Kenali Kanker Usus yang Menyebabkan Chadwick Boseman ‘Black Panther’ Meninggal

Hari ini kita dihadapkan dengan sebuah berita duka, aktor Chadwick Boseman yang dikenal sebagai pemeran dari superhero Black Panther meninggal dunia pada Jumat (28/8/2020) karena kanker usus. Mungkin teman-teman belum pernah mengenal lebih jauh apa itu kanker usus dan seberapa bahaya kah kanker ini, mari kita ulas lebih jauh kali ini.

Kanker usus besar (kolorektal) adalah kanker yang bermula di usus besar atau rektum, yang merupakan salah satu organ penting dalam sistem pencernaan manusia. Data dari American Cancer Society (ACS) memperkirakan bahwa sekitar  1 dari 25 perempuan dan 1 dari 23 pria  berpotensi mengalami kanker ini.

Gejala awal kanker usus beragam keparahannya dari stadium 0 hingga stadium 4, penting bagi dokter untuk mengetahui stadium kanker yang diderita pasien sehingga dapat merencanakan perawatan terbaik untuk pasien.

Bisa jadi pada stadium awal kanker usus, pasien tidak menunjukkan gejala apapun yang signifikan. Beberapa gejala yang sering muncul pada tahap awal adalah perubahan warna feses, pendarahan dari rektum, kram perut, gas yang berlebihan, dan sakit perut. 

Gejala yang terlihat pada stadium berat adalah kelelahan yang berlebihan, penurunan berat badan, kelemahan pada tubuh, perubahan pada tinja yang bertahan lebih dari sebulan, bengkak di tangan atau kaki, kulit dan mata mungkin menjadi kuning.

Semoga info ini bermanfaat ya untuk teman-teman, jangan lupa sebarkan ke keluarga dan kerabat terdekat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *