Kaya Protein, Ini Manfaat Ikan Shisamo yang Viral

Kaya Protein, Ini Manfaat Ikan Shisamo yang Viral

Ikan Shisamo khas negeri Sakura mendadak viral setelah Cipung, anak Nagita Slavina, mengonsumsi ikan ini. Diketahui ikan yang disebut juga sebagai ikan daun willow ini ternyata memiliki kandungan nutrisi yang baik. Salah satunya adalah kaya akan protein.

Klik Untuk Donasi - Alami Gizi Buruk akibat Lumpuh Otak, Rayhan Mengharapkan Bantuanmu Segera!
Bantu Rayhan Lawan Lumpuh Otak dan ...
M. Rayhan Alghifari
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.9,752,000
  2. Pencapaian 33.77%
  3. Donatur 115

Ikan yang Mirip Daun Willow

Memiliki nama ilmiah Spirinchus lanceolatus, ikan terkenal di Jepang ini juga dikenal dengan sebutan ikan daun willow atau ikan hamil. Jenis ikan teri ini ditemukan di sepanjang pantai Pasifik Hokkaido. 

Nama ikan ini berasal dari kata dalam bahasa suku Ainu, yaitu susu ham atau shushu hamo, yang artinya “ikan daun willow.” Ini karena ukuran dan bentuknya mirip daun willow dengan tubuhnya yang memanjang dan ekor yang tipis dan runcing.

Ikan Shisamo adalah ikan anadromus, yang artinya ikan-ikan ini bermigrasi dari laut ke perairan tawar untuk bertelur. Dari pertengahan Oktober sampai awal Desember, shisamo di wilayah Kushiro bermigrasi ke hulu sungai Shin-Kushiro, Akan, Shoro, dan Charo untuk bertelur. 

Shisamo merupakan adalah sumber makanan yang dihargai di Jepang. Penangkapan ikan ini dibatasi hanya selama musim bertelur. Merupakan hidangan populer di Jepang, ikan shisamo biasanya disajikan utuh dari kepala hingga ekor dengan cara dipanggang atau digoreng dengan roe, atau telurnya. 

Beberapa orang Jepang menyebutnya ikan hamil karena isi tubuhnya berupa telur ikan. Ketika disajikan utuh bersama roe-nya, ikan ini jadi makanan lezat yang unik. Roe-nya memberikan lapisan tambahan rasa dan tekstur pada ikan tersebut.

Fakta Nutrisi Ikan Shisamo

Ikan shisamo merupakan sumber fosfor, selenium, vitamin B12, mangan, dan asam lemak omega-3 yang tinggi. Selain itu, ikan ini memiliki kandungan tembaga, seng, magnesium, dan kalsium dalam jumlah yang sedang. 

Kandungan lainnya yang terdapat dalam ikan ini adalah berbagai vitamin B dan tingkat kandungan protein yang cukup signifikan. Ikan ini bisa memenuhi hampir 30% dari kebutuhan harian kita dalam porsi 3 ons. Shisamo cocok untuk dikonsumsi, terutama untuk yang diet karena tingkat kalori dan lemak jenuh yang rendah.

Berikut ini detail fakta nutrisi ikan Shisamo

Ikan dimasak atau dimasak dengan metode dry heat

Porsi: 100 g

Nilai Nutrisi 

  • Air 72,79 g
  • Protein 22,6 g
  • Lemak total 3,1 g
  • Kalsium, Ca 77 mg
  • Zat besi, Fe 1,15 mg
  • Magnesium, Mg 38 mg
  • Fosfor, P 295 mg
  • Kalium, K 372 mg
  • Natrium, Na 77 mg
  • Seng, Zn 2,12 mg
  • Tembaga, Cu 0,18 mg
  • Mangan, Mn 0,9 mg
  • Selenium, Se 46,8 µg
  • Tiamin 0,01 mg
  • Riboflavin 0,15 mg
  • Niasin 1,77 mg
  • Asam pantotenat 0,74 mg
  • Vitamin B-6 0,17 mg
  • Folat total 5 µg
  • Vitamin B-12 3,97 µg
  • Vitamin A, RAE 17 µg
  • Retinol 17 µg
  • Vitamin A, IU 58 IU
  • Asam lemak total jenuh 0,58 g

Sumber : USDA 

Manfaat Shisamo untuk Kesehatan

Ikan shisamo yang termasuk ke dalam jenis ikan smelt ini memiliki banyak manfaat kesehatan. Berikut manfaat dari ikan tersebut menurut laman situs Organic Facts:

  1. Mendorong Pertumbuhan dan Perkembangan

Seperti sudah diketahui ikan shisamo memiliki kandungan protein yang cukup. Dalam satu porsi ikan kecil ini bisa memenuhi 30% kebutuhan protein harian kita. Asam amino dalam protein bisa digunakan untuk produksi jaringan otot. Secara bersamaan asam amino juga membantu mempercepat metabolisme dan membantu dalam usaha penurunan berat badan.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan kalium yang cukup dalam ikan kecil ini bisa membantu mengurangi ketegangan pada pembuluh darah dan arteri karena mineral ini berfungsi sebagai vasodilator. Ini dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung seperti serangan jantung.

  1. Meningkatkan Keseimbangan Kolesterol

Tidak semua lemak buruk bagi tubuh. Tinggi akan kadar asam lemak omega-3 menjadikan ikan shisamo bisa membantu dalam meningkatkan keseimbangan kolesterol serta kesehatan jantung. Lemak ini akan mengurangi penumpukan plak pada arteri.

  1. Mencegah Osteoporosis

Kandungan berbagai mineral, di antaranya mangan, kalsium, fosfor, seng, tembaga, dan zat besi, semuanya berhubungan dengan kepadatan mineral tulang dalam tubuh. Dengan bertambahnya usia, kepadatan tulang kita mulai menurun. Dengan mengonsumsi ikan yang kaya mineral bisa membantu mengurangi osteoporosis dini.

  1. Meningkatkan Energi

Kandungan fosfor dalam ikan shisamo penting untuk meningkatkan energi karena mineral penting ini bisa mengubah nutrisi menjadi energi yang bisa kita digunakan. Kebutuhan harian fosfor sebagian besar mungkin bisa terpenuhi dalam satu porsi ikan kecil ini. 

  1. Meningkatkan Sistem Saraf

Kalsium merupakan elektrolit yang menjadi bagian penting dalam pengiriman sinyal dalam sistem saraf. Ikan shisamo bisa menyediakan kalsium yang memastikan bahwa kontraksi otot dan pesan-pesan lain dalam sistem saraf dapat dikomunikasikan secara efektif.

  1. Perawatan Kulit

Seperti disebutkan sebelumnya ikan shisamo mengandung berbagai vitamin B. Vitamin ini penting untuk proses metabolisme dalam tubuh karena berkontribusi pada pertumbuhan dan perbaikan kulit. Selain itu, ikan ini bisa membantu dalam memperbaiki penampilan kulit serta mengurangi tanda-tanda penuaan karena kaya akan selenium, yakni mineral antioksidan.

  1. Perawatan Rambut

Mengonsumsi ikan kecil ini membantu menjaga rambut tetap sehat karena kandungan mineral dan vitaminnya yang penting untuk rambut. Ikan ini juga bisa meningkatkan kilau serta keindahan rambut berkat kandungan minyak alami dan asam lemak omega-3nya. Kedua kandungan ini juga bisa menekan peradangan pada kulit kepala akibat kondisi seperti ketombe.

  1. Memperbaiki Tidur

Ikan ini dapat membantu kita tidur malam dengan nyenyak berkat kandungan magnesiumnya yang tinggi. Magnesium adalah kunci dalam konversi triptofan menjadi serotonin, yaitu hormon yang membuat kita merasa baik. Selain itu, hormon tersebut juga bisa membuat tubuh menjadi rileks serta mempermudah tidur yang sehat dan memulihkan.

Itulah manfaat dari ikan kecil yang mirip daun willow tersebut. Karena hanya bisa ditangkap dalam waktu tertentu saja, tak mengherankan jika ikan kecil ini cukup mahal harganya. Sebenarnya, ada ikan-ikan di perairan Indonesia yang juga tak kalah kandungan proteinnya dibanding ikan shisamo, contohnya saja tuna dan mujair. 

Salah satu manfaat dari jenis ikan smelt ini adalah untuk mencegah penyakit jantung. Mengutip laman situs web Kementerian Kesehatan Indonesia, penyakit jantung merupakan salah satu penyebab utama kematian di Indonesia. Pasien-pasien penderita penyakit ini ada yang kesulitan untuk berobat karena biayanya termasuk tinggi. Kita bisa membantu mereka dengan berdonasi melalui WeCare.id. Kirimkan donasi melalui situs web WeCare.id atau aplikasi WeCare.id yang bisa diunduh di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Curhatan Seorang Relawan Kemanusiaan, Aku Ingin Bisa Melihat Kembali!

Referensi

Jadi Menu Favorit Cipung, Apa itu Ikan Shisamo? (2023). Diambil kembali dari cnnindonesia.com.

Rokom. (2022). Penyakit Jantung Penyebab Utama Kematian, Kemenkes Perkuat Layanan Primer. Diambil kembali dari sehatnegeriku.kemkes.go.id.

Shishamo: The Willow-Leaf Fish. (2020). Diambil kembali dari mlit.go.jp.

Staughton, J. (2021). 10 Amazing Benefits Of Smelt Fish. Diambil kembali dari organicfacts.net.wmart.com.my. (t.thn.). Diambil kembali dari SHISHAMO (FEMALE CAPELIN).