Bayi Denny Caknan Lahir di Usia Kandungan 8 Bulan, Ini Penyebab Bayi Lahir Prematur dan Cara Penanganannya

Bayi Denny Caknan Lahir di Usia Kandungan 8 Bulan, Ini Penyebab Bayi Lahir Prematur dan Cara Penanganannya

Denny Caknan mengumumkan kelahiran anak pertamanya dengan Bella Bonita pada hari Senin (5/2/2024) di RS Husada Utama Surabaya. Kelahiran anak pertamanya ini lebih cepat dari perkiraan dokter atau prematur, yaitu pada usia 8 bulan. Saat ini kondisi bayi Denny Caknan sudah stabil, namun masih harus mendapatkan perawatan intensif di Neonatal Intensive Care Unit (NICU) RS Husada Utama Suarabaya. 

Lalu, apa aja sih penyebab bayi lahir prematur dan bagaimana cara penanganannya?

Lahir Prematur dan BB sangat Rendah, Bayi Saepul Butuh Pertolonganmu!

Pengertian Bayi Prematur

Kelahiran prematur merupakan kelahiran yang terjadi sebelum Hari Perkiraan Lahir (HPL) bayi. Artinya, kelahiran prematur adalah kelahiran yang terjadi sebelum awal minggu ke-37 usia kehamilan. Bayi yang lahir sangat dini sangat rentan memiliki masalah medis atau komplikasi. Semakin dini bayi lahir, maka semakin tinggi juga risiko komplikasinya. Berikut ini beberapa tingkatan seberapa dini kelahiran bayi:

  1. Late preterm merupakan bayi yang lahir antara 34 hingga 36 minggu kehamilan lengkap.
  2. Moderately preterm merupakan bayi lahir antara 32 hingga 34 minggu kehamilan.
  3. Very preterm merupakan bayi lahir kurang dari 32 minggu kehamilan.
  4. Extremely preterm merupakan bayi pada atau sebelum usia 24 minggu kehamilan.

Penyebab Bayi Lahir Prematur

Penyebab kelahiran prematur terkadang sulit untuk diprediksi dan terkadang tanpa diketahui penyebabnya. Namun, ada beberapa faktor risiko penyebab kelahiran prematur yang bisa kamu waspadai.

  1. Adanya infeksi pada alat kelamin maupun saluran kemih ibu hamil. Meski terjadi di luar rahim, infeksi ini masih bisa mengancam nyawa bayi. Infeksi yang bisa menyebabkan bayi lahir prematur, yaitu infeksi Rubella, toksoplasmosis, herpes, infeksi bakteri vagina, infeksi saluran kemih dan lainnya.
  2. Ibu hamil yang menderita penyakit kronis, seperti diabetes, penyakit jantung, gangguan ginjal, dan hipertensi
  3. Gaya hidup yang tidak sehat juga memicu terjadinya prematur, seperti  merokok, konsumsi minuman beralkohol dan obat-obatan terlarang
  4. Penyebab lain, seperti  hamil kembar, hamil melalui program bayi tabung dan lainnya

Gejala Kelahiran Prematur

Walaupun kelahiran prematur terkadang tidak diprediksi, ibu perlu mengenali gejala kelahiran dini sedari awal agar lebih waspada.

  1. Kontraksi yang ditandai dengan perut terasa kencang. Gejala ini dapat terjadi setiap 10 menit atau lebih sering.
  2. Perubahan keputihan yang ditandai dengan peningkatan yang signifikan pada jumlah keputihan atau bocor. Selain itu, muncul pendarahan dari vagina.
  3. Panggul terasa tertekan atau muncul perasaan bahwa bayi dalam kandungan menekan kebawah
  4. Sakit pada punggung bagian bawah
  5. Kram perut dengan atau tanpa diare

Perawatan dan Penanganan Bayi Lahir Prematur

Bayi yang lahir dengan prematur tentunya membutuhkan perawatan dan penanganan yang lebih serius. Berikut ini cara perawatan dan penanganan bayi prematur. 

  1. Bayi prematur biasanya akan langsung mendapatkan perawatan intensif di ruangan NICU dengan bantuan alat-alat yang menunjang kehidupan bayi, seperti bantuan pernapasan, pemberian nutrisi melalui infus, dan perawatan untuk kondisi medis lain yang mungkin dimiliki bayi. 
  2. Kemudian, jika bayi sudah pulang ke rumah, orang tua harus memastikan bayi mendapatkan nutrisi yang cukup hingga perawatan medis yang tepat. Selain itu, orang tua juga harus memantau setiap perkembangan bayi dan rutin kontrol ke dokter

Itu tadi beberapa info penting terkait kelahiran prematur. Pastikan kamu rutin menjalani pemeriksaan kandungan. Dengan begitu dokter kandungan bisa mengetahui lebih dini potensi masalah kehamilan. Hal ini untuk mencegah kemungkinan bayi mengalami risiko komplikasi seperti jantung bocor dan penyakit lainnya.

Klik Untuk Donasi - Terlahir Prematur, Selpi Mengidap Hidrosefalus dan Gizi Buruk!
Hidrosefalus, Gizi Buruk
Selpi Anggraeni
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.1,000,000
  2. Pencapaian 4.33%
  3. Donatur 10

Jumlah bayi dengan komplikasi penyakit jantung bocor sangat banyak jumlahnya di Indonesia. Hal ini tentu saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan waktu pengobatan yang jangka panjang. Oleh karena itu, mari bersama kita bantu pasien-pasien yang membutuhkan bantuan untuk melanjutkan pengobatan dengan berdonasi melalui WeCare.id. Bantuan terbaik kamu bisa diberikan melalui website WeCare.id atau dengan aplikasi yang bisa kamu unduh melalui App Store dan Google Play.

Sumber Featured Image : fancycrave1 dari Pixabay