Cara Menghitung Berat Badan Ideal dan Pentingnya Menjaga Berat Badan Ideal

Cara Menghitung Berat Badan Ideal dan Pentingnya Menjaga Berat Badan Ideal

Siapa sih yang tidak ingin memiliki berat badan ideal? Tidak hanya kaum hawa, kau adam pun memiliki keinginan yang sama. Berat badan ideal tidak hanya mampu menunjang penampilan kita tapi juga sangat baik bagi kesehatan tubuh. 

Klik Untuk Donasi - Butuh terapi hormon untuk keberlangsungan hidupnya, Farel Butuh Bantuanmu Segera!
Sindrom Prader-Willi
Farel
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.7,063,122
  2. Pencapaian 24.57%
  3. Donatur 95

Namun tidak banyak dari kita yang tahu cara menghitung berat badan ideal. Beberapa menganggap berat badan mereka terlalu berlebih atau malah kurang. Karena itu, penting untuk tahu cara menghitung berat badan ideal. Tapi jangan khawatir, di sini kita bisa tahu cara menghitung berat badan yang pas dan tepat.

Daftar isi:

  1. 1. Cara Menghitung Berat Badan Ideal
  2. 2. Pentingnya Berat Badan Ideal Bagi Kesehatan

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Rumus Broca

Rumus yang ditemukan oleh Paul Broca ini memiliki perhitungan yang berbeda untuk pria dan wanita. Hal ini disebabkan karena pria dan wanita memiliki komposisi tubuh yang berbeda. Rumusnya adalah:

Pria: Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 10 persen]

Wanita: Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 15 persen]

Kalkulator BMI (Body Mass Index)

Kalkulator BMI menggunakan tinggi dan berat badan sebagai penentu berat badan ideal. Selain itu, perhitungan ini tidak berpatokan pada jenis kelamin melainkan pada usia. Dengan kalkulator BMI, kita bisa tahu apakah berat badan kita berlebih atau tidak. 

Cara menghitungnya adalah:

Berat badan ideal = Berat badan (kilogram): Tinggi badan (meter)

Jika hasilnya melebihi 25 maka berat badan kita berlebih. Sedangkan jika hasilnya kurang dari 18, angka ini mengindikasikan berat kita kurang atau underweight. Jika angka BMI berada pada kisaran 18,8 hingga 25, maka berat badan yang kita miliki tergolong normal. 

Indeks Massa Tubuh

Cara menghitung berat badan ideal berikutnya adalah dengan indeks massa tubuh (IMT). Sama halnya dengan BMI, IMT juga mengukur berdasarkan tinggi dan berat badan serta bisa diterapkan untuk pria maupun wanita. Rumus menentukan berat badan ideal dengan IMT adalah berat badan (kg) dibagi tinggi badan (dalam meter kuadrat).

Apabila hasilnya kurang dari 18,5, maka berat badan kita masih di bawah proporsional. Namun apabila hasilnya di atas 23 maka kita kelebihan berat badan atau overweight. Hasil di antara 18,5 hingga 22,9 menandakan berat badan ideal.

Bantu Adik-adik Disabilitas Keluarga Dhuafa Dapatkan Gizi Yang Baik

Pentingnya Berat Badan Ideal Bagi Kesehatan

Selain bisa tetap tampil menarik, memiliki berat badan ideal juga memberikan pengaruh baik bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat yang perlu kamu tahu.

Terhindar Dari Aterosklerosis

Aterosklerosis adalah penyempitan dan penebalan arteri disebabkan penumpukan plak di dinding arteri. Penumpukan plak disebabkan adanya kerusakan pada dinding dalam arteri (endothelium). Endothelium sendiri berfungsi menjaga kelancaran aliran darah. Tumpukan plak bisa berupa zat lemak, kalsium, kolesterol, dan fibrin (zat dalam tubuh).

Plak yang muncul bisa memicu adanya penyumbatan peredaran darah dan oksigen dari arteri ke organ tubuh. Aterosklerosis tergolong dalam penyakit jantung. Namun, tidak menutup kemungkinan aterosklerosis juga terjadi di bagian tubuh lain seperti ginjal, otak, atau kaki.

Menurunkan Resiko Diabetes

Orang yang berhasil menurunkan berat badan, walaupun hanya beberapa kilogram, berhasil menurunkan resiko penyakit diabetes. Hal ini disampaikan American Diabetes Association.

Tidur Lebih Nyenyak

Pentingnya berat badan ideal bagi kesehatan selanjutnya disampaikan oleh Kerry J. Stewart, Ed.D., seorang profesor kedokteran di Universitas Johns Hopkins. Beliau mengatakan bahwa lemak, khususnya lemak perut, mengganggu fungsi paru-paru. Dengan adanya gangguan pernapasan, kualitas tidur juga akan terganggu.

Itu tadi info tentang cara menghitung berat badan ideal yang bisa dilakukan dengan tiga cara serta pentingnya berat badan ideal bagi kesehatan. Untuk info menarik dan bermanfaat lainnya bisa dengan mudah kita dapatkan hanya dengan men-download aplikasi WeCare.id di App Store atau Play Store. Selain memberikan banyak sekali artikel dengan berbagai topik, di sini kita juga bisa melakukan donasi. Pastinya memberikan banyak kebaikan kan? Yuk segera download aplikasi WeCare.id

Klik Untuk Donasi - Mari kita bantu wujudkan impian para penghafal quran untuk punya seragam baru
  1. Terdanai Rp.50,000
  2. Pencapaian 0.43%
  3. Donatur 1

Referensi

dr. Gabriella Florencia (Mei 2021). Cara Hitung Berat Badan Ideal. halodoc.com

dr Patricia Lukas Goentoro (Maret 2021). Cara Menghitung Berat Badan Ideal dan Tips Menjaganya. hellosehat.com

Ini Keuntungan Punya Berat Badan Ideal. hemaviton.com

Pentingnya Jaga Berat Badan Normal Agar Tak Kena Aterosklerosis. halodoc.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *