Santunan Anak Yatim, Keutamaan, Pahala, Doa dan Caranya

Santunan Anak Yatim, Keutamaan, Pahala, Doa dan Caranya

Bagi yang pernah berbagi santunan anak yatim, pasti sudah hafal betapa besarnya keutamaan dan pahala yang dijanjikan, dengan doa dan cara yang cukup mudah sesuai nasihat Nabi Muhammad SAW, para penyayang ini akan mendapatkan kebaikan yang berlipat.

Islam merupakan agama yang penuh rahmat dan kasih sayang. Islam juga mengajarkan cara berbagi yang indah, salah satunya kepada golongan yang membutuhkan seperti anak yatim

anak yatim

Anak yatim merupakan anak yang ayahnya meninggal ketika dia belum dewasa. Anak ini merupakan golongan yang harus dikasihi dan diperhatikan. Hal ini tertuang dalam firman Allah SWT di dalam QS. An-Nisa ayat 8, “Dan apabila sewaktu pembagian itu hadir kerabat, anak yatim, dan orang miskin, maka berilah mereka dari harta itu dan ucapkanlah perkataan yang baik”.

Klik Untuk Donasi -


Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.0
  2. Pencapaian nan%
  3. Donatur 0

Berikut hadits yang menguatkan dasar hukum bahwa kita harus menyayangi mereka, “Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) seperti ini” sabda Rasululah sambil menunjukkan jari tengah dan jari telunjuk serta agak merenggangkannya sebagai isyarat kedudukan yang dimaksudkan (HR.Bukhari) (BSMU, 2020).

Daftar isi:

  1. 1. Kriteria Anak Yatim yang Berhak Mendapat Santunan
  2. 2. Keutamaan Memberikan Santunan Anak Yatim
  3. 3. Doa Santunan Anak Yatim

Kriteria Anak Yatim yang Berhak Mendapat Santunan

Kriteria yang berhak menerima santunan antara lain:

  1. Kondisi Keluarganya Kekurangan

Dalam memberikan santunan, sebaiknya pilih yang keluarganya tergolong keluarga kurang mampu. Hal ini agar santunan yang kita berikan dapat bermanfaat menolong kehidupannya. 

  1. Belum Balig

Seseorang dikatakan anak yatim ketika dia belum mencapai balig atau dewasa. Namun meski demikian ada pendapat ulama yang menyatakan tidak apa-apa memberikan santunan yatim yang sudah balig meskipun diutamakan yatim yang belum balig terlebih dulu (Ayu, 2020).

Santunan Apa Saja yang Bisa diberikan?

Apa saja yang bisa meringankan kehidupan mereka itu termasuk santunan kebaikan bagi mereka, akan sangat berarti merkipun hanya seberapa. Kita bisa berbagi uang sedekah, makanan, pakaian, kebutuhan sehari-hari, bantuan pendidikan dan yang lainnya selama kita mampu membantu mereka.

Keutamaan Memberikan Santunan Anak Yatim

Memberikan santunan tidak hanya dapat memberikan kebahagiaan bagi mereka dan keluarganya, namun kita juga mendapatkan beberapa keutamaan yaitu:

  1. Dekat dengan Rasululah

Orang yang gemar melakukan santunan ini akan mendapat kedudukan yang mulia di hadapan rasul dan Allah SWT. Bahkan dalam hadis Bukhari disebutkan Rasululah bersabda bahwa kedudukan orang yang gemar menyantuni yatim di surga akan sedekat jari telunjuk dan jari tengah dengan beliau. 

  1. Dapat Melunakkan Hati

Menurut hadits tentang santunan ini ada di HR. Al-Baniy disebutkan, “Sukakah kamu jika hatimu lunak dan kebutuhanmu terpenuhi? Kasihanilah anak yatim, usaplah mukanya, dan berilah makan dari makananmu, niscaya hatimu akan lunak dan kebutuhanmu akan terpenuhi”.

Memberi santunan ini dapat melembutkan hati dan menjauhkan diri dari kekerasan hati. Selain itu saat berbagi dengan mereka juga timbul rasa bahagia dan syukur kepada Allah SWT.

Mari Bahagiakan Jutaan Saudara Sebangsa di Hari Raya Nanti!

  1. Kebutuhan Hidup Terpenuhi

Allah menjamin orang yang gemar melakukan santunan ini dengan imbalan surga, selain itu juga Allah akan memenuhi kebutuhan hidupnya. Diriwayatkan dalam HR. Al-Baniy “Barang siapa mengikutsertakan seorang anak yatim diantara kedua orang tuanya yang muslim, dalam makan dan minumnya, sehingga mencukupinya makai a pasti masuk surga”. 

Allah menjanjikan pahala yang berlipat ganda bagi orang yang melakukan santunan ini, sebaliknya Allah akan memberikan azab yang pedih bagi orang yang memakan harta anak yatim.

Doa Santunan Anak Yatim

Bagi Anda yang ingin melakukan santunan, dianjurkan untuk mengusap kepala anak yatim dan membaca doa berikut ini: Barakallahu Fika (Semoga Allah memberikan keberkahan bagimu) (Hadiyan, 2020).

Doa santunan anak yatim tersebut juga boleh dilakukan ketika mengusap kepala  anak kecil yang bukan anak yatim. Doa tersebut bertujuan agar anak yang kepalanya diusap mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Demikian ulasan tentang kebaikan terhadap yatim, sebuah cara indah berbagi di dalam Islam. Kita juga bisa memberikan santunan kepada anak yatim atau orang-orang yang membutuhkan melalui WeCare.id, di playstore juga sudah tersedia aplikasinya. Kini, berbagi menjadi lebih mudah dan praktis. Selamat berbagi.

Klik Untuk Donasi - Almeera Gagal Operasi Jantung Bocor Akibat Kekurangan Gizi
Jantung Bocor
Almeera Azzhra Alfathunnisa
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.4,158,078
  2. Pencapaian 47.58%
  3. Donatur 41

Daftar Pustaka:

Ayu, SM.(2020). Kriteria Yatim yang Berhak Menerima Santunan. https://ydsf.org/berita/kriteria-yatim-yang-berhak-menerima-santunan-ydsf-dEQC.html

BSMU. (2020). Keutamaan Memuliakan Anak Yatim. https://bsmu.or.id/content/keutamaan-membahagiakan-anak-yatim-piatu

Hadiyan, R. (2020). https://aqiqahbandung.id/tag/bacaan-doa-santunan-anak-yatim/