Tak hanya Lezat, Ini 6 Manfaat Kentang bagi Tubuh

Tak hanya Lezat, Ini 6 Manfaat Kentang bagi Tubuh

Kentang adalah jenis sayuran yang biasa kita nikmati sehari-hari. Sayuran yang berasal dari Amerika Selatan ini memiliki nama ilmiah Solanum tuberosum. Diyakini Suku Inca merupakan orang pertama yang membudidayakan kentang di wilayah mereka sekitar 8000 SM – 5000 SM. Kentang yang termasuk dalam umbi-umbian ini tak hanya lezat dan murah tapi juga kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. Inilah manfaat yang dimiliki oleh kentang.

Klik Untuk Donasi - Bebaskan Anak Asmat dari Gizi Buruk bersama Food For Share!
  1. Terdanai Rp.12,288,650
  2. Pencapaian 11.70%
  3. Donatur 221

Bagus untuk Kesehatan Pencernaan

Kentang memiliki serat jenis khusus yang disebut “pati resisten”. Serat ini memiliki manfaat kesehatan baik dari serat larut maupun serat tidak larut serta menyebabkan produksi gas yang lebih sedikit dibandingkan jenis serat lainnya. Untuk menambah jumlah pati resisten dalam kentang caranya yaitu dengan memasaknya sehari sebelumnya dan mendinginkannya di lemari es semalaman. Jangan ragu untuk memanaskannya kembali sebelum dimakan.

Seperti serat larut, pati resisten dalam kentang bertindak sebagai prebiotik, yaitu makanan untuk bakteri baik dalam usus besar yang meningkatkan kesehatan usus. Seperti halnya serat tidak larut, pati ini dapat mencegah atau juga mengobati sembelit serta sindrom iritasi usus besar.

Mencegah Penyakit

Kentang mengandung antioksidan, yaitu senyawa yang melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada sel di tubuh. Diet tinggi buah dan sayuran kaya antioksidan menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari kentang, jangan dibuang kulitnya dan pilih jenis yang berwarna-warni seperti kentang ungu. Semakin banyak warna yang dimiliki oleh kentang, semakin banyak kandungan antioksidannya. Selain itu, kulit kentang memiliki kandungan antioksidan 12 kali lebih banyak dibandingkan dagingnya. Jadi, jangan takut untuk memakan kulit kentang, ya.

Klik Untuk Donasi - WeCare.id #UsahaBareng GandengTangan
  1. Terdanai Rp.36,885,076
  2. Pencapaian 70.97%
  3. Donatur 283

Menurunkan Tekanan Darah

Kentang juga merupakan sumber kalium yang baik.  Kandungan kalium pada kentang ebih banyak kalium dibandingkan pisang, dan banyak di antaranya ditemukan di kulitnya. Selain itu, kulit kentang juga mengandung banyak serat. Menurut Food and Drug Administration Amerika Serikat, kalium adalah mineral yang membantu menurunkan tekanan darah.

Kalium juga dapat membantu menurunkan tekanan darah melalui dengan melebarkan pembuluh darah. Para ilmuwan di Institute for Food Research telah menemukan bahwa kentang mengandung bahan kimia yang disebut kukoamines, yang berhubungan dengan penurunan tekanan darah.

Baik untuk Kesehatan Jantung

Kentang bagus untuk kesehatan jantung kandungan seratnya. Serat dihubungkan dengan pembersihan kolesterol dalam pembuluh darah. Kandungan vitamin C dan B6 dalam kentang membantu mengurangi radikal bebas. Selain itu, karotenoid membantu menjaga agar fungsi jantung dengan baik.

Mengurangi Resiko Kanker

Sebuah studi tahun 2017 dilakukan oleh para peneliti dari The Pennsylvania State University dan Colorado University menemukan bahwa mengonsumsi kentang ungu dapat mengurangi risiko kanker usus besar. Kentang ungu kaya akan antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa mengurangi kadar interleukin-6 atau IL-6, yaitu protein yang terkait dengan pertumbuhan sel kanker di dalam usus besar.

Studi tersebut mengamati kelompok babi dengan tiga makanan berbeda, salah satunya dilengkapi dengan kentang ungu. Pada akhir penelitian, babi yang mengonsumsi ubi ungu mempunyai kadar IL-6 enam kali lebih rendah dibandingkan kelompok lainnya. Meskipun studi tersebut belum dilakukan pada manusia, para peneliti mengantisipasi bahwa hasil tersebut akan sama pada manusia karena sistem pencernaan babi mirip dengan manusia.

Klik Untuk Donasi - Bantu Pembudidaya Ikan yang Kesulitan Saat Pandemi!
  1. Terdanai Rp.5,849,464
  2. Pencapaian 16.88%
  3. Donatur 154

Baik untuk Fungsi Otak dan Kesehatan Sistem Saraf

Kandungan vitamin B6 dalam kentang sangat penting untuk menjaga kesehatan saraf. University of Maryland Medical Center menyebutkan bahwa vitamin B6 membantu menciptakan bahan kimia untuk otak yang berguna, di antarnya dopamin, serotonin, dan norepinefrin. Ini berarti bahwa mengkonsumsi kentang bisa membantu mengatasi stres, depresi, dan bahkan gangguan hiperaktif defisit perhatian (ADHD).

Jangan lupa untuk mengkonsumsi kentang agar tubuhmu mendapatkan manfaat baiknya. Selain itu, jangan lupa juga untuk meluangkan waktu dengan membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit. Cukup download aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store sekarang juga. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

download_app

Referensi

Health Benefits of Potatoes. (2020). webmd.com.
Nagdeve, e. (2020). 11 Incredible Benefits Of Potatoes. organicfacts.net.
Szalay, J. (2017). Potatoes: Health Benefits, Risks & Nutrition Facts. livescience.com.
Ware, M. (2017). How can potatoes benefit my health? medicalnewstoday.com.