Cara Mengatur Keuangan Bersama untuk Pasangan Baru

Cara Mengatur Keuangan Bersama untuk Pasangan Baru

Salah satu tantangan ketika memulai hidup baru bersama pasangan adalah cara mengatur keuangan sesudah menikah. Mengelola keuangan sesudah menikah tak segampang ketika kita masih lajang karena pasangan kita mempunyai aturan juga pola pikir yang berbeda. Maka tak mengherankan jika banyak pasangan baru yang cekcok karena mereka kebingungan dalam urusan mengatur keuangan. Nah, bagi yang sedang mencari cara mengatur keuangan bersama setelah menikah, yuk baca artikel ini sampai selesai ya. 

Bahagia Berkurban #DimulaiDariKita

Terbuka Mengenai Keuangan

Cara mengatur keuangan dengan pasangan salah satunya yaitu menjelaskan kondisi finansial kita sebelum menikah. Untuk mudahnya, kita bisa mulai dengan menceritakan gaya orang tua kita mengatur keuangan dalam rumah tangga mereka. Setidaknya dengan belajar dari cara orang tua mengatur keuangan, bisa jadi contoh bagi kita dan pasangan untuk mengelola finansial rumah tangga. 

Membuat Rekening Bank Bersama dalam Mengatur Keuangan

Membuat akun bank bersama sebenarnya masih jadi perdebatan bagi pasangan menikah. Beberapa pasangan menghindari membuat rekening bersama. Namun, ada pihak ada yang membuat akun bersama agar bisa mengetahui arus kas keuangan. Dengan menggunakan akun bersama ini berarti suami dan istri dapat mengakses pemasukan serta pengeluaran rumah tangga. Sebenarnya cara mengatur keuangan seperti ini lebih enak juga gampang untuk melakukan pengaturan pos-pos keuangan. Jika muncul pengeluaran tidak terduga, kita dan pasangan bisa langsung tahu.

Membuat Pos-Pos Keuangan 

Cara mengatur keuangan yang bisa menjadi pertimbangan adalah membuat pos-pos keuangan. Buat pos-pos keuangan yang wajib serta tidak wajib. Contohnya, kita bisa membuat pos keuangan untuk telepon, makan, listrik, pakaian, tabungan, dan lain-lain. Pos keuangan ini akan memberitahu kita berapa yang dapat kita belanjakan dan berapa yang harus kita tabung. Apabila salah satu pos keuangan kosong, artinya pengeluaran harus kalian hentikan.

Memiliki Bendahara Keluarga untuk Mengatur Keuangan

Dalam sebuah keluarga idealnya harus ada satu orang yang bisa dipercaya untuk memegang uang, mengatur keuangan rumah tangga, dan mengelola pengeluaran seperti perusahaan. Siapa saja bisa menjadi bendahara selama orang tersebut memiliki kemampuan. Kalau suami termasuk orang yang teliti dalam mengelola keuangan, maka suami akan lebih cocok untuk menjadi bendahara keluarga. Begitu juga sebaliknya. Dengan menetapkan sistem satu pintu seperti ini, maka akan memudahkan urusan keuangan dalam keluarga. Ini karena hanya ada satu orang yang memiliki tugas untuk mengatur arus keluar masuk uang keluarga. 

Tentukan Besaran Pengeluaran Keluarga Tiap Bulan

Selanjutnya, setelah memilih bendahara dalam keluarga adalah membuat rencana anggaran pengeluaran harian juga bulanan. Buat catatan yang berisi kebutuhan rumah tangga, misalnya bahan makanan, tagihan listrik, tagihan air, pajak, dan lain-lain. Setiap akhir bulan, luangkan waktu untuk menghitung keseluruhan pengeluaran bersama pasangan kita. Tujuannya supaya kita bisa tahu jumlah pengeluaran kita tiap bulannya. Setelah itu bandingkan dengan pengeluaran bulan sebelumnya dan sekarang. Jika bulan sekarang melebihi anggaran keuangan bulan sebelumnya, maka kurangi pengeluaran pada bulan berikutnya.

Mencatat Pengeluaran Rumah Tangga

Cara mengatur keuangan lainnya yaitu mencatat pengeluaran. Bendahara keluarga harus mencatat tiap pengeluaran, baik yang rutin maupun yang darurat. Dengan membuat catatan, bendahara akan mengetahui apakah pengeluaran sudah sesuai seperti kesepakatan atau belum. Mempunyai catatan juga bisa jadi bukti saat pasangan kita ingin mengetahui aliran dana. Misalnya saja gaji kurang untuk dapat menutupi kebutuhan sehingga harus mengambil anggaran dari tabungan. Bentuk catatan bisa kamu buat sesuai kebutuhan, misalnya per minggu atau per bulan. Catatan ini bisa bermanfaat sebagai neraca keuangan agar bisa membantu kita dan pasangan memantau keuangan keluarga supaya tetap sehat juga aman.

Hindari Pinjaman Sebisa Mungkin

Cara mengatur keuangan bisa kamu lihat dari gambaran awal agar bisa menentukan kelayakan yang berhubungan dengan kecukupan secara finansial. Jika mendapati sejumlah kekurangan, usahakan sebisa mungkin untuk melakukan penataan ulang pengelolaan keuangan rumah tangga. Hal ini dapat kamu lakukan terlebih dulu sebelum mendapatkan dana dari sumber lain. 

Jika tidak kamu lakukan dengan tepat, mencari sumber dana lain untuk menutup kekurangan keuangan keluarga bisa berdampak buruk. Contohnya saja meminjam atau menggunakan kartu kredit tanpa perhitungan yang baik. Apalagi saat kita dalam kondisi terdesak, meminjam uang justru membuat kondisi keuangan keluarga menjadi lebih rumit. Kalaupun harus berhutang, pikirkan model pinjaman apa yang tidak akan membuat keuangan keluarga menjadi lebih parah.

Sisihkan Penghasilan untuk Tabungan Dana Darurat

Kita tidak pernah tahu kapan kita akan mengalami situasi sulit. Itulah fungsi dari tabungan agar bisa dipakai saat kita mengalami kondisi darurat. Cara mengatur keuangan dengan menyisihkan penghasilan kita untuk dana darurat memiliki potensi keuntungan yang luas. Selain untuk digunakan saat keadaan darurat, tabungan ini juga bisa dipakai jika ada kebutuhan yang tak direncanakan. Dengan begitu kita tak perlu mengambil dari pos anggaran lain.

Itulah tips cara mengatur keuangan bagi pasangan yang baru menjalani kehidupan pernikahan. Dengan pengelolaan keuangan yang baik tentunya akan menghindarkan kita dari pertengkaran soal uang dengan pasangan. Jika semua pos untuk anggaran telah terpenuhi dan masih memiliki sisa, kita bisa gunakan dana tersebut untuk membantu mereka yang kekurangan, misalnya pasien yang membutuhkan bantuan biaya pengobatan. Caranya mudah. Cukup download aplikasi WeCare.id melalui Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

5 Rahasia Pasangan Muda YakinBisa Atur Keuangan Keluarga. (t.thn.). Diambil kembali dari hsbc.co.id.

Rahman, M. (2022). Cara Mengatur Keuangan Setelah Menikah. Diambil kembali dari financer.com.

Setiyowati, E. (2021). 9 Cara Mudah Mengatur Keuangan bagi Pasangan Baru Menikah. Diambil kembali dari popbela.com.Stephanie, K. (2020). 8 Tips Keuangan untuk Pasangan yang Baru Menikah. Diambil kembali dari koinworks.com.

Sumber Featured Image : krakenimages on Unsplash