Tips Kesehatan: 5 Pilihan Obat Pilek yang Alami

Tips Kesehatan: 5 Pilihan Obat Pilek yang Alami

Pilek adalah infeksi virus saluran pernafasan bagian atas, hidung, dan tenggorokan. Pilek biasanya tidak berbahaya tapi bisa menyerang siapa saja, termasuk bayi.

Gejala yang biasanya muncul saat terserang penyakit pilek ini antara lain diawali tenggorokan yang sakit atau radang tenggorokan. Namun gejala awal pilek ini akan hilang dalam 2 – 3 hari. Tapi, Anda bisa saja tidak sakit tenggorokan dan batuk saat mengalami pilek, namun mengalami mata berair, bersin, dan susah bernafas lega. Hal ini disebabkan terdapat sebanyak 100 virus penyebab pilek atau common cold. Akibatnya, gejala pilek bisa berbeda-beda.

Pada orang dewasa, pilek biasanya tidak selalu menimbulkan demam. Namun pada bayi atau anak-anak biasanya akan menimbulkan demam bahkan hingga menggigil.

Nah, berikut ini adalah beberapa obat pilek yang alami sehingga bisa dilakukan di rumah untuk meredakan pilek anak. Di antaranya:

  • Konsumsi banyak cairan

Mengonsumsi cairan sangat penting, terlebih lagi bila Anda sedang menderita pilek. Cairan akan menghindarkan Anda dari dehidrasi. Bayi yang terserang pilek pun membutuhkan cairan yang bisa didapatkan dari ASI atau susu. Nah, jika Anda masih menyusui, bayi Anda akan mendapatkan perlindungan ekstra dari kuman dan bakteri yang akan menyerangnya.

  • Encerkan lendir

Beberapa dokter biasanya akan menyarankan untuk mengencerkan lendir yang ada di dalam hidung bayi. Cara yang digunakan adalah meneteskan atau menyemprotkan cairan pengencer lendir yang mengandung saline. Hal ini bisa membuat pernafasan hidung bayi lebih lega dan mudah bernafas. Anda bisa mencari obat tetes hidung ini di apotek.

  • Penguapan

Anda bisa menggunakan humidifier di kamar bayi untuk membantu meredakan pilek dan hidung bayi yang tersumbat. Namun, jangan meletakkan humidifier ini terlalu dekat dengan bayi, karena uap yang timbul bisa membuat tempat tidur menjadi lembap dan menjadi tempat berkembang biak jamur. Cara yang lebih mudah adalah meneteskan minyak kayu putih ke dalam wadah berisi air panas. Lalu, simpan di pojok kamar anak.

  • Sup 

Bila bayi sudah berusia di atas 1 tahun, Anda bisa memberikan sup ayam hangat. Makanan ini dipercaya dapat membuat pilek mereda. Jika bayi belum mengonsumsi makanan padat, Anda bisa membuatkan pure sup ayam atau paling tidak kaldu hangatnya saja. Oh ya, orang dewasa pun boleh menggunakan cara ini sebagai obat pilek, lho.

  • Penyedot ingus

Saat bayi Anda pilek, pasti ada banyak sekali lendir di dalam hidung yang bisa menyebabkan hidungnya tersumbat. Nah, Anda bisa menggunakan rubber bulb syringe atau alat penyedot ingus untuk menyedot lendir tersebut. Pasalnya, akan berbahaya jika Anda menyedot ingus dengan menggunakan mulut.

Lakukan penyedotan ingus sebelum menyusui dan sebelum tidur. Hal ini sangat berguna bagi bayi usia 6 bulan ke bawah. Penyedotan tersebut bisa membuat bayi bisa tidur nyenyak karena dapat bernafas dengan lancar. Anda dapat membeli rubber bulb syringe di apotek atau toko kesehatan. (DV)

Ditinjau oleh dr. Fransisca Alvionita

Sumber: https://meetdoctor.com/article/5-pilihan-obat-pilek-yang-alami

Artikel ini merupakan kerja sama dari WeCare.ID dan Meetdoctor

  

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *