Mau Pulkam? Cek Starter Pack Mudik 2022 Berikut Ini

Mau Pulkam? Cek Starter Pack Mudik 2022 Berikut Ini

Setelah dua tahun mudik dilarang, kini masyarakat bisa siap-siap untuk pulang ke kampung halaman di saat Lebaran 2022 nanti. Pemerintah sudah memperbolehkan masyarakat untuk mudik, tapi tetap ada syarat yang harus dipenuhi dan tetap mengikuti protokol kesehatan. Untuk yang beriap-siap pulkam alias pulang kampung, berikut ini starter pack mudik 2022 yang penting untuk diketahui. Yuk cek perlengkapan apa saja yang harus kamu bawa?

Pakaian

Starter pack mudik 2022 yang pertama yaitu pakaian. Pastinya kalau kampung halamanmu jauh, kamu akan tinggal beberapa hari di rumah orang tua atau kakek-nenek. Maka penting untuk membawa pakaian ganti. Bawalah pakaian secukupnya saja. Untuk tahu berapa jumlah pakaian yang harus kamu bawa, perkirakan berapa lama kamu akan berada di kampung. Jangan bawa baju berlebihan agar kamu tidak kerepotan dengan barang bawaanmu.

Sertifikat Vaksin/Bukti Tes PCR atau Antigen

Pemerintah sudah memperbolehkan masyarakat untuk mudik, tapi tetap ada persyaratan yang harus dipenuhi. Para pemudik harus sudah mendapatkan vaksin booster atau minimal vaksin dosis 1 dan 2. Untuk yang baru melakukan vaksin dosis 1 dan 2, ada persyaratan tambahan, yaitu tes antigen atau PCR. Ini adalah persyaratan untuk pemudik yang pulang dengan menggunakan kendaraan umum dan pribadi. Jadi sertifikat vaksin serta bukti tes PCR atau Antigen adalah starter pack mudik yang wajib kamu bawa.

Tiket

Starter pack mudik selanjutnya adalah tiket. Jika kamu mudik dengan menggunakan kendaraan umum, pastikan jangan lupa membawa tiketmu. Cek apakah tiket sudah kamu bawa dan perhatikan juga tanggal dan jam keberangkatan yang tertera di tiket. Jangan sampai kamu terlambat karena lupa waktu keberangkatanmu. Selain itu, cek juga nomor kursi. Jangan sampai kamu menduduki kursi orang lain. 

Surat-Surat Kendaraan

Apabila kamu memutuskan untuk mudik menggunakan kendaraan pribadi, jangan sampai lupa untuk membawa SIM dan STNK. Cek kembali perlengkapan surat-surat sebelum kamu pulang kampung. Dengan membawa surat-surat kendaraan, kamu tak akan khawatir jika ada pemeriksaan dari aparat ketika dalam perjalanan. Jadi, starter pack mudik yang satu ini wajib dan penting kamu bawa, ya.

Dompet

Dompet adalah starter pack mudik 2022 lainnya yang tak boleh kamu lewatkan. Karena sekarang orang sudah bisa bertransaksi dengan e-wallet, apakah masih penting membawa dompet? Perlu diingat, terkadang terjadi hal-hal yang tak bisa diprediksi. Misalnya saja, di daerahmu tidak ada supermarket atau minimarket yang menerima pembayaran menggunakan e-wallet. Atau jika smartphone-mu kehabisan baterai, uang cash akan sangat menolong. Selain itu, dompet juga berguna untuk membawa kartu identitas, surat-surat kendaraan, dan lain-lain.

Masker

Meskipun pemerintah sudah memperbolehkan mudik, bukan berarti kamu bisa bebas pulang tanpa mengikuti protokol kesehatan. Menurut Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 No. 16 Thn. 2022 yang berisi tentang ketentuan perjalanan dalam negeri di saat pandemi, ketika mudik kamu tetap harus menggunakan masker. Masker yang disarankan adalah masker medis atau masker kain tiga lapis. Pastikan masker menutup hidung, mulut serta dagu. Selain itu, ganti masker setiap 4 jam. Masker jadi starter pack mudik 2022 yang sangat penting untuk kamu bawa agar terhindar dari infeksi virus Covid-19.

Hand Sanitizer/Sabun 

Sekarang ini banyak dijual hand sanitizer ataupun sabun dalam bentuk yang mudah untuk dibawa. Starter pack mudik yang satu ini juga tak boleh kamu lupakan. Jika sulit menemukan tempat untuk cuci tangan, kamu bisa gunakan hand sanitizer. Namun jika ada tempat cuci tangan, akan lebih baik kamu mencuci tangan dengan air dan sabun. 

Obat-Obatan dan Vitamin

Untuk menjaga daya tahun tubuh selama perjalanan jauh, kamu bisa mengonsumsi vitamin. Jika kamu memiliki riwayat penyakit tertentu, jangan lupakan obat-obatan yang harus kamu konsumsi. Sediakan juga obat-obatan untuk penyakit yang biasa dialami saat dalam perjalanan, misalnya pusing dan mual. 

Bantal

Hmm…mungkin kamu bertanya, starter pack mudik yang satu ini apa perlu dibawa? Jika kamu melakukan perjalanan jauh, bantal ini akan sangat membantu. Kamu akan bisa beristirahat dengan lebih nyaman. Sekarang ini banyak tersedia bantal yang tidak merepotkan untuk dibawa. Pilihlah bantal traveling yang mudah dibawa dan nyaman digunakan.

Botol Minuman

Untuk kamu yang mudik dengan kendaraan umum dan waktu perjalanannya kurang dari 2 jam, dilarang untuk makan dan minum. Namun jika harus mengonsumsi obat, kamu diperbolehkan minum. Bagi yang perjalanan mudiknya lama, tentunya perlu makan dan minum. Penting untuk membawa botol air sendiri agar terhindar dari infeksi virus. Starter pack yang satu ini jangan kamu lupakan juga, ya.

Jas Hujan

Sekarang ini motor menjadi salah satu kendaraan yang banyak digunakan untuk mudik. Nah, kalau kamu mudik menggunakan motor, jangan lupa starter pack mudik yang satu ini, jas hujan. Karena saat ini masih sering terjadi hujan, untuk mengantisipasi jika terjadi hujan saat mudik, pastikan tidak lupa membawa jas hujan.

Powerbank

Jika kamu menempuh perjalanan jauh dan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum seperti bus, sepertinya penting untuk membawa powerbank. Ini untuk mengantisipasi jika telepon selularmu kehabisan baterai di perjalanan. Bagi kamu yang mudik dengan kereta api, sepertinya sudah sedikit dimudahkan untuk melakukan charging Hp. Namun terkadang, kamu harus bergantian dengan orang lain. Nah, supaya tetap bisa terhubung dengan keluarga saat mudik atau menikmati hiburan, pastikan untuk membawa starter pack yang satu ini.

Toolkit

Bawa kendaraan sendiri saat pulang kampung? Pastikan starter pack yang satu ini tidak kamu lupakan. Bawalah beberapa perkakas yang akan berguna saat kendaraanmu mengalami masalah. Perkakas tersebut di antaranya, gunting, pisau lipat, tang, kunci L, kunci inggris, obeng, selotip, kabel, cable ties, lakban, sampai senter.

Itulah daftar perlengkapan yang tak boleh kamu lupakan saat akan mudik nanti. Starter pack mudik 2022 ini akan membantu kenyamananmu saat pulkam. Oh iya, sebelum mudik, yuk melakukan amal baik terlebih dahulu. Kamu bisa bantu para pasien yang membutuhkan bantuan biaya pengobatan. Caranya mudah sekali, yaitu dengan mengunduh aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Alami Jantung Bocor, Arvin Terancam Gagal Tumbuh

Referensi

Aturan Mudik Lebaran 2022: Wajib Pakai Masker 3 Lapis. (2022). Diambil kembali dari cnnindonesia.com.

Dawami, F. (2022). Mau Mudik Lebaran? Catat Apa Saja yang Harus dibawa. Diambil kembali dari blog.bookingtogo.com.

Mudik Starter Pack. (2019). Diambil kembali dari infomudik.blitarkab.go.id.

Newswire. (2022). Mudik Naik Mobil? Ini Perlengkapan Yang Wajib Ada di Kendaraan Anda. Diambil kembali dari solopos.com.

Rahadian, F. (2019). Dari Headset hingga Bantal, Ini Starter Pack Mudik ala Milenial. Diambil kembali dari kumparan.com.

Rengganis, A. O. (2022). 13 Perlengkapan yang Wajib Dibawa saat Pergi Mudik 2022 Naik Motor. Diambil kembali dari nasional.okezone.com.Starter Pack Ini Wajib Dibawa Saat Bepergian Di Era New Normal. (2020). Diambil kembali dari patinews.com.