Menggoreng Makanan dengan Air Fryer, Benarkah Lebih Sehat?

Menggoreng Makanan dengan Air Fryer, Benarkah Lebih Sehat?

Ingin menjalani pola makan sehat tetapi tidak bisa lepas dari gorengan? Air fryerhadir sebagai solusi tepat. Kegunaan alat masak ini bisa menggoreng beragam makanan tanpa perlu minyak dalam jumlah banyak (deep fried).

Namun, benarkah makanan yang dimasak memakai alat ini lebih sehat?

Pengertian Air Fryer

Alat dapur ini memasak makanan dengan mengandalkan sistem sirkulasi udara panas yang berputar dalam perangkatnya. Suhu udara panas tersebut bisa menyentuh angka 200 derajat Celcius atau lebih.

Kamu hanya butuh sedikit sekali minyak atau tidak sama sekali, tergantung jenis makanan yang akan diolah. Kemudian, alat masak ini akan merilis minyak dalam makanan dan membiarkannya tersaring menuju dasar wadah.

Dengan proses memasak demikian, hasil masakan akan bertekstur renyah, dilengkapi lapisan dalam yang terasa lembut. Bahkan, warna makanan pun menyerupai makanan hasil gorengan biasa yang memakai banyak minyak, yaitu cokelat keemasan.

Piranti masak modern ini pun dibanderol dengan harga lumayan mahal. Di pasaran kamu bisa membeli air fryermulai Rp700.000 sampai Rp7,5 juta. Perbedaan harga signifikan itu bergantung pada merek dan fitur yang dimiliki.

Air fryer low watt seperti Air Fryer Maspion harganya cukup terjangkau. Masuk juga dalam kelompok ini adalah Kuche Air Fryer dan Xiaomi Air Fryer. Sementara itu, jika kamu punya dana lebih bisa melirik air fryer keluaran Oxone dan Russell Hobbs.

Klik Untuk Donasi - WeCare.id #UsahaBareng GandengTangan
  1. Terdanai Rp.36,885,076
  2. Pencapaian 70.97%
  3. Donatur 283

Manfaat Memasak dengan Air Fryer

Mengingat kamu perlu merogoh kocek agak dalam untuk membeli alat masak ini, pelajari dulu manfaat yang bisa kamu peroleh. Beberapa keuntungan yang bisa kamu nikmati antara lain:

Memasak sayuran lebih lezat sekaligus renyah

Butuh variasi memasak sayuran? Coba goreng brokoli, kol, buncis, kacang panjang, dan wortel di alat ini. Kamu bisa menikmati tekstur sayuran yang renyah dan lezat di lidah, sambil menyerap kandungan vitamin dan mineral di dalamnya.

Ini jelas pilihan tepat untuk menjadikan sayuran sebagai camilan sehat. Kamu bisa memperkaya rasanya dengan menambah saus pendamping, seperti mayones, guacamole, dan salad dressing.

Mengurangi kadar lemak dalam makanan

Menggoreng makanan memakai cara lama membutuhkan minyak dalam jumlah banyak. Bahkan, untuk deep fried, kamu butuh hingga 750 ml minyak goreng. Bandingkan dengan metode air frying yang hanya memerlukan sekitar 15 ml minyak.

Dengan jumlah minyak 50 kali lebih sedikit, otomatis kadar lemak dalam makanan yang dimasak pun menurun. Bahkan, kalori dari masakan yang dihasilkan menurun hingga 70-80%. Terdengar menjanjikan ya?

Melancarkan program penurunan berat badan

Lantaran alat masak ini menghasilkan makanan berkadar lemak rendah, otomatis jumlah kalorinya juga rendah. Menyantap makanan rendah kalori baik untuk kamu yang sedang menjalankan program penurunan berat badan.

Olahraga teratur, istirahat cukup, atur diet sesuai kebutuhan tubuh, dan ubah cara mengolah makanan adalah langkah mujarab untuk membangun gaya hidup sehat. Kamu bisa memulainya dengan cara paling mudah, yaitu mengatur pola makan.

Menurunkan risiko pembentukan zat berbahaya dalam makanan

Menggoreng makanan yang mengandung karbohidrat bisa membentuk zat akrilamida. Zat itu diduga bersifat karsinogenik alias bisa memicu terjadinya kanker. Metode air frying bisa menurunkan kadar zat tersebut hingga 90%.

Mengurangi limbah minyak

Sering bingung melihat sisa minyak hasil goreng atau minyak jelantah? Walau sudah banyak kalangan yang berusaha mendaur ulang jelantah, tetap saja kamu sering bingung harus berbuat apa pada minyak tersebut.

Metode air frying terbilang ramah lingkungan karena hanya memakai sedikit minyak. Jadi, kamu tidak usah khawatir bakal menumpuk limbah minyak bekas pakai usai menggoreng makanan apa pun.

Memasak pakai air fryermembawa dampak positif bagi kesehatan. Tetap lakukan variasi metode memasak demi pola makan yang seimbang, bergizi, sehat, serta lezat.

Klik Untuk Donasi - Bebaskan Anak Asmat dari Gizi Buruk bersama Food For Share!
  1. Terdanai Rp.12,288,650
  2. Pencapaian 11.70%
  3. Donatur 221

Lalu, tunjukkan kepedulianmu melalui gerakan Food for Share, bersama bebaskan anak Asmat dari gizi buruk. Download aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store sekarang dan mulailah berdonasi bersama WeCare.id!

Referensi

Misktas, C. (2019). Do Air Fryers Have Health Benefits? Webmd.com.
Nadhira, A.M. (2019). Sehatkah Menggoreng dengan Air Fryer? Alodokter.com.
Ryan, A. (2019). Are Air Fryers Healthy? Medicalnewstoday.com.