Selain Pucat, Perhatikan Gejala Anemia Berikut Ini!

Selain Pucat, Perhatikan Gejala Anemia Berikut Ini!

Apakah kamu mengalami kelelahan yang tidak biasa? Merasa pusing, sakit kepala atau sesak nafas? Ada kemungkinan kamu mengalami gejala anemia! Yuk simak gejala anemia di artikel WeCare.id.

Apa Itu Anemia?

Anemia adalah kelainan darah, terjadi ketika jumlah sel darah merah dalam tubuh  terlalu rendah. Sel darah merah membawa hemoglobin, yakni protein yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Tanpa jumlah hemoglobin yang cukup, oksigen tidak akan sampai ke organ tubuh. Tanpa oksigen yang cukup, organ tidak dapat bekerja secara normal.

Terdapat beberapa jenis anemia, seperti anemia defisiensi besi, anemia aplastik, anemia vitamin B12 dan folat, anemia hemolitik dan anemia sel sabit. Berbagai jenis anemia terkait dengan berbagai penyakit dan kondisi.

Gejala Anemia

Seperti apa gejala yang dialami oleh orang anemia? Melansir Healthline, berikut ini gejala anemia yang umum dialami:

Kelelahan

Salah satu gejala anemia yang paling umum adalah merasa sangat lelah. Umumnya gejala ini dialami oleh orang yang tidak memiliki zat besi yang cukup (Bager, 2014). Kekurangan zat besi ini menyebabkan kelelahan pada tubuh. Zat besi tersebut dibutuhkan untuk membuat hemoglobin. Jika kekurangan hemoglobin, jumlah oksigen yang mencapai otot dan jaringan tubuh juga akan berkurang. Akibatnya, kamu akan kehilangan energi.

Tanpa hemoglobin yang cukup, oksigen yang mencapai jaringan dan otot kamu akan berkurang, sehingga kehilangan energi. Untuk memindahkan darah yang kaya oksigen lebih banyak ke seluruh tubuh, jantung akan harus bekerja lebih keras. Itu akan membuat kamu kelelahan (Camaschella, 2015).

Kulit Pucat

Tanda umum lainnya dari kekurangan zat besi adalah kulit pucat atau warna pucat di area dalam kelopak mata bagian bawah. Jika kelopak mata bawah di tarik ke bawah, berwarna sangat merah muda atau kuning pucat, mungkin ini menunjukkan bahwa Teman kamu kekurangan zat besi.

Hemoglobin dalam sel darah merah memberi warna pada darah. Karena itu, selama kamu kekurangan zat besi, kadar hemoglobin rendah membuat darah menjadi tidak terlalu merah. Inilah alasan mengapa pada orang yang kekurangan zat besi kulitnya terlihat pucat. Kepucatan ini bisa nampak di seluruh bagian tubuh.

Sakit Kepala dan Pusing

Gejala anemia yang biasa dialami adalah sensasi pusing dan sakit kepala yang tiba-tiba. Rendahnya kadar hemoglobin dalam sel darah merah bisa menyebabkan sakit kepala, menandakan tidak cukupnya oksigen yang mencapai otak. Sebagai akibatnya, pembuluh darah di otak jadi membengkak dan muncul sakit kepala, khususnya saat tiba-tiba bangun dari berbaring atau duduk. Meski penyebab sakit kepala bisa beragam, kekurangan zat besi dapat menjadi salah satunya.

Sesak Napas

Kekurangan zat besi menyebabkan kadar hemoglobin rendah, sehingga kadar oksigen pun juga ikut rendah.  Untuk melakukan aktivitas normal, otot memerlukan oksigen yang cukup. Jika kekurangan oksigen, tubuh akan berusaha untuk mendapatkan lebih banyak oksigen sehingga laju pernapasan meningkat. Inilah yang mengakibatkan terjadinya sesak napas.

Jantung Berdebar

Jantung berdebar menjadi gejala lain dari anemia defisiensi besi. Hemoglobin adalah protein yang membantu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Ketika mengalami kekurangan zat besi, kadar hemoglobin menjadi rendah. Artinya, jantung harus bekerja ekstra keras supaya bisa membawa oksigen.

Itulah informasi mengenai gejala anemia. #TemanPeduli, selalu perhatikan kesehatan diri kamu dan selalu konsumsi makanan kaya zat besi untuk mencegah anemia ya!

Tidak lupa, ayo kita bantu pasien tidak mampu yang menderita berbagai penyakit! Kamu bisa bantu Habid dan Jawidah yang mengalami sakit parah di usia kecil, atau bantu pasien lainnya. Buka tautan dibawah untuk donasi atau gunakan aplikasi WeCare.id di App Store atau Google Play supaya donasi menjadi lebih mudah!

Klik Untuk Donasi - Mengalami Gizi Buruk, Habid Butuh Bantuanmu Segera!
Donasikan Epilepsi, Gizi Buruk Marasmus, Cerebral Palsy
A Habid
Oleh Medikator
  • Terdanai Rp.2,590,000
  • Pencapaian 25.48%
  • Donatur 34

Klik Untuk Donasi - Bantu Adik Jawidah Sehat Kembali!
Donasikan Tuberkulosis Meningitis
Jawidah Athifha Sinaga
Oleh Medikator
  • Terdanai Rp.370,000
  • Pencapaian 3.46%
  • Donatur 4

References

Brown, M. J. (2020). 10 Signs and Symptoms of Iron Deficiency. Healthline.com.
Hariandja, R. (2020). Bukan Cuma Pusing, Ini Ragam Gejala Anemia yang Mesti Kamu Waspadai. Good Doctor.: https://www.gooddoctor.co.id/tips-kesehatan/penyakit/gejala-anemia-2/
In Brief: Your Guide to Anemia. (2011). NHLBI.
Indra, R. (2020). Kenali Penyakit Anemia, Inilah Gejala, dan Penyebabnya. Lemonilo.
Lam, P. (2020). What to know about anemia. MedicalNewsToday.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *