Fakta Dan Mitos Down Syndrome

Fakta Dan Mitos Down Syndrome

Dalam kegiatan sehari-hari, terkadang kita bertemu orang-orang yang mengidap down syndrome. Namun masih banyak pemahaman yang salah mengenai kondisi yang menimpa mereka. Pemahaman yang tidak tepat tentunya akan mengarah pada tindakan yang tidak sesuai pada teman-teman kita yang mengidap down syndrome. Yuk kita kenali down syndrome agar tidak berpikir dan bertindak salah atau gegabah!

Apa itu down syndrome?

Down syndrome adalah istilah untuk sekumpulan gejala kognitif dan fisik yang dapat terjadi karena adanya salinan tambahan kromosom 21. Down syndrome paling sering terjadi karena penyebab kromosom, dan berdampak pada kecacatan intelektual ringan sampai sedang. Sindrom ini terjadi pada semua kelompok etnis dan ekonomi.

Tingkat intelektual pada orang dengan sindrom down bervariasi. Namun umumnya, anak-anak dengan down syndrome mengalami perkembangan yang lebih lambat dibandingkan dengan anak-anak lainnya.

Apa Penyebab Down Syndrome?

Fakta Dan Mitos Down Syndrome | WeCare.id

Sindrom down disebabkan oleh kesalahan acak dalam pembelahan sel yang mengakibatkan adanya salinan ekstra kromosom 21.

Biasanya, ketika satu sel membelah menjadi dua, seluruh pasangan kromosom terpecah sehingga salah satu pasangan pergi ke satu sel, dan pasangan lainnya pergi ke sel lainnya. Tetapi dalam kasus tertentu, kedua kromosom dari pasangan bersatu menjadi satu sel.

Berbagai penelitian menyimpulkan bahwa kondisi down syndrome dapat terjadi karena beberapa faktor berikut:

  • Lebih dari 90% kasus down syndrome, salinan ekstra kromosom 21 berasal dari ibu di dalam sel telur.
  • Sekitar 4% dari kasus down syndrome, ayah memberikan salinan ekstra kromosom 21 melalui sperma.
  • Dalam kasus lainnya, kesalahan terjadi setelah pembuahan, saat embrio tumbuh.

Klik Untuk Donasi - Menderita Kelainan pada Anus dan Alat Kelaminnnya, Alwi Butuh Pertolongan Segera!
Donasikan Atresia Ani, Kriptorkismus, Epispadia
Muhamad Alwi Sagara
Oleh Medikator
  • Terdanai Rp.3,083,496
  • Pencapaian 20.63%
  • Donatur 19

Fakta dan Mitos Seputar Down Syndrome

Fakta Dan Mitos Down Syndrome | WeCare.id

Banyak sekali informasi salah yang beredar mengenai kondisi down syndrome. Karena itu, WeCare.id mengumpulkan beberapa mitos tersebut dan menjelaskan fakta yang sebenarnya dari beberapa sumber. Beberapa mitos tersebut antara lain:

1. Down syndrome terlahir dari ibu yang berusia lanjut

Kemungkinan seorang perempuan melahirkan anak dengan kondisi ini memang semakin besar seiring bertambahnya usia. Tapi kenyataannya, 80% anak-anak yang terlahir dengan kondisi ini justru dilahirkan oleh perempuan berusia 35 tahun ke bawah.

2. Semua orang dengan down syndrome selalu bahagia

Banyak orang yang percaya bahwa orang dengan down syndrome selalu merasa bahagia dan juga ramah. Hal ini mungkin diperkuat dengan pengalaman mereka sendiri. Namun, mereka yang mengidap down syndrome juga mengalami perasaan yang sama kompleksnya seperti semua manusia di dunia ini.

3. Umur yang pendek

Hal ini memang terjadi di masa lalu. Namun, seiring berkembangnya teknologi medis, harapan hidup penderita down syndrome dapat meningkat. Masalah cacat jantung yang sering dihadapi mereka akan mudah diatasi dengan kemajuan medis saat ini.

4. Perilaku yang seperti anak-anak

Penderita down syndrome memiliki kondisi kejiwaan yang sama dengan manusia lain di dunia ini. Jadi mereka seharusnya diperlakukan sesuai dengan umur mereka.

5. Sulit mendapatkan pekerjaan

Hal yang satu ini mungkin masih berlaku saat ini. Penderita down syndrome masih kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan. Terutama, karena masih banyaknya stigma negatif terhadap penderita down syndrome dari orang-orang yang berpikiran negatif. Kenyataannya, orang dengan down syndrome sama seperti kita, mereka mampu untuk bekerja dan beraktivitas seperti biasa. Mereka hanya memerlukan kesempatan yang adil dan setara untuk dapat menunjukkan kemampuan mereka.

6. Kondisi down syndrome dapat diwariskan

Dari beberapa jenis kondisi down syndrome, hanya tipe translocation yang dapat diwariskan dari orang tua yang mengidap kelainan gen ini. Namun, kebanyakan kasus translocation justru tidak terjadi karena warisan orang tua mereka.

Fakta Dan Mitos Down Syndrome | WeCare.id

Masih banyak hal yang belum kita pahami mengenai kondisi kelainan genetika ini. Dengan mendapatkan lebih banyak informasi, Teman Peduli bisa melihat orang-orang dengan down syndrome dari sudut pandang yang berbeda dan tentunya lebih positif.

Apalagi, saat ini banyak anak Indonesia yang mengalami down syndrome serta penyakit lain. Banyak dari pasien tidak mampu mencari bantuan untuk bisa berobat. Mari kita ulurkan tangan untuk membantu mereka! Yuk, buka tautan dibawah untuk donasi atau gunakan aplikasi WeCare.id di App Store atau Google Play supaya donasi menjadi lebih mudah!

Klik Untuk Donasi - Bantu Bu Eti Melawan Penyakitnya!
Donasikan Limfoma Non-Hondgkin, Tumor
Eti
Oleh Medikator
  • Terdanai Rp.226,098
  • Pencapaian 0.98%
  • Donatur 24

Referensi:

Development, T. E. (t.thn.). Down Syndrome. Specialolympics.org.
Facts about Down Syndrome. (2019). CDC.gov.
Myths and Facts. (t.thn.). Down’s Syndrome Scotland.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *