Sering Hilang Fokus? Ini Cara Mengatasinya

Sering Hilang Fokus? Ini Cara Mengatasinya

Terkadang perhatian orang teralihkan, contohnya saat kita kehilangan konsentrasi sesaat ketika melakukan aktivitas sehari-hari, seperti bekerja atau belajar. Sebagian orang menganggap kelalaian fokus ini karena pikun. Namun, bisa saja kealfaan ini terjadi karena ada masalah dengan proses otak yang rentan yang dinamakan fungsi eksekutif.

Menurut ahli saraf dari Massachusetts General Hospital yang berafiliasi dengan Harvard, Dr. Joel Salinas, fungsi eksekutif otak membantu kita untuk merencanakan, mengambil keputusan, dan mungkin yang sangat penting adalah memperhatikan. Salinas menambahkan bahwa fungsi eksekutif otak itu seperti kapten kapal fungsinya. 

Mengapa Kita Mengalami Gagal Fokus?

Ini merupakan pertanyaan yang ditanyakan oleh banyak orang. Ketika kita mengalami kesulitan saat menyelesaikan pekerjaan atau melakukan banyak tugas sekaligus, mungkin pertanyaan ini pernah terlintas di benak kita. Dan jawabannya kerap kali bisa ditemukan dalam aktivitas keseharian kita dan beberapa area yang bisa kita kendalikan. Inilah penyebabnya:

  • Kebiasaan tidur dan rutinitas ketika tidur
  • Kurang tidur
  • Makanan kurang bergizi dan kurang kandungan kalori untuk dikonsumsi seharian
  • Dekat dengan semua gawai
  • Ada orang lain yang membutuhkan perhatian atau bergantung pada kita
  • Hari kita tidak terstruktur sesuai dengan ritme ultradian (pola siklus alami yang terjadi dalam tubuh manusia dengan interval waktu kurang dari 24 jam)
  • Stres atau kelelahan
  • Tidak banyak beraktivitas fisik seharian

Hal yang disebutkan di atas hanya beberapa contoh alasan mengapa kita mengalami kesulitan berkonsentrasi. Alasan tersebut umumnya tergolong dalam 5 kategori atau faktor utama hilang fokus.

Faktor umum penyebab fokus dan konsentrasi yang buruk

Kebiasaan dan faktor umum berikut ini bisa mempengaruhi kemampuan kita untuk fokus, yaitu:

  • Distraksi atau gangguan
  • Kurang tidur
  • Kurang aktivitas fisik
  • Kebiasaan makan yang buruk
  • Faktor lingkungan

Cara Mengatasi Hilang Fokus

Sekarang kita sudah tahu apa penyebab konsentrasi menjadi buyar. Untuk itu diperlukan tips khusus yang dapat membantu mengatasi hilang fokus yang kita alami. Dirangkum dari beberapa sumber, berikut ini cara untuk mengatasi masalah yang disebutkan sebelumnya.  

  1. Hilangkan gangguan

Bagaimana bisa fokus dengan baik jika banyak gangguan yang membuat kita sulit berkonsentrasi? Untuk mengatasinya bisa dengan membiasakan diri mengatur waktu untuk tugas atau pekerjaan yang kita lakukan. Ketika berusaha untuk berkonsentrasi saat mengerjakan semua tugas atau aktivitas, kita bisa mencari tempat yang aman dari gangguan, seperti kamar pribadi atau perpustakaan. 

  1. Kurangi multasking

Ketika orang dapat melakukan banyak tugas dalam satu waktu, mereka terlihat seperti manusia hebat. Akan tetapi, menurut sebuah studi dari Stanford pada tahun 2009, mereka yang melakukan multitasking tidak berhasil melakukan tugasnya dengan baik. Studi tersebut diikuti oleh 100 mahasiswa Stanford. Setengah dari mereka menyebut dirinya orang yang multitasking dan setengahnya lagi tidak.

Pada tes mereka diuji sejauh mana panjang perhatian, kapasitas memori, dan kemampuan untuk beralih dari satu tugas ke tugas berikutnya. Hasilnya para pelaku multitasking performanya lebih buruk di tiap tes. Menurut Clifford Nass, peneliti dalam studi tersebut, menjelaskan bahwa para pelaku multitasking rentan terhadap hal-hal yang tidak relevan. Segala hal akan mengalihkan fokus mereka.

  1. Latih otak 

Penelitian ilmiah mulai mengumpulkan bukti mengenai kemampuan aktivitas pelatihan otak untuk meningkatkan kemampuan kognitif, termasuk konsentrasi, pada orang dewasa. Permainan pelatihan otak untuk konsentrasi juga dapat membantu mengembangkan memori kerja dan memori jangka pendek, serta keterampilan pemrosesan dan pemecahan masalah. Contoh permainan yang bagus untuk otak adalah sudoku, teka-teki jigsaw, catur, serta permainan video yang merangsang otak.

  1. Tidur yang cukup

Kualitas dan waktu tidur kita dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya adalah membaca dari perangkat elektronik atau menonton film sebelum tidur. Penelitian menunjukkan bahwa perangkat-perangkat tersebut memancarkan cahaya ke ujung biru spektrum. Cahaya tersebut akan merangsang retina mata serta mencegah sekresi melatonin. 

Melatonin adalah hormon yang dihasilkan secara alami dalam tubuh dan berperan dalam mengatur siklus tidur dan bangun kita, serta mengatur ritme sirkadian. Gunakan filter atau kacamata “blue light” untuk meminimalkan cahaya biru tersebut atau hindari semua perangkat elektronik sebelum tidur. 

Cara lain untuk meningkatkan tidur termasuk menghindari olahraga menjelang tidur, tetap terhidrasi sepanjang hari, atau latihan pernapasan untuk menenangkan pikiran, dan menciptakan rutinitas dan jadwal tidur yang bisa diprediksi.

  1. Latihan meditasi 

Meditasi merupakan cara pasti untuk meningkatkan fokus karena membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Hal ini diamini oleh eksperimen ilmiah. Contohnya, sebuah studi di University of North Carolina, mengungkapkan bahwa mahasiswa yang bermeditasi selama hanya 20 menit sehari selama empat hari tampil lebih baik pada beberapa tes kognitif.

  1. Non-aktifkan ponsel

Matikan notifikasi, tutup medsos dan aplikasi lain, kemudian simpan ponsel di tempat yang tak terlihat, misalnya dalam tas. Penelitian menemukan bahwa kapasitas kognitif jauh lebih baik ketika ponsel tidak terlihat, bukan hanya dimatikan. Fokus utama kita adalah menyelesaikan apa yang perlu kita lakukan. Menonaktifkan gangguan internal dan eksternal dapat membantu kita berkonsentrasi.

  1. Lakukan olahraga ringan

Untuk membantu kita berkonsentrasi, coba lakukan beberapa aktivitas fisik ringan, seperti jalan di taman, lari atau berenang. Menurut John Ratey, profesor klinis terkait psikiatri di Harvard Medical School, semua aktivitas tersebut bisa mendukung kesehatan otak yang penting untuk kapasitas memori dan konsentrasi.

Para ilmuwan secara khusus berpendapat bahwa olahraga teratur bisa membantu merangsang pelepasan bahan kimia yang disebut brain-derived neurotrophic factor. Berdasarakan beberapa penelitian menunjukkan bahwa brain-derived neurotophic factor membantu mereset sirkuit-sirkuit ingatan untuk meningkatkan fungsinya. 

  1. Konsumsi Makanan yang Meningkatkan Kognisi

Konsumsi makanan yang dapat membantu meningkatkan kekuatan otak. Kafein dalam secangkir kopi sudah terbukti membantu konsentrasi dan fungsi mental. Akan tetapi, berhati-hatilah dengan jumlah konsumsi kafein. Beberapa orang merasa cemas atau gelisah dengan terlalu banyak kafein, yang membuat sulit untuk tetap fokus.

Cara lain untuk meningkatkan otak di antaranya:

  • Makan sarapan seimbang setiap hari.
  • Sertakan buah dan sayuran dalam makanan dan camilan.
  • Pilih kacang-kacangan, biji-bijian, sumber protein utuh, dan protein rendah lemak.
  • Hindari makanan yang mengandung banyak gula dan lemak karena bisa menyebabkan kelelahan dan penurunan gula darah, yang memperburuk fokus, pemikiran, dan ingatan.
  1. Luangkan waktu untuk istirahat sejenak

Liburan singkat merupakan cara yang baik untuk membuat diri kita fokus kembali dan mengisi ulang energi. Dengan mengambil istirahat dari pekerjaan, meskipun hanya selama satu atau dua hari, kita dapat kembali dengan perasaan segar dan siap menghadapi tugas-tugas kita. 

  1. Terhubung dengan alam

Penelitian menunjukkan bahwa bahkan memiliki tanaman di ruang kerja dapat membantu meningkatkan fokus, konsentrasi dan produktivitas, serta kepuasan kerja dan kualitas udara yang lebih baik. Sisihkan waktu untuk berjalan-jalan di taman atau di kebun. Aktivitas ini bisa meningkatkan konsentrasi dan membantu kita merasa segar.

Itulah tips untuk membantu mengatasi hilang fokus. Tak melulu karena pikun, hilangnya konsentrasi juga bisa dipengaruhi oleh banyak hal, termasuk kerja otak. Beristirahat bisa konsentrasi kita menjadi baik kembali. Nah, di sela-sela waktu istirahat, kita bisa melakukan aktivitas mulia seperti memberikan donasi kepada pasien yang membutuhkan bantuan biaya pengobatan melalui WeCare.id. Caranya mudah sekali, yaitu dengan mengunjungi situs web WeCare.id atau mengunduh aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Klik Untuk Donasi - Kulitnya Melepuh dan Mengelupas, Aan Butuh Pertolonganmu Segera!
Aan Kurniasih
Aan Kurniasih
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.4,849,000
  2. Pencapaian 11.35%
  3. Donatur 89

Referensi

Burry, M. (2022). 7 Tips To Help You Focus, According to Experts. Diambil kembali dari health.com.

Chia, S. (2023). 15 ways to improve your focus and concentration. Diambil kembali dari betterup.com.

Expert Panel. (2023). Feeling Distracted? 10 Tricks For Getting Your Focus Back On Track. Diambil kembali dari forbes.com.

Focus on concentration. (2020). Diambil kembali dari health.harvard.edu.Walsh, K. dkk. (2022). 13 science-backed tips to stay focused and avoid distractions. Diambil kembali dari insider.com.

Sumber Featured Image : Michal Vrba on Unsplash