Ikan Tinggi Protein Tak Kalah dari Ikan Shisamo

Ikan Tinggi Protein Tak Kalah dari Ikan Shisamo

Baru-baru ini ikan shisamo yang dicicipi oleh Cipung, anak dari Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, menjadi viral di media sosial. Diketahui ikan tersebut memiliki kandungan protein yang tinggi. Namun, ikan tersebut harganya cukup mahal. Sebenarnya, beberapa ikan lokal juga tak kalah nutrisinya dari ikan shisamo. Berikut akan kita bahas ikan tinggi protein yang bisa ditemui di Indonesia.

Alami Gizi Buruk akibat Kelainan Jantung, Ammar Butuh Biaya untuk Berobat!

Apa Itu Protein?

Sebelum membahas mengenai jenis ikan tinggi protein yang ada di perairan Indonesia, pertama-tama kita harus tahu dulu apa itu protein. Jadi protein merupakan zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk pertumbuhan dan perbaikan sel. Selain itu, protein juga dibutuhkan agar tubuh bisa berfungsi dengan baik.

Protein bisa ditemukan dalam beragam jenis makanan. Penting bagi tubuh kita untuk mendapatkan cukup protein dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Berapa banyak protein yang kita butuhkan dari makanan kita akan bervariasi. Hal tersebut bergantung pada berat badan, jenis kelamin, usia, dan kesehatan kita.

Kebutuhan protein kita bisa dipenuhi oleh beragam makanan baik nabati maupun hewani. Berikut ini adalah makanan sumber protein yang baik, di antaranya:

  • daging dan ikan
  • telur
  • produk susu
  • biji-bijian dan kacang-kacangan
  • kacang-kacangan seperti kacang dan lentil

Mengapa Tubuh Kita Membutuhkan Protein?

Berikut ini lima alasan kuat mengapa kita harus memastikan tubuh kita mendapatkan cukup protein setiap harinya, yang diambil dari laman situs Piedmont:

  1. Pertumbuhan

Protein merupakan komponen penting dalam pembentukan dan pemeliharaan sel-sel tubuh, termasuk jaringan otot, kulit, kartilago, dan organ tubuh lainnya. Bahkan, rambut dan kuku sebagian besar terdiri dari protein.

  1. Perbaikan

Tubuh kita menggunakan protein untuk pembentukan dan memperbaiki jaringan.

  1. Oksigenasi

Sel darah merah memiliki kandungan senyawa protein yang berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh. Ini membantu menyuplai tubuh kita dengan nutrisi yang dibutuhkan.

  1. Pencernaan

Sekitar setengah dari protein yang terkandung dalam makanan yang kita konsumsi setiap hari dipakai untuk membuat enzim. Adapun enzim tersebut membantu dalam mencerna makanan, dan membuat sel dan zat kimia tubuh yang baru.

  1. Pengaturan 

Protein memainkan peran penting dalam mengatur hormon, khususnya selama transformasi dan perkembangan sel selama masa pubertas.

Manfaat Mengonsumsi Makanan, Termasuk Ikan Tinggi Protein

Mengonsumsi makanan yang tinggi protein mempunyai banyak manfaat kebugaran, di antaranya:

  • Mempercepat pemulihan sesudah olahraga dan atau cedera
  • Mengurangi kehilangan otot
  • Membangun otot tanpa lemak
  • Membantu menjaga berat badan yang sehat
  • Mengurangi rasa lapar
Klik Untuk Donasi - Derita Gizi Buruk akibat Alergi Susu Sapi, Yuk Bantu Perbaiki Gizi Khoridatul!
Khoridatul Bahiyah
Khoridatul Bahiyah
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.4,450,000
  2. Pencapaian 12.84%
  3. Donatur 54

Ikan Lokal Tinggi Protein 

Seperti disebutkan di atas, salah satu makanan yang kandungan proteinnya tinggi adalah ikan. Jika ikan shisamo terlalu mahal harganya, jangan khawatir karena ikan lokal pun banyak yang kaya akan protein. Berikut ini beberapa jenis ikan tinggi protein dengan harga terjangkau yang bersumber dari laman situs Kumparan.

Ikan Lele

Ikan tinggi protein ini banyak dijual di warung-warung juga pasar modern maupun tradisional karena budidayanya mudah. Harga ikan lele cukup terjangkau. Selain itu, kandungan proteinnya juga tinggi. Tak hanya protein, ikan ini juga memiliki kandungan kalsium, fosfor, seng, magnesium, lemak, dan berbagai vitamin. 

Kandungan asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan lele juga baik bagi kesehatan kita. Dalam satu ekor ikan lele terdapat sekitar 220 mg omega-3. 

Ikan Kembung

Menu ikan ini sering kamu temui di rumah makan padang. Ikan kembung merupakan ikan lokal yang tak kalah dari ikan shisamo karena termasuk ikan tinggi protein. Ikan kembung juga kaya akan asam lemak omega-3 dan DHA, bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan salmon. 

Kandungan omega-3 dalam ikan kembung dapat mencapai 2,2 gram per 100 gram. Tak hanya itu, ikan ini juga memiliki kandungan kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, D, E, serta vitamin C.

Ikan Patin

Ikan patin merupakan salah satu ikan lokal yang menjadi alternatif bagi ikan dori impor asal Vietnam yang direkomendasikan oleh mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Selain lebih terjangkau harganya, ikan patin juga aman dari bahan kimia pengawet. 

Tak hanya itu, ikan patin juga mempunyai tekstur dan rasa yang mirip dengan ikan dori. Ikan ini mengandung protein (68,6%) dan lemak (5,8%) serta kaya akan omega-3.    

Ikan Mujair

Ikan air tawar ini rasanya lezat dan mudah didapat. Mujair tinggi protein yang penting untuk perkembangan otot, selenium yang bisa melawan radikal bebas, dan fosfor untuk memperkuat tulang. Selain itu, asam lemak omega-3 yang baik untuk perkembangan otak.

Ikan Teri

Jenis ikan yang umumnya diolah menjadi ikan asin yang lezat ini harganya terjangkau dan kandungan gizinya tidak kalah dengan ikan shisamo. Ikan teri adalah ikan tinggi protein serta kaya akan omega-3, kalsium, vitamin K, magnesium, dan fosfor. 

Semua nutrisi ini penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Untuk bayi atau balita, sebaiknya pilih ikan teri yang belum diasinkan untuk menghindari kandungan garam berlebih.

Ikan Tuna Lokal

Laut Indonesia setiap tahunnya menghasilkan ikan tuna yang melimpah. Ikan tuna lokal memiliki kandungan gizi yang setara dengan ikan tuna impor. Seperti halnya ikan shisamo, kan tuna kaya akan protein, kalium, vitamin B, dan selenium yang baik untuk memperbaiki sistem imun tubuh, metabolisme, dan fungsi kognitif otak. 

Ikan tuna juga memiliki kandungan omega-3. Dalam setiap 100 gram ikan tuna, tersedia sekitar 1,2 gram omega-3.

Ikan Tongkol

Mencari ikan ini di pasar tradisional atau modern tidaklah sulit.  Ikan tinggi protein, vitamin A, vitamin C, kalsium, dan zat besi ini juga mengandung omega-3 seperti salmon. Selain itu, ikan ini juga mengandung niacin yang baik untuk kesehatan otak baik pada anak-anak maupun orang dewasa.

Protein merupakan nutrisi yang penting untuk tubuh kita karena itu makanan kaya protein, termasuk ikan tinggi protein wajib menjadi konsumsi kita sehari-hari. Protein mempunyai peran yang krusial dalam sistem kekebalan tubuh. Beberapa penyakit yang berhubungan dengan lemahnya kekebalan tubuh, di antaranya lupus dan Guillain-Barre Syndrome (GBS). Pengobatannya penyakit ini cukup mahal sehingga banyak pasien yang membutuhkan bantuan biaya pengobatan. Kita bisa membantu mereka dengan berdonasi melalui situs WeCare.id atau aplikasi WeCare.id dengan cara mengunduhnya di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Referensi

KumparanMOM. (2019). Tak Perlu Beli Salmon Impor, Ini 7 Jenis Ikan Lokal Bergizi Tinggi. Diambil kembali dari kumparan.com.

Protein. (2016). Diambil kembali dari betterhealth.vic.gov.au.Why is protein important in your diet? (2019). Diambil kembali dari piedmont.org.

Sumber Featured Image : Reinhard Thrainer dari Pixabay