Adakah Manfaat Habbatussauda untuk Kekebalan Tubuh?

Adakah Manfaat Habbatussauda untuk Kekebalan Tubuh?

Munculnya virus Covid-19 membuat orang rajin mencari suplemen atau pun makanan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh agar mereka tidak terjangkit virus tersebut. Salah satu tanaman yang dikatakan memiliki manfaat untuk kekebalan tubuh adalah habbatussauda atau jintan hitam.

Apa Itu Habbatussauda?

Habbatussauda (nigella sativa) atau jintan hitam yang disebut sebagi obat untuk segala penyakit ini adalah tanaman rempah yang memiliki bunga. Ini merupakan tanaman asli Timur Tengah dan Asia barat daya. Di daerah tersebut Habbatussauda merupakan bagian dari sistem pengobatan tradisional daerah mereka dan digunakan sebagai bantuan untuk pencernaan.

Mengapa Habbatussauda Membantu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh?

Pada tahun tahun 1025 masehi Ibnu Sina atau Avicenna mencatat sifat meningkatkan sistem kekebalan dari habbatussauda dalam Canon of Medicine. Biji jintan hitam ini digunakan untuk merangsang energi tubuh dan mempercepat pemulihan dari kelelahan.

Habbatussauda mengandung lebih dari 100 komponen berharga dan merupakan sumber penting asam lemak, karbohidrat, protein, serta vitamin dan mineral lainnya. Salah satu kandungan aktif utama dalam habbatussauda adalah Thymoquinone (TQ) yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengandung antioksidan kuat. Kandungan ini dapat meningkatkan aktivitas sel menjadi pembunuh alami berbagai penyakit dan gejalanya.

Pada tahun 1960 oleh sekelompok ilmuwan dari Departemen Farmasi di Kings College di London mempelajari habbatussauda. Biji tanaman ini dikatakan memiliki sifat anti-inflamasi untuk kondisi seperti rematik dan penyakit inflamasi. Para peneliti ini menguji minyak jintan hitam dan turunannya thyomoquinone sebagai agen anti inflamasi. Hasil temuannya menunjukkan bahwa minyak Habbatussauda mempunyai aktivitas antioksidan dan menghambat beberapa jenis hormon jaringan lokal yang berumur pendek yang menyebabkan peradangan. Antioksidan dalam minyak membantu memperlambat degenerasi tulang rawan. Para peneliti melihat bahwa efek penghambatan ini menunjukkan kepada keberadaan senyawa lain dalam minyak yang mungkin berperan juga untuk meningkatkan reaksi anti-inflamasi dalam sel. 

Kesimpulan mereka yaitu khasiat farmakologis habbatussauda dan produk turunannya mendukung penggunaan habbatussauda secara tradisional sebagai pengobatan rematik dan penyakit yang terkait dengan inflamasi.

Dengan semua manfaat habbatussauda tersebut ​​memasukkan rempah ini dalam menu harian sangatlah mudah. Jintan hitam bisa dicampurkan dengan teh sehat dengan melembutkan biji tersebut dan dipadukan dengan madu murini serta air hangat.  Teh ini juga dapat membantu dalam mengobati batuk dan pilek serta membantu meredakan gas usus.

Walaupun demikian masih perlu dilakukan studi lebih lanjut mengenai manfaat jintan hitam, nampaknya jintan hitam dapat membantu untuk berbagai macam penyakit.

Manfaat Lain Habbatussauda

Melansir laman situs Webdm, habbatussauda kemungkinan efektif untuk membantu penyembuhan beberapa penyakit, di antaranya:

Klik Untuk Donasi - Bantu Bangun Asrama Kucing Terlantar
  1. Terdanai Rp.3,895,643
  2. Pencapaian 3.71%
  3. Donatur 15

Asma

Penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari University College London dan King Abdulaziz University menunjukkan bahwa mengonsumsi habbatussauda bersama dengan obat asma dapat membantu dalam penyembuhan batuk, mengi, dan memperbaiki fungsi paru-paru pada beberapa penderita asma. Namun sepertinya habbatussauda hanya  berdampak pada orang yang mempunyai fungsi paru-paru yang sangat rendah sebelum mendapatkan pengobatan. Dan tampaknya tidak bekerja sebaik obat teofilin atau salbutamol.

Klik Untuk Donasi - Aisyah Alami Memar dan Lebam Akibat Kanker Darah
Leukemia
Aisyah Putri
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.1,714,999
  2. Pencapaian 19.88%
  3. Donatur 36

Diabetes

Studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Dammam, Arab Saudi menunjukkan bahwa mengonsumsi habbatussauda dapat memperbaiki kadar gula darah pada penderita diabetes. Namun tampaknya obat itu tidak bekerja sebaik metformin obat diabetes. Habbatussauda juga bisa memperbaiki kadar kolesterol pada penderita diabetes.

Tekanan darah tinggi

Penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Institut Tanaman Obat, ACECR, Iran menunjukkan bahwa mengonsumsi habbatussauda bisa mengurangi tekanan darah dalam jumlah kecil.

Nyeri payudara (mastalgia)

Hasil studi para peneliti dari Institut Tanaman Obat, ACECR, dan Universitas Ilmu Kedokteran Yazd, Iran menunjukkan bahwa mengoleskan gel yang mengandung minyak jintan hitam pada payudara saat siklus menstruasi dapat mengurangi rasa sakit pada wanita dengan nyeri payudara.

Mengajarkan berenang pada bayi dan anak memang disarankan namun hindari penggunaan pelampung leher karena akan membahayakan mereka. Sambil menemani buah hati berlatih renang jangan lupa juga untuk meluangkan waktu dengan membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit.

Kamu juga bisa berdonasi lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Caranya, download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

download_app

Referensi

Black Cumin and It’s Benefits. (2020). deltomed.id.

Black Seed – A Natural Immune System Booster. (2019). nutrab.com.Black Seed. (2018). webmd.com.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *