bahkan depresi. Semua masalah tersebut merupakan faktor pemicu yang dapat memperparah penyakit lupus, apabila ada.

Jemari yang Berubah Pucat

Terkadang ujung-ujung jemari yang tampak pucat atau tidak segar dapat menjadi ciri-ciri awal masalah pada jantung. Namun, kondisi ini ternyata juga merupakan bagian dari gejala umum penyakit autoimun, termasuk lupus.

Pemeriksaan lebih lanjut jelas diperlukan. Sebab, gejala ini bisa jadi merupakan tanda dari fenomena Raynaud, yaitu penyempitan arteri akibat suhu tubuh yang menurun atau serangan dingin. Oleh karena itu, sebaiknya jangan panik apabila jemari tangan dan kaki berubah pucat, terutama jika kamu baru selesai mandi air dingin.

Klik Untuk Donasi - Menderita Kanker Langka Stadium 4, Devino Butuh Pertolonganmu!
Neuroblastoma
Devino Athala Ardhani
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.1,214,000
  2. Pencapaian 8.22%
  3. Donatur 32

Hilangnya Bobot Tubuh

Penyakit autoimun adalah masalah kesehatan yang turut memengaruhi bobot tubuh. Apabila berat badanmu berkurang secara ekstrem tanpa mengubah pola makan, hal tersebut bisa jadi pertanda dari masalah kesehatan yang cukup serius, seperti lupus.

Kamu harus segera mencari pertolongan medis apabila gejala ini muncul. Bobot tubuh yang hilang bisa jadi tanda bahwa sistem imun tubuh telah menyerang organ-organ penting yang berperan dalam sistem pencernaan dan penyerapan nutrisi, seperti usus atau hati.

Klik Untuk Donasi - Alami Jantung Bocor, Arvin Terancam Gagal Tumbuh
Defek Septum Ventrikel, Patent Duct...
Muhamad Tri Arvin Arkana
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.1,907,219
  2. Pencapaian 25.51%
  3. Donatur 44

Munculnya Ruam Kemerahan di Kulit

Ruam kemerahan pada penderita lupus sering kali muncul di pipi dan hidung. Ini adalah gejala yang sering diabaikan banyak orang karena tampak sepele. Penderita biasanya menganggap ruam tersebut muncul akibat gigitan serangga atau reaksi alergi.

Kamu patut waspada apabila ruam tersebut sering muncul dan hilang tanpa sebab. Ruam yang terasa panas dan tak kunjung hilang juga harus segera diperiksakan ke dokter.

Demikianlah 5 gejala penyakit autoimun lupus yang mesti diketahui. Demi menghindari bahaya penyakit autoimun, mari kita tingkatkan kesadaran dan menunjukkan kepedulian terhadap pengobatan autoimun melalui donasi di WeCare.id. Cukup download aplikasi WeCare.id di ponselmu untuk donasi mudah dan praktis kapan saja.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

download_app

Referensi

Alodokter (2020). Lupus.
Australian National University (2020). The groundbreaking genetic discovery shows why Lupus develops.
HealthGrid (2019).  Ini Dia Gejala-gejala Awal Bila Penyakit Autoimun Lupus Muncul

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *