Cara Menjaga Berat Badan Sehat dengan Mudah dan Alami

Cara Menjaga Berat Badan Sehat dengan Mudah dan Alami

Berat badan dapat menunjukkan pola makan, gaya hidup, dan pola gizi kita. Untuk menjaga berat badan tidak kelebihan atau kekurangan, banyak orang yang menyempatkan waktu berolahraga. Alasannya, olahraga bermanfaat membakar kalori yang tersimpan dalam tubuh. Namun, apakah ada cara menjaga berat badan tanpa olahraga? Apalagi, tidak semua orang mampu menyempatkan waktu berolahraga di tengah kesibukannya. 

Hal yang perlu kamu tahu, olahraga merupakan aktivitas penting untuk menjaga kesehatan. Bahkan, olahraga mempunyai peran penting kalau kamu ingin mencoba cara menurunkan berat badan, cepat, alami, dalam 1 minggu. Meski begitu, kamu bisa tetap bisa menjaga berat badan sehat meski sempat berolahraga secara rutin. Cara ini bakal sangat efektif bagi kamu yang sulit menyempatkan waktu olahraga di tengah kesibukan bekerja atau hal lainnya. 

Klik Untuk Donasi - Bebaskan Anak Asmat dari Gizi Buruk bersama Food For Share!
  1. Terdanai Rp.12,288,650
  2. Pencapaian 11.70%
  3. Donatur 221

Cara Menjaga Berat Badan tanpa Olahraga

Ada 6 hal yang dapat kamu lakukan kalau ingin mencoba cara menjaga berat badan tetap sehat dengan alami, yaitu: 

1. Atur Konsumsi Kalori

Kalori memang penting bagi tubuh, berguna selayaknya bahan bakar agar setiap organ mampu bekerja secara normal. Namun, kamu juga perlu menjaga agar konsumsi kalori harian tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit. Konsumsi kalori berlebihan/kekurangan tak hanya berpengaruh pada berat badan, tetapi juga meningkatkan risiko stroke, gizi buruk, kanker, dan penyakit jantung. 

Oleh karena itu, cara menjaga berat badan agar tetap sehat dengan cepat dan alami dalam 1 minggu adalah menjaga kadar konsumsi kalori tubuh. Kebutuhan kalori rata-rata pria dewasa adalah sekitar 2.500 kalori. Sementara itu, perempuan dewasa memerlukan sebanyak 2.000 kalori per hari. Namun, kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda, dipengaruhi berat badan, usia, dan tinggi. 

2. Kontrol Asupan Karbohidrat

Seperti halnya kalori, kamu juga perlu mengontrol pola konsumsi karbohidrat. Makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi di antaranya adalah roti, nasi, serta pasta. Kamu bisa mengganti atau menyelang menu karbohidrat dengan makanan lainnya seperti bayam dan pakcoy yang dikenal sebagai sayuran rendah karbohidrat. Sebagai pilihan lain, kamu dapat membiasakan konsumsi makanan sumber protein seperti ikan, daging tanpa lemak, atau telur. 

Klik Untuk Donasi - Mengalami Gizi Buruk, Echi Butuh Bantuanmu Segera!
Gizi Buruk Marasmus, Cerebral Palsy...
Echi Lexca Herizona
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.16,742,000
  2. Pencapaian 69.33%
  3. Donatur 122

3. Jangan Makan Makanan Cepat Saji

Makanan siap saji memang sangat menggugah selera, apalagi kalau kamu menikmatinya dalam kondisi hangat. Namun, kalau kamu ingin punya tubuh dan berat badan yang sehat, hindari kebiasaan makan makanan cepat saji. Alasan utamanya adalah karena menu siap saji merupakan makanan yang punya kadar kalori tinggi dan tak jarang makanan cepat saji mengandung MSG yang dapat memengaruhi kesehatan tubuh kita. 

4. Perbanyak Jalan Kaki

Olahraga menjadi aktivitas penting sebagai upaya membakar kalori dalam tubuh. Jika kamu ingin menjaga berat badan sehat namun tak punya banyak waktu untuk berolahraga, kamu bisa mengakalinya dengan memperbanyak aktivitas jalan kaki. 

5. Coba Berpuasa

Kamu boleh coba mengontrol asupan makan, tapi ingat, jangan sampai kamu melakukan diet ekstrem hanya untuk menurunkan berat badan. Itu tidak sehat. Kamu dapat mencoba cara menurunkan badan saat puasa. Puasa menjadi cara yang efektif untuk menjaga pola makan tetap sehat dan terjaga. Lewat berpuasa, kamu bisa dengan mudah menjaga agar konsumsi kalori tidak terlalu banyak. 

6. Jaga Pola Tidur

Cara menjaga berat badan sehat yang terakhir adalah memperhatikan pola istirahat. Ingat, tubuh kamu perlu waktu istirahat yang cukup. Hal yang perlu kamu ketahui, tidur dapat meningkatkan efektivitas tubuh dalam membakar lemak. 

Nah, itulah 6 tips yang bisa kamu manfaatkan kalau ingin mencoba cara menjaga berat badan sehat dengan cepat, alami, dalam 1 minggu. Hanya saja, kamu juga perlu hati-hati untuk menjaga agar penurunan badan tidak terlalu cepat karena bisa mengacaukan metabolisme tubuh. Idealnya, penurunan berat badan per minggu adalah sekitar 0,5 – 1 kg. Dengan begitu, kamu bisa menjaga berat badan secara sehat. 

Untuk bisa menjaga berat badan sehat, memang kamu bisa menjaga asupan gizi, tapi bagaimanapun juga, cara yang efektif adalah jika disertai dengan olahraga. Sambil menjaga tubuh kamu supaya sehat, jangan lupa juga untuk meluangkan waktu dengan membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit. Cukup download aplikasi WeCare.id untuk donasi mudah dan praktis kapan saja.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

download_app

Referensi: 

Alodokter. Cara Ideal Menurunkan Berat Badan.

Alodokter. Cara Menurunkan Berat Badan 1 Minggu Secara Alami.