Screen Fatigue: Bahaya Dan Cara Menghindarinya

Screen Fatigue: Bahaya Dan Cara Menghindarinya

Saat ini, ponsel, komputer, dan juga tablet sudah menjadi kebutuhan yang tidak dapat lepas dari aktivitas sehari-hari. Bahkan dengan kondisi pandemi saat ini, penggunaan gawai menjadi sebuah kewajiban untuk mengerjakan tugas dan pekerjaan kita. Hal ini dapat mengarah pada kondisi screen fatigue.

Apa itu screen fatigue?

Screen fatigue adalah kelelahan mata yang disebabkan oleh paparan jangka panjang terhadap layar gawai atau benda elektronik lainnya. Kondisi ini juga dapat terjadi karena mata yang terlalu sering mencoba beradaptasi dengan pencahayaan redup.

Klik Untuk Donasi - Bantu Mereka Melihat Kembali - Operasi Katarak di Kapuas, Kalimantan Tengah
  1. Terdanai Rp.625,000
  2. Pencapaian 0.60%
  3. Donatur 7

Orang yang mengalami screen fatigue dapat mengalami berbagai gejala, antara lain:

  • Nyeri di sekitar mata
  • Sakit kepala
  • Penglihatan kabur
  • Mata kering / berair
  • Sensitivitas terhadap cahaya
  • Rasa sakit
  • Vertigo
  • Kesulitan membuka mata
  • Mata berkedut

Walau efek dari screen fatigue ini bersifat sementara saja, tapi jika dibiarkan, kesehatan mata bisa terganggu. Bahkan penglihatan kamu bisa rusak secara permanen. Karena itu, sebaiknya hindari penggunaan gawai yang salah dengan mengikuti cara-cara berikut.

Cara menghindari screen fatigue

Dengan melakukan beberapa perubahan pada kebiasaan dan kondisi ruangan, kamu bisa mencegah timbulnya gejala screen fatigue.

Aturan pencahayaan

Menatap layar yang terlalu terang bisa mempengaruhi penglihatan kamu dalam waktu yang lama. Begitu juga sebaliknya, cahaya yang terlalu redup juga bisa membebani mata. Idealnya ruangan tempat kamu bekerja memiliki pencahayaan yang seimbang dengan pencahayaan pada layar komputer kamu. Jadi mata akan mendapatkan pencahayaan yang merata sehingga tidak perlu terus menerus beradaptasi dengan kondisi ruangan.

Atur jarak layar

Tips yang satu ini sering kali diabaikan untuk menghindari terjadinya screen fatigue. Namun menempatkan layar komputer sedikit di bawah ketinggian mata dapat memastikan pandangan kamu bisa tetap lurus tanpa harus merubah posisi duduk kamu.

Posisi terbaik untuk monitor adalah sekitar 20 hingga 28 inci dari wajah kamu. Jangan lupa untuk menambahkan dudukan untuk meletakkan materi cetak di samping monitor. Dengan begitu, kamu tidak terlalu sering merubah arah pandangan saat sedang mengetik.

Klik Untuk Donasi - Bantu Kesembuhan Bu Ita agar Bisa Kembali Bekerja
Trauma Mata
Warsita
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.922,810
  2. Pencapaian 2.97%
  3. Donatur 32

Istirahatkan mata

Saat bekerja di depan layar komputer, cobalah untuk menerapkan aturan 20-20-20. Jadi alihkan pandangan kamu setiap 20 menit untuk melihat objek yang berjarak sekitar 20 kaki (6 meter) selama 20 detik.

Sering berkedip

Berkedip merupakan salah satu cara tubuh agar mata tetap terjaga kelembapannya. Tapi saat menatap layar komputer atau gawai, mata cenderung lebih jarang berkedip. Hasilnya bola mata akan mengering sehingga lebih rentan terkena iritasi. Jadi pastikan untuk berkedip lebih sering saat sedang bekerja di depan komputer.

Sesekali menjauh dari perangkat elektronik kamu

Cobalah untuk meluangkan waktu di pagi atau siang hari untuk menjauh dari perangkat elektronik kamu. Dengan begitu, mata kamu akan mendapatkan kesempatan untuk beristirahat. Kamu juga sebaiknya berhenti menggunakan gawai atau komputer setidaknya satu jam sebelum tidur. Hal ini akan membantu kamu untuk dapat beristirahat dengan lebih nyenyak.

Manfaatkan fitur audio

Jika kamu senang membaca buku elektronik atau artikel secara daring, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan fitur scan reader pada gawai atau komputer kamu. Fitur ini akan membacakan tulisan yang ada pada layar komputer atau gawai kamu secara otomatis. Jadi kamu bisa mengurangi risiko screen fatigue.

Itulah beberapa hal yang harus kamu ketahui mengenai screen fatigue. Sambil belajar untuk mengubah kebiasaan kamu di depan layar, jangan lupa luangkan waktumu untuk bantu pasien tidak mampu yang menderita berbagai penyakit! Buka tautan diatas untuk donasi atau download aplikasi WeCare.id supaya donasi menjadi lebih mudah. Betapa indahnya, berbagi pada sesama yang membutuhkan!

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

download_app

Referensi:

Schoonhoven, Rose (2020). 7 ways to prevent screen fatigue. studentlife.dal.ca
Gideon, Ezra (2020). How to Avoid Screen Fatigue. unb.com.bd
Endicott, Rebecca (2017). 7 Horrifying Medical Dangers Of Staring At Your Phone Screen For Too Long. littlethings.com