Pentingnya Gizi 4 Sehat 5 Sempurna untuk Tumbuh-Kembang Anak

Pentingnya Gizi 4 Sehat 5 Sempurna untuk Tumbuh-Kembang Anak

Gizi buruk pada anak masih menjadi PR besar bagi Indonesia. Kampanye makan 4 sehat 5 sempurna yang digaungkan oleh pemerintah sejak tahun 1950-an untuk memenuhi nutrisi masyarakat nyatanya masih belum dapat terpenuhi secara merata.

Hubungan 4 Sehat 5 Sempurna dengan Gizi Buruk dan Dampaknya

Angka gizi buruk pada anak di Indonesia masih terbilang tinggi. Unicef bahkan mencatat bahwa Indonesia menjadi salah satu negara dengan beban stunting dan wasting pada anak yang tertinggi di dunia. 

Pemenuhan makanan 4 sehat 5 sempurna sejak ini merupakan salah satu cara mendasar untuk mengatasi masalah gizi buruk pada anak. Namun memangnya, risiko apa yang akan terjadi jika gizi buruk terjadi pada anak?

Stunting

Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak berusia kurang dari dua tahun akibat masalah gizi kronis. Ciri utama anak mengalami stunting adalah tubuhnya yang lebih pendek dibandingkan anak-anak seusianya dengan jenis kelamin yang sama. 

Anak yang mengalami stunting juga kerap berperawakan kurus dan memiliki sistem imun rendah. Selain itu, beberapa gangguan perkembangan seperti gangguan berbicara, kesulitan dalam belajar, dan penurunan tingkat kecerdasan. 

Wasting

Wasting adalah kondisi kekurangan gizi pada anak yang ditandai dengan berat badan di bawah ideal. Kekurangan gizi tersebut akan menyebabkan si kecil mengalami penurunan berat badan secara drastis. 

Balita merupakan kelompok usia yang paling rentan mengalami wasting. Apabila kondisi tersebut dibiarkan, maka risiko anak terserang penyakit jadi makin besar. Tak cuma itu, kemampuan intelektual si kecil di masa pertumbuhan juga akan terpengaruh.

Selain dua risiko paling umum di atas, gizi buruk pada anak juga dapat menyebabkan terhambatnya pertumbuhan otak, terlambatnya perkembangan motorik, rentan terkena berbagai penyakit, hingga terganggunya kondisi mental anak. 

Klik Untuk Donasi - Bebaskan Anak Asmat dari Gizi Buruk bersama Food For Share!
  1. Terdanai Rp.12,287,650
  2. Pencapaian 11.70%
  3. Donatur 220

Bagaimana Pedoman 4 Sehat 5 Sempurna?

Pada dasarnya menu 4 sehat 5 sempurna adalah menu yang memenuhi lima nutrisi penting bagi tubuh: karbohidrat, lemak, protein, mineral, dan multivitamin. Sumber untuk masing-masing nutrisi tersebut pun sangat beragam dan dapat disesuaikan dengan ketersediaan bahan yang ada di sekitar.

Makanan Pokok

Makanan pokok merupakan makanan yang sarat akan kandungan karbohidrat. Beberapa contoh yang paling umum adalah nasi, jagung, kentang, singkong, sagu, dan gandum

Lauk Pauk

Lauk pauk memiliki kandungan tinggi akan nutrisi lemak dan protein yang diperlukan tubuh sebagai zat pembangun. Contoh makanan 4 sehat 5 sempurna untuk lauk hewani yang lazim antara lain daging ayam, telur, ikan laut, dan daging sapi. Sementara itu, lauk nabati yang mudah diperoleh antara lain tahu, tempe, dan jamur.

Sayur dan Buah

Dua bahan makanan ini mempunyai banyak kandungan mineral dan vitamin untuk membantu menjaga daya tahan tubuh. Beberapa jenis sayur dan buah yang relatif gampang ditemukan antara lain tomat, pepaya, wortel, semangka, bayam, sawi, kangkung, dan pisang.

Susu

Susu merupakan pelengkap yang mempunyai kandungan lemak, protein, dan mineral. Kehadiran susu tidaklah wajib—apalagi mengingat harganya yang relatif mahal—tetapi akan lebih baik jika dapat dipenuhi. Adapun beberapa pilihan selain susu sapi adalah susu kedelai, susu almond, dan susu kambing.

Klik Untuk Donasi - Tingkatkan Gizi dan Imunisasi Anak Panti Asuhan di Ende dan Sumba
  1. Terdanai Rp.8,308,497
  2. Pencapaian 14.45%
  3. Donatur 86

Contoh Menu 4 Sehat 5 Sempurna

Menghadirkan konsep makanan dengan gizi seimbang tidak harus selalu mewah. Berikut adalah beberapa contoh makanan 4 sehat 5 sempurna yang sederhana, mudah, dan murah untuk dibuat sehari-hari:

  • Nasi putih + tumis labu siam + telur dadar + pepaya
  • Nasi jagung + tempe goreng + sayur bayam + ikan teri + pisang + susu sapi
  • Nasi putih + sayur oyong + ikan tongkol + salad buah

Sayangnya, tidak semua masyarakat dapat memenuhi kebutuhan 4 sehat 5 sempurna bahkan untuk menu sederhana seperti contoh di atas seperti yang terjadi di Asmat. Karena itu, WeCare.id mengajakmu membantu anak-anak Indonesia di Asmat khususnya melalui program food for share agar mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan gizi yang cukup demi kualitas hidup yang lebih layak.

Referensi:

Lidia (2020). Pentingnya Gizi 4 Sehat 5 Sempurna Bagi Anak. (jovee.id)

Litha (2020). UNICEF Indonesia: Pandemi Diprediksi Tingkatkan Jumlah Kasus Stunting. voaindonesia.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *