Ini Lho Perbedaan Antara Tumor Ganas dan Kanker!

Ini Lho Perbedaan Antara Tumor Ganas dan Kanker!

Banyak orang beranggapan karena tumor adalah kanker. Namun, sebenarnya tidaklah demikian. Walaupun tumor bisa bersifat kanker, tidak semua jenis tumor bisa berubah jadi kanker.  Hanya tumor ganas saja yang bisa berubah menjadi kanker, maka jenis tumor tersebut sama dengan kanker. 

Demikian juga dengan kanker, tidak semua kanker berbentuk benjolan. Misalnya saja kanker darah atau leukimia, mieloma atau beberapa jenis limfoma, ketiga kanker ini tidak berbentuk benjolan seperti tumor. Untuk lebih jelasnya, yuk, ikuti bahasan di bawah ini.

Mengenal Tumor dan Kanker

Dalam bahasa Latin, tumor artinya “pembengkakan”. Tumor merupakan kumpulan sel atau jaringan yang tidak normal di dalam tubuh. Terkadang tumor juga disebut dengan istilah “benjolan” atau “massa”, “lesi”, atau “neoplasma”. Sebuah tumor berkembang ketika sel-sel membelah lebih cepat dari biasanya ataupun gagal mati ketika seharusnya mati. Ada dua jenis tumor, tumor ganas dan jinak. 

Lalu Apa Itu Tumor Ganas?

Umumnya tumor ganas disebut sebagai kanker. Jenis tumor ini bisa menyerang jaringan di sekitarnya dalam tubuh. Ketika kumpulan sel ini tumbuh, beberapa sel dapat berpindah ke tempat lain dalam tubuh untuk membentuk tumor lain, yang juga disebut sebagai metastasis.

Tumor-tumor agresif ini mengakibatkan risiko kesehatan yang signifikan, mengganggu fungsi jaringan normal, dan bisa mengakibatkan gejala yang mengganggu. Terjadinya tumor ini bisa karena mutasi genetik atau faktor lingkungan. 

Jenis tumor ganas menghindari sistem kekebalan tubuh, membelah dan tumbuh secara tidak terkendali, dan mengganggu jaringan sekitarnya, menyebabkan tanda-tanda kanker. Terdapat lebih dari 100 tipe kanker yang umumnya dinamai berdasarkan organ atau jaringan tempat kanker tersebut muncul, seperti kanker payudara, kanker usus, kanker paru-paru, atau kanker kulit. 

Selain itu, bisa juga dinamai berdasarkan jenis sel yang menjadi ganas. Contohnya adenokarsinoma terbentuk di sel yang membentuk kelenjar. Sementara itu, sarkoma terbentuk di tulang, kartilago, lemak, otot, pembuluh darah, atau jaringan ikat atau pendukung lainnya.

Berbeda dari tumor ganas, tumor jinak tidak bersifat kanker dan tidak menyerang jaringan normal atau menyebar ke bagian tubuh yang lain. 

Kemudian Apa Itu Kanker?

Pada dasarnya, kanker merupakan penyakit gen dalam sel-sel tubuh. Gen mengontrol cara kerja sel-sel tubuh. Tetapi, perubahan pada gen-gen ini bisa mengakibatkan sel-sel bermasalah. Perubahan tersebut menyebabkan sel-sel tersebut tumbuh dan membelah saat seharusnya tidak tumbuh atau mencegah sel-sel itu mati saat seharusnya mati. Sel-sel abnormal ini bisa jadi kanker.

Kanker adalah penyakit ganas yang dapat menyebar ke berbagai bagian tubuh dan menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan. Walaupun semua kanker adalah tumor, tidak semua tumor bersifat kanker. Ada juga tumor jinak yang menimbulkan risiko kesehatan yang kecil.

Klik Untuk Donasi - Tak Bisa Bernapas Normal akibat Terhambat Tumor, Shaka Butuh Biaya ungut Berobat!
Bantu Arshaka Lawan Tumor Paru!
Muhammad Arshaka Ransi Syafwan
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.11,422,000
  2. Pencapaian 39.56%
  3. Donatur 78

Perbedaan Antara Tumor Ganas dan Kanker

Orang-orang sering menggunakan istilah tumor dan kanker secara bergantian. Namun keduanya memiliki makna yang berbeda dalam terminologi medis. Penting untuk mengetahui perbedaan di antara tumor dan kanker. Di bawah ini adalah aspek penting antara tumor dan kanker:

  • Kanker adalah penyakit sementara tumor kemungkinan bisa jadi penyakit

Kanker merupakan penyakit ganas yang dapat menyebar ke berbagai bagian tubuh dan menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan. Di sisi lain, tumor merujuk pada pertumbuhan tidak normal, yang bisa berupa tumor jinak atau tumor ganas. Walaupun semua kanker adalah tumor, tumor tidak akan berubah jadi kanker.

  • Kanker terdiri dari sel-sel ganas, sedangkan tumor tidak selalu berupa sel ganas

Kanker terdiri dari sel-sel ganas yang berkembang tanpa kendali, membentuk tumor yang menyerang yang mampu menyebar. Sebaliknya, tumor bisa berupa tumor ganas atau jinak; tumor jinak tidak bisa menyebar.

  • Kanker bisa mematikan, tumor tidak selalu mematikan

Kanker, dengan kemampuannya untuk menyebar ke organ-organ terdekat dan terjauh, bisa mengancam jiwa. Kerap kali kanker menyebabkan komplikasi kesehatan yang parah, termasuk kematian, jika tidak diobati. Sebaliknya, tumor jinak bisa mengakibatkan komplikasi kesehatan yang mungkin tidak selalu menyebabkan kematian.

Pengobatan untuk Tumor vs Kanker

Pengobatan untuk tumor dan kanker berbeda-beda, bergantung pada jenis, ukuran, lokasi kumpulan sel, dan tingkat keparahannya. Biasanya tumor jinak diangkat melalui operasi.

Sementara itu, tumor ganas yang berubah menjadi kanker pengobatannya bisa lebih agresif, termasuk operasi, kemoterapi, radioterapi, imunoterapi, atau terapi tertarget. Pengobatan disesuaikan dengan jenis kanker, tahap, dan faktor pasien.

Dalam beberapa kasus tumor ganas, kemungkinan operasi tetap dikombinasikan dengan pengobatan lain untuk memastikan bahwa semua sel kanker hancur.

Tujuan dari pengobatan kanker adalah untuk menghilangkan sel kanker, mencegah kambuh, dan memperpanjang kelangsungan hidup. Pendekatan berbagai disiplin ilmu pengetahuan diterapkan untuk mengoptimalkan hasil pengobatan. Selain itu dilakukan juga pemantauan yang rutin untuk mendeteksi apakah tumor ganas kambuh lagi atau kanker menjadi berkembang.

Miliki Benjolan Tumor di Dadanya, Adik Khayla Mengharapkan Pertolonganmu!

Mahalnya Pengobatan Kanker

Tumor ganas yang menjadi kanker adalah penyakit yang sangat menguras biaya. Pasien tidak hanya harus menanggung biaya pengobatan tetapi juga biaya terapi pasca-pengobatan. Biaya pengobatan tersebut pun cukup tinggi, sehingga kebanyakan masyarakat tidak akan mampu membayar sendiri. Untuk itu kita perlu membantu para pasien yang membutuhkan bantuan biaya pengobatan.

Mari bantu para pasien dengan berdonasi lewat WeCare.id. Caranya bisa melalui situs web WeCare.id ataupun aplikasi WeCare.id. Untuk aplikasi bisa diunduh di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

Apte, C. (2023). The Difference Between Tumor and Cancer. Diambil kembali dari doctorpedia.com.

Difference Between Tumor and Cancer. (2023). Diambil kembali dari galaxycare.org.

Pengobatan Kanker di Indonesia Mahal, Ini Perbaikan yang Harus Dilakukan. (2019). Diambil kembali dari literasikanker.perpusnas.go.id.

Tumor Or Cancer: Know The Difference. (2022). Diambil kembali dari manipalhospitals.com.

Tumor vs Cancer: What You Need to Know. (2018). Diambil kembali dari blog.dana-farber.org.

Understanding Cancer. (2016). Diambil kembali dari cancer.gov.

What Is Cancer? (2016). Diambil kembali dari cancer.gov.What is the Difference between a Tumor and Cancer? (2024). Diambil kembali dari hcgoncology.com.

Sumber Featured Image : Tima Miroshnichenko: https://www.pexels.com/photo/brain-image-on-digital-tablet-6010927/