6 Jenis Olahraga Saat Puasa yang Direkomendasikan

6 Jenis Olahraga Saat Puasa yang Direkomendasikan

Meski sedang menjalankan Ibadah puasa, uman muslim tetap disarankan untuk berolahraga. Melansir laman situs Indonesia Baik, berolahraga ketika berpuasa memberikan manfaat tersendiri, seperti mengoptimalkan kinerja hormon serta meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga dapat mencegah penyakit diabetes. Namun, tentu saja pilihan olahraganya disesuaikan dengan kondisi tubuh. 

Selain itu, waktu olahraga saat puasa juga harus diperhatikan agar tubuh tetap bugar. Ada waktu khusus yang direkomendasikan untuk berolahraga ketika bulan Ramadan. Info lengkap seputar olahraga di saat bulan puasa akan dikupas tuntas di artikel berikut ini.

Klik Untuk Donasi -


Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.0
  2. Pencapaian nan%
  3. Donatur 0

4 Waktu Terbaik untuk Berolahraga

Berikut adalah 4 waktu terbaik untuk olahraga saat puasa Ramadan menurut laman situs The Healthy Muslims:

  1. Sebelum Sahur

Jika kamu bangun sedikit lebih awal sebelum sahur, kamu dapat berolahraga sebelum makan. Tubuhmu akan memiliki energi dari makanan yang kamu makan setelah berbuka, sehingga tingkat energimu akan tinggi pada waktu ini. Namun, olahraga saat puasa dapat memengaruhi tidur karena kamu harus bangun lebih awal dari biasanya untuk sahur.

  1. Siang Hari (Setelah Shalat Dhuha)

Waktu ini adalah waktu latihan yang optimal. Kamu akan mendapatkan dorongan energi besar setelah latihan dan merasa segar sepanjang hari. Namun, karena kamu tidak bisa minum setelahnya, aktivitas ini membutuhkan waktu beberapa hari untuk beradaptasi.

  1. Tepat Sebelum Berbuka

Ini juga merupakan waktu yang bagus, untuk berolahraga karena kamu bisa segera makan dan minum setelah berolahraga. Namun, berolahraga pada waktu ini bisa sedikit sulit bagi beberapa orang karena tingkat energi mereka cukup rendah menjelang waktu berbuka.

  1. Setelah Berbuka atau Setelah Shalat Isya

Kamu juga dapat memilih untuk berolahraga setelah berbuka atau setelah shalat Isya. Tubuh akan memiliki energi dari makanan yang kamu makan, sehingga tingkat energimu akan tinggi. Namun, berolahraga pada waktu ini dapat memengaruhi tidur karena sistem saraf pusatmu sedang aktif dan terstimulasi dari latihan, sehingga kamu akan mengalami kesulitan untuk tidur.

Jenis Olahraga Saat Puasa yang Direkomendasikan

Berikut adalah beberapa jenis pilihan aktivitas fisik yang cocok:

  1. Berjalan Kaki 

Berjalan kaki adalah olahraga yang cukup ringan dan cocok dijadikan pilihan olahraga saat puasa. Selama berjalan kaki, tubuh membakar kalori yang cukup banyak, sehingga membantu dalam menjaga berat badan. Namun, pastikan untuk berjalan di tempat yang teduh dan jangan berjalan terlalu lama agar tidak kelelahan.

  1. Yoga 

Yoga adalah olahraga yang sangat cocok dilakukan selama puasa karena bisa membantu mengurangi stres dan meningkatkan fleksibilitas tubuh. Olahraga ini juga bisa dilakukan di rumah dengan mudah dan tidak memerlukan alat atau peralatan khusus.

  1. Bersepeda 

Bersepeda adalah pilihan olahraga saat puasa yang sangat menyenangkan. Bersepeda dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan jantung serta paru-paru, juga membakar kalori. Pastikan untuk bersepeda di tempat yang teduh dan hindari bersepeda terlalu lama.

  1. Berenang 

Berenang adalah olahraga yang sangat efektif dalam membakar kalori dan menjaga kesehatan tubuh. Olahraga ini juga bisa membantu mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur. Namun, pastikan untuk tidak berenang terlalu lama atau terlalu keras agar tidak kelelahan.

  1. Tai Chi 

Tai Chi adalah olahraga tradisional Tiongkok yang sangat cocok untuk jadi pilihan olahraga saat puasa. Olahraga ini membantu mengurangi stres dan meningkatkan keseimbangan tubuh. Tai Chi juga bisa dilakukan dengan mudah di rumah tanpa memerlukan peralatan khusus.

Tubuh Kaku dan Kurus akibat Lumpuh Otak, Rahenza Tak Punya Ongkos ke Rumah Sakit!

  1. Olahraga Ringan Lainnya

Selain olahraga di atas, masih ada banyak olahraga ringan lainnya yang cocok dilakukan selama puasa. Beberapa olahraga yang bisa dilakukan antara lain stretching, Pilates, dan jogging dengan intensitas ringan.

Selama puasa, sangat penting untuk memilih olahraga yang tepat dan menjaga diri agar tidak kelelahan. Pastikan untuk menjaga pola makan yang sehat dan teratur serta minum banyak air setelah berolahraga untuk mengganti cairan yang hilang selama berpuasa. Dengan memilih jenis olahraga saat puasa yang tepat, kamu tetap bisa menjaga kesehatan dan kebugaran selama puasa.

Selain memilih aktivitas olahraga saat puasa, di bulan suci ini, kamu juga bisa melakukan amal baik dengan bersedekah atau berdonasi kepada pasien yang membutuhkan bantuan biaya pengobatan. Ada beberapa pilihan cara, seperti mengunjungi situs web WeCare.id atau mengunduh aplikasi WeCare.id di di  Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

Atmoko, E. Y. (2021). Jenis Olahraga yang Baik saat Menjalankan Ibadah Puasa. Diambil kembali dari kompas.com.

Pilihan Olahraga Saat Puasa yang Bisa Dijalani. (2020). Diambil kembali dari sehatq.com.

Prideaux, S. (2023). When to exercise during Ramadan and which type of workout is best? Diambil kembali dari thenationalnews.com.

Rekomendasi Waktu, Durasi hingga Jenis Olahraga Saat Bulan Puasa. (2022). Diambil kembali dari unesa.ac.id.

The Four Best Times to Workout During Ramadan. (2020). Diambil kembali dari thehealthymuslims.com.

Sumber Featured Image : Steve Buissinne dari Pixabay