Olahraga Sambil Rebahan untuk yang Mager Parah

Olahraga Sambil Rebahan untuk yang Mager Parah

Salah satu aktivitas yang penting untuk kesehatan tubuh adalah berolahraga. Aktivitas yang satu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, di antaranya mencegah penyakit, seperti stroke, jantung, diabetes dan lain-lain. Namun, karena kesibukan sehari-hari, orang malas untuk berolahraga. Nah, untuk kamu yang mager parah untuk menggerakkan badan, kamu bisa tetap olahraga sambil rebahan, lho!

Berikut ini beberapa gerakan olahraga sambil rebahan yang dirangkum dari beberapa sumber. Yuk, segera gerakan badanmu mengikuti instruksi di bawah ini.

Alami Infeksi Kongenital, Selena Tak Punya Biaya Kontrol ke Rumah Sakit

Half Bridge 

Khawatir dengan perut kamu yang buncit? Jangan takut, kamu bisa coba gerakan ini. Gerakan olahraga sambil rebahan ini bisa untuk mengecilkan kembali perutmu. Selain itu, gerakannya juga mudah sekali. Pertama, tidur telentang di atas Kasur. Kemudian, telapak kaki diletakkan di atas kasur, selanjutnya angkat pinggul setinggi mungkin dengan posisi bahu, pinggul, dan lutut membentuk sudut 45 derajat. Tahan selama 30 detik kemudian turunkan kembali. Angkat lagi panggul setelah jeda 15 detik. Ulangi gerakan ini sampai 4 hingga 5 kali.

Superman

Kamu pasti sudah sering melihat Superman terbang, kan? Nah, gerakan yang satu ini juga sama seperti gerakan sang superhero tersebut. Bedanya, kamu cukup melakukannya di atas kasur. Gerakan olahraga sambil rebahan ini dapat membantu memperkuat punggung bagian bawah.

Mulai dengan berbaring tengkurap di atas kasur. Letakkan bantal kecil atau gulungan handuk di bawah pinggul. Untuk menopang kepala, kamu bisa letakkan bantalan di dahi. Kemudian kencangkan otot perut. Seperti gerakan tangan Superman, angkat lenganmu dan tahan sampai 3 napas dalam. Setelah itu turunkan kembali. Ulangi untuk lengan bagian kiri. Selanjutnya, angkat kaki sebelah kanan dan tahan sekitar 3 napas dalam, kemudian turunkan. Lakukan juga gerakan ini untuk kaki sebelah kiri. Ulangi gerakan ini beberapa kali.

Jackknife Sit-Up 

Satu lagi nih gerakan olahraga sambil rebahan. Kamu cukup tidur telentang dan luruskan kaki. Lengan diluruskan ke belakang, ke atas kepala. Lalu angkat tubuh sehingga kaki dan lengan bertemu dalam keadaan lurus. Angkat kaki sampai 45 derajat. Turunkan tubuh perlahan dan ulangi gerakan ini 10 sampai 15 kali.

Abdominal crunch 

Abdominal crunch adalah gerakan olahraga sambil rebahan lainnya yang bisa kamu lakukan. Caranya yaitu dengan berbaring dengan posisi telentang di atas kasur.  Kedua telapak kaki ditempelkan ke dinding sampai lutut dan pinggul membentuk sudut 90 derajat. Otot perut dikencangkan. Kedua tangan disilangkan di dada. Tujuannya untuk mengurangi ketegangan di leher. Setelah itu angkat bahu dan kelapa hingga tidak menyentuh lantai dan tahan sebanyak 3 napas dalam. Ulangi gerakan ini beberapa kali.

Scissor kicks 

Gerakan ini untuk melatih perut bagian bawah. Caranya yaitu dengan berbaring telentang di atas kasur. Simpan tangan di bawah bokong untuk menahan. Kemudian angkat kedua kaki dari tempat tidur, lalu gerakan seperti gunting, satu ke atas dan satu ke bawah. Ketika melakukan gerakan ini, kaki harus mengambang di atas kasur. 

Plank 

Olahraga sambil rebahan bisa dilakukan dengan gerakan plank. Caranya yaitu dengan tidur tengkurap. Lalu gunakan lengan untuk menahan tubuh, seperti posisi push-up. Kemudian angkat badan dan gerakan kaki ke depan secara bergantian seperti gerakan berlari. Lakukan selama 30 detik kemudian turunkan tubuh. Beri jeda selama 15 detik, kemudian ulangi lagi sebanyak 3 set. Agar tidak bosan, variasikan gerakannya dengan gerakan yang lebih menantang, misalnya menahan tubuh untuk 20 menit.

Klik Untuk Donasi - Connecting Hearts with PVRA
  1. Terdanai Rp.6,662,900
  2. Pencapaian 6.66%
  3. Donatur 36

Leg Drop 

Untuk melakukan gerakan ini, posisi tubuh telentang di atas kasur. Kemudian luruskan kaki dan angkat sampai membentuk sudut 90 derajat. Lalu turunkan kaki secara perlahan tapi jangan sampai menyentuh tempat tidur. Ketika melakukan gerakan ini jangan lupa untuk mengatur napas. Kemudian setelah jeda 15 detik, angkat lagi kedua kaki. Lakukan gerakan ini sebanyak 3 set dan tiap set dilakukan selama 45 detik.

Leg Lift 

Posisi badan telungkup, lalu letakkan kedua telapak tangan di belakang kepala. Luruskan kaki, kemudian angkat salah satunya setinggi mungkin. Lakukan secara bergantian untuk kaki yang sebelahnya. Lakukan gerakan olahraga sambil rebahan ini selama 45 detik dengan jeda 15 detik sebelum mengulang gerakan ini. 

Donkey Kick 

Untuk mengecilkan perut dan paha, coba gerakan Donkey Kick. Gerakan olahraga sambil rebahan ini dimulai dengan tubuh dalam posisi seperti akan merangkak. Kemudian angkat kaki ke atas seperti akan menendang. Lakukan secara bergantian pada tiap kaki. Ulangi gerakan ini sebanyak 20 kali tiap set-nya. Beri jeda 15 detik untuk mengulang gerakan. 

Semua gerakan di atas dilakukan di atas kasur. Jadi buat kamu yang mager, gerakan olahraga sambil rebahan di atas bisa jadi pilihan. Sambil istirahat setelah berolahraga, kamu bisa menyisihkan waktu sebentar untuk membantu pasien yang membutuhkan biaya pengobatan. Caranya yaitu dengan berdonasi melalui WeCare.id. Untuk berdonasi cukup unduh aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

14 Gerakan Olahraga di Kasur yang Mudah dan Fleksibel. (2021). Diambil kembali dari doktersehat.com.

5 Gerakan Olahraga yang Dapat Dilakukan Sambil Rebahan. (2021). Diambil kembali dari indosport.com.

Sari, Y. N. (2022). Cocok untuk Kaum Rebahan, Ini 6 Olahraga Sambil Tidur yang Baik untuk Kesehatan. Diambil kembali dari sehatq.com.

Tashandra, N. (2020). Malas Gerak? 5 Latihan Olahraga Ini Bisa Dilakukan Sambil Rebahan. Diambil kembali dari lifestyle.kompas.com.

Zakaria, I. (2019). Anti Ribet, Ini 6 Gerakan Olahraga yang Bisa Kamu lakukan Sambil Tidur. Diambil kembali dari idntimes.com.

Sumber Featured Image : bruce mars on Unsplash