8 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

8 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Memiliki jerawat sudah sangat menyiksa, apalagi jika ditambah dengan bekasnya yang menyebabkan kulit wajahmu jadi tidak mulus. Bekas jerawat ini akan sangat menganggu dan bagi sebagian orang bekas jerawat ini bisa mengurangi kepercayaan diri.  Tak heran jika orang-orang berusaha mencari cara untuk menghilangkan bekas jerawat sampai rela merogoh kocek dalam-dalam agar bisa mendapatkan kembali kulit mulus seperti semula. 

Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Selain melakukan pengobatan dengan bahan-bahan kimia, banyak orang yang memilih menggunakan bahan-bahan alami untuk membantu menghilangkan bekas jerawat. Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang bisa kamu dapatkan di rumah untuk membantumu menghilangkan bekas jerawat:

Madu

Ternyata salah satu bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bekas jerawat mudah sekali kamu dapatkan, bahkan mungkin tersedia di rumahmu. Madu digunakan untuk berbagai tujuan pengobatan, termasuk luka bakar, luka, dan herpes. Salah sat penelitian yang dilakukan oleh Universitas Gujarat Ayurved, India, menunjukkan bahwa madu bisa mempercepat penyembuhan luka, mengurangi potensi jaringan parut. Para peneliti dari universitas tersebut menemukan bahwa mengoleskan madu secara langsung dapat membantu membersihkan luka karena sifat antibakterinya. Madu juga dapat melawan infeksi yang bisa mengakibatkan lebih banyak jerawat muncul.

Klik Untuk Donasi -


Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.0
  2. Pencapaian nan%
  3. Donatur 0

Lidah Buaya

Lidah buaya, seperti halnya madu, merupakan obat rumahan yang umum. Dalam masalah jerawat, cara kerjanya sama dengan madu yaitu untuk membantu proses penyembuhan. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Iran pada Annals of Plastic Surgery, disebutkan bahwa mengoleskan langsung lidah buaya pada luka bisa mengurangi peradangan serta ukuran jaringan parut. Produk lidah buaya dan gelnya dapat dengan mudah didapatkan di toko obat, tapi kamu juga bisa nenanam tumbuhan ini sendiri di rumahmu.  Potong daunnya dan oleskan gel lengket langsung pada kulit dengan bekas jerawat.

Lemon dan Madu

Lemon kaya akan vitamin C. Vitamin C berperan dalam menjaga warna kulit yang baik. Madu dikenal bisa mengurangi iritasi. Kombinasi ini berkontribusi pada proses penyembuhan tubuhmu dan secara alami melembabkan kulit dan mencegah produksi sebum yang berlebihan. Direkomendasikan untuk menggunakan jus lemon yang diencerkan.

Minyak Kelapa

Penelitian telah melaporkan bahwa minyak kelapa dapat melembabkan kulit dan mencegah bekas jerawat. Namun, bila kamu mempunyai kulit yang sangat berminyak, sebaiknya hindari penggunaan minyak kelapa secara langsung karena hal itu bisa memperburuk kondisi kulitmu. Gunakan minyak kelapa yang diperas dengan suhu dingin atau cold-pressed untuk masalah seperti ini.

Bubuk Kunyit

Bubuk kunyit bisa mengurangi pertumbuhan bakteri karena memiliki sifat anti-inflamasi. Bahan alami ini juga membantu regenerasi kulit dan mengurangi jaringan parut.

Klik Untuk Donasi - Kehilangan Ke Dua Matanya Akibat Kanker, Pak Jaelani Butuh Bantuanmu!
Kanker Otak Stadium 4
Ahmad Jaelani
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.850,001
  2. Pencapaian 16.43%
  3. Donatur 19

Tea Tree Oil

Tea tree oil merupakan produk yang berasal dari pohon Melaleuca alternifolia Australia yang mempunyai sifat antimikroba dan anti-inflamasi. Mengaplikasikan minyak ini pada wajah dapat membantu membersihkan komedo dan bahkan mengurangi jaringan parut.

Baking Soda

Disebut juga natrium bikarbonat, baking soda merupakan senyawa yang digunakan untuk berbagai hal termasuk persiapan makanan, penghilang bau, dan sebagai zat basa untuk membantu mengatur tingkat pH. Baking soda dikenal digunakan untuk meredakan peradangan dan bertindak sebagai pengelupas kulit. Bahan ini juga mengandung sifat antiseptik dan anti-inflamasi. Baking soda bisa digunakan dalam bentuk krim untuk mengatasi iritasi kulit seperti jerawat. Namun, karena kandungan basanya yang tinggi, baking soda harus digunakan dengan hati-hati, dalam jumlah kecil (2 sendok teh per treatment), dan tidak lebih dari dua kali seminggu.

Pengobatan secara alami akan memerlukan waktu, jadi harus sabar, ya. Jangan lupa untuk selalu membersihkan wajah agar terhindar dari jerawat. Sambil membersihkan wajah,  jangan lupa juga untuk meluangkan waktu dengan membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit. Cukup download aplikasi WeCare.id untuk donasi mudah dan praktis kapan saja.

download_app

Referensi

5 Natural Products that Can Lessen the Appearance of Acne Scars. (2020). bestimpressionmedspa.com. Dhanorkar, A. (2020). How Do You Get Rid of Acne Scars Naturally? medicinenet.com. Schaefer, A. (2016). 5 Natural Products to Get Rid of Acne Scars. healthline.com.