Inilah 8 Tips Diet Saat Puasa Ramadan yang Efektif

Inilah 8 Tips Diet Saat Puasa Ramadan yang Efektif

Puasa merupakan momen ketika setiap individu harus menahan lapar dan haus. Karenanya momen ini kerap dianggap sebagai momen yang pas untuk diet demi menurunkan berat badan. Sebenarnya diet saat puasa tidak sepenuhnya salah. Hal ini karena diet yang dilakukan saat puasa akan sangat membantu jadwal makan menjadi lebih teratur dibandingkan dengan hari-hari biasa. 

Diet saat puasa dapat menjadi efektif jika dilakukan dengan benar dan seimbang. Dalam kurun waktu puasa, waktu makan dan minum dibatasi hanya pada saat berbuka dan sahur. Hal ini dapat membantu untuk mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi dalam sehari dan berpotensi mempercepat proses penurunan berat badan. Supaya dietnya berhasil, yuk baca tips diet ketika berpuasa di bawah ini.

Klik Untuk Donasi - Alami Kerusakan Syaraf pada Otak, Ayunda Butuh Pertolonganmu Segera!
Bantu Ayunda Lawan Penyakitnya!
Ayunda Maulida Yafa Aulia
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.910,000
  2. Pencapaian 2.89%
  3. Donatur 27

Tips Diet Saat Puasa yang Baik

Momentum berpuasa di bulan Ramadan merupakan waktu yang tepat untuk kamu yang sedang melakukan diet demi mendapatkan berat badan ideal. Namun, perlu diingat bahwa puasa juga dapat menyebabkan penurunan energi dan dehidrasi pada tubuh. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi saat berbuka dan sahur memiliki nilai gizi yang mencukupi dan dapat memberikan energi yang dibutuhkan selama aktivitas sehari-hari.

Supaya diet saat puasa kamu berhasil dengan baik, simak beberapa tips diet sehat dan aman berikut ini. Tips ini akan membantumu menurunkan berat badan tetapi tetap sehat.

Konsumsi makanan seimbang 

Untuk menjaga kesehatan dan kondisi tubuh selama berpuasa, konsumsilah makanan yang seimbang dan bergizi. Pastikan setiap makanan yang dikonsumsi mengandung karbohidrat kompleks, protein, serat, vitamin dan mineral. 

Karbohidrat kompleks seperti roti gandum, nasi merah, dan ubi jalar akan memberikan energi yang stabil sepanjang hari. Sementara protein seperti daging, ayam, ikan, telur, dan kacang-kacangan akan membantu menjaga massa otot dan mempercepat proses pemulihan sel-sel tubuh yang rusak. Serat juga penting sekali untuk menjaga kesehatan pencernaan. Selain itu, serat juga dapat mencegah sembelit.

Hindari makanan cepat saji dan gorengan 

Makanan cepat saji dan gorengan cenderung mengandung banyak lemak jenuh dan trans, serta natrium dan gula tambahan. Konsumsi makanan tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes. Oleh karena itu, lebih baik hindari makanan cepat saji juga gorengan ketika berpuasa dan pilih makanan yang lebih sehat misalnya sayuran, buah-buahan, serta daging tanpa lemak ketika diet saat puasa.

Konsumsi banyak air 

Konsumsi air putih yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh saat berpuasa. Air membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, menjaga suhu tubuh tetap stabil, serta membantu menghilangkan racun dalam tubuh. 

Pastikan untuk minum air putih yang cukup pada saat berbuka puasa dan sahur. Jangan mengkonsumsi minuman berkafein atau beralkohol karena dapat menyebabkan dehidrasi. Minuman ini tidak mendukung untuk diet saat puasa.

Batasi konsumsi gula 

Konsumsi gula berlebih dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes, dan penyakit kardiovaskular. Sebaiknya batasi konsumsi gula tambahan saat berpuasa, termasuk dalam makanan dan minuman. Pilihlah makanan yang mengandung gula alami seperti buah-buahan dan madu sebagai ganti gula tambahan.

Derita Hidrosefalus dan Gizi Buruk, Yuk Bantu Penuhi Kebutuhan Nutrisi Hodam!

Makan sahur 

Sahur adalah waktu makan sebelum memulai puasa. Meskipun seringkali terdapat kecenderungan untuk melewatkan makan sahur, namun ini justru akan membuat tubuh kekurangan nutrisi dan mengakibatkan rasa lapar dan lemas sepanjang hari. Pilihlah makanan yang ringan dan mudah dicerna, seperti roti gandum ketika diet saat puasa.

Olahraga ringan 

Meskipun puasa dapat membuat tubuh terasa lelah, tetapi tetap disarankan untuk melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki atau yoga. Olahraga dapat membantu menjaga kebugaran tubuh dan menghilangkan rasa lelah.

Hindari olahraga berat 

Olahraga berat dapat membuat tubuh kekurangan energi dan dehidrasi. Hindari olahraga berat seperti angkat beban atau berlari selama puasa. Sebaiknya, lakukan olahraga ringan atau latihan yang tidak membutuhkan banyak energi ketika diet saat puasa.

Istirahat yang cukup

Jangan remehkan tidur. Tidur bisa membantu dalam menurunkan berat badan. Ini karena kurang tidur akan membuat sistem metabolisme kacau, sehingga tubuh tidak membakar cadangan lemak dengan efektif. 

Kurang tidur dapat memengaruhi produksi hormon ghrelin. Saat seseorang tidur kurang dari yang diperlukan, tubuh akan memproduksi lebih banyak ghrelin. Ketika kadar ghrelin meningkat, seseorang akan merasa lapar dan cenderung mengonsumsi lebih banyak makanan.

Selain itu, kurang tidur juga dapat mempengaruhi kadar hormon kortisol, hormon yang diproduksi oleh kelenjar adrenal dan berfungsi untuk mengatur stres. Saat tubuh mengalami stres, produksi kortisol meningkat. Peningkatan kadar kortisol dapat memicu produksi ghrelin, sehingga meningkatkan nafsu makan. Ini tentu akan mempengaruhi diet saat puasa yang sedang dilakukan.

Nah, itulah tips agar diet saat puasa bisa berhasil dan kamu tetap sehat. Tak hanya menurunkan berat badan, puasa juga memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya, yaitu menurunkan risiko penyakit kronis, seperti jantung kronis dan diabetes tipe 2. Banyak dari pasien penyakit kronis ini yang membutuhkan bantuan biaya pengobatan. Kamu bisa membantu mereka dengan berdonasi melalui WeCare.id. Caranya bisa dengan mengunjungi situs web WeCare.id atau unduh aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

10 Tips Diet Saat Puasa yang Efektif Turunkan Berat Badan. (2023). Retrieved from sehataqua.co.id.

7 Cara Diet di Bulan Puasa yang Bantu Turunkan Berat Badan. (2021). Retrieved from cnnindonesia.com.

9 Strategi Jitu Menurunkan Berat Badan Saat Puasa. (2021). Retrieved from hellosehat.com.

Biar Berhasil, Ini Cara Diet Saat Puasa. (2021). Retrieved from halodoc.com.Salsabila, A. (2023). 7 Cara Diet di Bulan Puasa Tanpa Berolahraga, Kontrol Berat Badan Tanpa Ribet. Diambil kembali dari haibunda.com.

Sumber Featured Image : BIld av Steve Buissinne från Pixabay