10 Hal yang Tak Boleh Anda Lakukan Saat Kurang Tidur

Kurang tidur bisa mendatangkan malapetaka, karena Anda akan selalu merasa ngantuk, kurang energi,  konsentrasi menurun, jadi mudah lupa, dan suasana hati juga memburuk. Anda perlu mengubah gaya hidup, seperti mengurangi kafein dan alkohol, makan makanan sehat dan berolahraga. Selain itu, ada hal-hal tertentu yang tidak boleh Anda lakukan ketika Anda lelah karena kurang tidur.

Jangan minum terlalu banyak kopi

Minum beberapa cangkir kopi sepanjang hari, tidak akan membuat Anda berenergi, sebaliknya,  terlalu banyak kopi hanya akan membuat Anda merasa lelah dan semakin tidak nyaman. Ini menyebabkan tingkat energi Anda menurun. Ketika minum kopi, kafein bertahan di perut hingga lima jam, jadi jika Anda minum kopi lagi dalam waktu lima jam, itu akan memengaruhi tidur Anda di malam hari.

Jangan berolahraga dengan intensitas berlebih

Bekerja membutuhkan energi; tetapi jika Anda berlebihan dalam berolahraga, maka otot-otot Anda akan lelah. Sebagai gantinya, Anda bisa mengikuti latihan yang lebih ringan seperti bersepeda, yang tidak akan menyebabkan kram otot atau cidera. Meluapkan energi Anda saat nge-gym akan memperburuk rasa lelah Anda.

Hindari tidur siang yang terlalu panjang

Tidur siang yang panjang bukanlah ide yang baik karena tidur terlalu lama di siang hari dapat membuat lebih sulit tidur di malam hari. Ini akan membuat Anda lelah di keesokan harinya. Tidur siang dapat dilakukan selama 20 hingga 30 menit saja, tetapi tidak boleh lebih lama dari itu.

Jangan menyimpang dari waktu tidur normal Anda

Ketika Anda lelah, jangan tunda tombol alarm, karena dapat mengganggu siklus tidur dan kualitas tidur Anda. Jika Anda tidur 30 menit lebih lama dari waktu normal, itu akan mengganggu jam tubuh Anda.

Hindari keinginan makan junk food

Ketika tubuh Anda lelah, Anda cenderung memilih makanan berlemak dan tinggi kalori. Cara ini tidak sehat dan dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Jika Anda ingin memesan makanan cepat saji, pilih makanan yang sehat dan lezat seperti sayuran kukus dengan nasi ayam, atau coklat.

Jangan melihat media sosial

Kebanyakan dari kita banyak yang menjadikan media sosial sebagai ‘tempat pelarian’ ketika merasa lelah sepanjang hari. Jika sudah begitu, Anda akan sulit tidur karena cahaya yang berasal dari handphone dapat memengaruhi otak, dan membuat Anda terjaga lebih lama.

Jauhi minuman keras

Jika Anda berpikir bahwa minum segelas wine akan membuat Anda tertidur, hal itu benar-benar salah. Karena minum alkohol sebelum tidur akan mengganggu tidur REM (jenis tidur terdalam) yang akan membangunkan Anda di malam hari.

Jangan tidur larut malam saat weekend

Tidur larut selama akhir pekan akan lebih mengganggu siklus tidur Anda, karena Anda akan tidur tanpa alarm dan bangun di siang hari. Hal ini memaksa tubuh untuk tidur nanti dan bangun nanti. Hal ini akan menyulitkan Anda untuk bangun pagi di hari Senin.

Jangan melakukan pose yoga yang butuh energi

Yoga dapat membuat pikiran tenang dan merilekskan tubuh. Tetapi ada yoga asana tertentu yang membutuhkan energi. Sebagai gantinya, gunakan pose yoga dan postur yoga yang tidak terlalu membutuhkan usaha keras, yang tidak akan meningkatkan detak jantung Anda.

Jangan makan camilan di tengah malam malam

Jangan menikmati camilan tengah malam ketika Anda sudah lelah. Tubuh tidak bisa mencerna makanan sesaat setelah kamu tidur. Hindari makanan seperti hamburger, keripik, dan makanan berminyak yang dapat menyebabkan sakit maag dan menyulitkan Anda untuk tidur.

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf

Sumber : https://www.meetdoctor.com/article/10-hal-yang-tak-boleh-anda-lakukan-saat-kurang-tidur

Yuk, konsultasi dokter gratis dengan dokter SEHATI:  https://wecare.id/sehati