Manfaat Propolis bagi Kesehatan: Khasiatnya Sangat Besar!

Manfaat Propolis bagi Kesehatan: Khasiatnya Sangat Besar!

Tahu propolis tapi kurang paham apa khasiat atau manfaat propolis bagi kesehatan? Ternyata khasiatnyanya sangat besar!

Tahukah kamu bahwa lebah tidak hanya menghasilkan madu? Ya, propolis adalah hasil produksi lebah yang juga dikonsumsi manusia.

Tren konsumsi obat alami yang minim bahan kimia membuat propolis naik daun. Banyak penelitian mengungkap manfaat propolis untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Beberapa sifat propolis yang diyakini berkhasiat adalah anti jamur, anti inflamasi, anti virus, anti tumor, dan anti mikroba.

Mari simak uraian selengkapnya mengenai obat herbal ini.

Klik Untuk Donasi - Bantu Pembudidaya Ikan yang Kesulitan Saat Pandemi!
  1. Terdanai Rp.5,849,464
  2. Pencapaian 16.88%
  3. Donatur 154

Mengenal Propolis

Apa itu propolis? Propolis adalah zat lengket seperti lem yang diproduksi lebah madu lewat percampuran getah pohon dan zat alami dari dalam tubuhnya. Zat resin ini memiliki tekstur lengket dengan warna coklat kehijauan. Beberapa istilah yang merujuk pada getah lebah ini antara lain bee glue, bee propolis, beeswax acid, dan Propolis Wax. 

Kamu akan menjumpai propolis melapisi sarang lebah. Mereka mengumpulkan getah dari beberapa tanaman guna mengisi lubang dan celah pada sarang. Tujuan para lebah melakukan ini demi melindungi sarang mereka dari bahaya, seperti hewan pemangsa dan mikroba. 

Nutrisi yang Dikandung Propolis

Getah lebah mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Namun, kandungannya bervariasi karena dipengaruhi oleh jenis bunga atau pohon yang diisap lebah, serta lokasi sarang lebah berada.

Maka, komposisi nutrisi madu propolis Eropa pasti berbeda dengan walatra atau madu propolis Brazil. Itulah mengapa saat membahas kandungan nutrisi propolis, kita harus mengetahui lebih dulu dari mana asal lebah yang memproduksinya. 

Namun, berbagai hasil penelitian berhasil mengungkapkan sekitar 300 jenis senyawa aktif dalam propolis. Sebut saja, balsam, minyak aromatik, serbuk sari, resin, serta bahan organik lain yang diperoleh dari alam. 

Mayoritas senyawa itu berwujud flavoloid dan polifenol. Keduanya tergolong zat antioksidan yang berperan penting dalam menangkal hadirnya penyakit dan mencegah terjadinya kerusakan sel-sel tubuh. 

Di pasar dalam negeri kamu bisa menjumpai berbagai macam jenis dan merek propolis dengan kisaran harga beragam. Umumnya, getah lebah ini dikemas dalam botol tetes, berbentuk cairan hasil pelarutan propolis dan air. 

Beberapa merek propolis yang dikenal antara lain British Propolis, Melia Propolis, dan Walatra. Sementara, ada pula propolis yang dipakai sebagai produk kecantikan, seperti Hanasui dan Benton Aloe Propolis Soothing Gel.

Mana yang terbaik? Contoh, secara manfaat mungkin hampir mirip jika harus dibandingkan antara manfaat British propolis vs Melia propolis dan sejenisnya, karena memang bahan utamanya adalah propolis itu sendiri.

Anda bisa mencoba berkunjung ke website resmi mereka jika memang tertarik untuk mencobanya.

Pastikan aman dan terjamin BPOM.

Klik Untuk Donasi - Bebaskan Anak Asmat dari Gizi Buruk bersama Food For Share!
  1. Terdanai Rp.12,288,650
  2. Pencapaian 11.70%
  3. Donatur 221

Manfaat Propolis untuk Kesehatan

Membedah manfaat propolis menarik untuk dilakukan. Pasalnya, masing-masing produsen mengklaim beraneka ragam kegunaan propolis untuk kesehatan maupun kecantikan. Beberapa manfaat propolis yang harus kamu tahu adalah:

Apa saja manfaat propolis? Berikut ulasannya

1. Sebagai obat kanker

Beberapa kali penelitian mengungkap bagaimana obat herbal ini mempunyai efek kanker, seperti dirilis dalam Clinical Review in Allergy and Immunity. Artinya, propolis bisa berperan menghambat dan mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. 

2. Membantu perawatan kulit secara alami

Penggunaan propolis dalam produk perawatan kulit dipandang efektif menangani problem perawatan kulit. Misalnya, mengurangi efek kemerahan yang disebabkan peradangan kulit akibat jerawat dan membantu pengelupasan sel kulit mati dengan cara alami.  

3. Mempercepat penyembuhan luka di kulit

Luka bakar yang kamu alami bisa sembuh lebih cepat jika mengobatinya dengan propolis. Senyawa khusus pinocembrin berperan sebagai anti mikroba sekaligus anti radang. Khasiat propolis inilah yang dianggap bisa mempercepat regenerasi sel-sel baru. 

4. Membantu perawatan gigi dan mulut

Sifat anti radang dan anti bakteri propolis ternyata mampu mencegah dan menghambat munculnya bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi dan mulut. Ini membuat kandungan propolis bisa kamu jumpai pada permen tenggorokan, obat kumur, dan pasta gigi.

Pemakaian propolis sebagai obat herbal perlu disikapi dengan bijak. Selalu baca petunjuk penggunaan di label kemasan sebelum mengonsumsi. 

Setelah mengetahui manfaat propolis, kamu bisa menyempatkan diri untuk membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit. Langsung download aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store sehingga kamu bisa berdonasi mudah kapan saja. 

Ayo, sisihkan sedikit penghasilanmu untuk menolong sesama bersama WeCare.id!

download_app

Referensi

WebMD. (2020). Propolis. Webmd.com.

Swari, R.S. (2020). 5 Manfaat Propolis, Getah Lebah yang Penuh Khasiat (Tidak Kalah dari Madu!). HelloSehat.com.