10 Manfaat Pound fit, Olahraga yang Seru & Enerjik

10 Manfaat Pound fit, Olahraga yang Seru & Enerjik

Sekarang ini banyak dijumpai beragam jenis olahraga yang tren di kalangan masyarakat, mulai dari olahraga kardio, pilates, Zumba, hingga yoga. Selain itu ada juga pound fit. Olahraga yang enerjik ini banyak digandrungi kaum perempuan dari beragam umur. Untuk kamu yang penasaran tentang olahraga ini, berikut penjelasannya.

Klik Untuk Donasi - Derita Gagal Ginjal Kronis Stadium 5, Marpin Harus Segera Transplantasi Ginja
Yuk Bantu Marpin Lawan Penyakitnya
Marpin Aditiya
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.6,673,929
  2. Pencapaian 15.50%
  3. Donatur 123

Apa Sih Pound Fit Itu?

Pound fit adalah sejenis olahraga yang kardio yang seru dan enerjik. Olahraga ini menggabungkan beberapa gerakan, di antaranya kardio, yoga, pilates, kekuatan serta memukul drum ala rock star. Dalam olahraga ini peserta tak hanya olahraga mengikuti musik, mereka juga menciptakan musik dengan stik drum yang dinamakan Ripstix. 

Ripstix yang digunakan dalam olahraga pound fit tersebut memiliki bobot yang ringan dan dirancang khusus untuk berolahraga. Olahraga ini mengubah permainan memukul drum menjadi cara berolahraga yang sangat efektif. 

Mengutip dari laman situs CNN, Dr. David Burke, profesor dari Fakultas Kedokteran Universitas Emory, menyebutkan, “bermain drum dengan irama tertentu, terutama dalam sinkronisasi dengan orang lain, menghubungkan banyak area di otak.” Jadi selain memompa jantung dan membakar kalori dengan gerakannya yang enerjik, pound fit juga dapat merangsang otak. 

Pound fit dirancang untuk semua tingkat kebugaran. Olahraga ini memberikan suasana lain. Selain berolahraga, peserta bisa untuk melepaskan diri mereka, menyalurkan energi, mengencangkan tubuh, dan menari. Gerakannya mudah dimodifikasi sehingga menarik tak hanya untuk wanita tapi juga pria dari segala usia dan kemampuan.

Divonis Kanker Stadium 4, Nyawa Aldi Sangat Terancam!

Manfaat Pound Fit

Seperti semua jenis olahraga lainnya, pound fit pun memiliki manfaat bagi tubuh. Selain membakar kalori, berikut ini adalah manfaat lainnya dari olahraga ini yang dilansir dari laman situs Health Fitness Revolution:

  1. Bagus untuk melatih otot inti

Gerakannya dirancang untuk melatih seluruh tubuh mulai dari bagian perut, inti, hingga glute (pinggul atau bokong). Jika dibandingkan dengan metode olaraga yang lain, target dari pound fit lebih ke bagian inti karena gerakannya banyak memutar area perut.

  1. Latihan pengkondisian

Dalam olahraga, latihan pengkondisian merupakan latihan untuk membentuk fisik. Targetnya yaitu seluruh tubuh dengan menggunakan beragam otot yang berbeda untuk memperkuat, membentuk, serta mengencangkan tubuh.  Gerakan menabuh drum menggunakan ripstix dalam pound fit merupakan cara yang inovatif untuk pengkondisian karena melatih seluruh tubuh. 

  1. Latihan interval kardio

Pound fit bisa digunakan untuk menurunkan berat badan. Latihan interval kardio dalam metode olahraga ini tak hanya membakar lemak ketika berolahraga, namun juga sesudah berolahraga. Gerakannya menguras energi, tapi hasilnya sepadan.

  1. Meningkatkan konsentrasi

Semua metode olahraga dapat membantu membangun sistem kekebalan tubuh menjadi lebih sehat. Akan tetapi pound fit memiliki manfaat lain, yaitu membantu meningkatkan konsentrasi menjadi lebih baik. Hal ini terjadi karena ketika menggerakkan setiap bagian tubuh, di waktu yang sama peserta juga harus fokus pada gerakan menabuh drum.

  1. Menurunkan berat badan

Pound Fit adalah latihan yang cukup intens. Gerakannya yang aktif membuat banyak kalori yang terbakar seusai latihan.  

  1. Meningkatkan suasana hati

Selain bagus untuk menurunkan berat badan, latihan aerobik juga dapat membantu melawan depresi, mengurangi risiko terkena tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, serta diabetes. Semua jenis metode olahraga mempunyai manfaat yang bagus untuk membantu mental serta pikiran. Selain itu, bagus juga untuk meningkatkan fungsi serta kemampuan kognitif.

  1. Membantu kesembuhan pasien yang menjalani terapi fisik 

Pencipta pound fit, Kristen Potenza serta Cristina Pereeboom, pernah tidak bisa bebas bergerak saat menjalani terapi fisik. Kemudian mereka menciptakan gerakan yang dapat membantu kesembuhan mereka yang pada saat itu mobilitasnya terbatas. Gerakan yang mereka ciptakan dapat disesuaikan dengan kondisi pasien yang terbatas geraknya. Inilah salah satu keuntungan dari pound fit.

  1. Menggerakkan seluruh tubuh

Gerakan pound fit memiliki kemiripan dengan gerakan pilates. Kedua olahraga ini melatih seluruh tubuh dari mulai bagian atas, bawah, otot, serta punggung dan tubuh inti.

  1. Olahraga yang lengkap

Pound fit merupakan gabungan dari beberapa latihan, seperti kardio, pilates, memukul drum juga light resistance. Keragaman latihan ini dapat membuat orang yang tak senang berolahraga jadi tertarik untuk ikut bergerak. Gerakannya cukup menantang tak hanya secara fisik tapi juga mental. 

  1. Meningkatkan kemampuan daya ingat

Memukul drum merupakan gerakan khas pound fit. Memadukan pukulan drum dan gerakan lain membuat kemampuan daya ingat peserta menjadi terasah karena mereka harus bisa mengingat keduanya.

Itulah informasi mengenai pound fit salah satu metode olahraga yang tren saat ini. Gerakan yang beragam membuat olahraga jadi lebih seru dan menyenangkan. Selain bermanfaat untuk fisik, olahraga ini juga bagus untuk suasana hati. 

Pound fit membantu menjaga tubuh menjadi sehat. Untuk jiwa yang sehat, kamu bisa melakukan banyak kebaikan, salah satunya yaitu membantu pasien yang membutuhkan biaya pengobatan. Kamu bisa berdonasi melalui WeCare.id. Caranya bisa dengan membuka situs web WeCare.id atau mengunduh aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

Bisa Menurunkan Berat Badan, Ini 10 Manfaat Pound Fit untuk Kesehatan. (2023). Diambil kembali dari Bisa Menurunkan Berat Badan, Ini 10 Manfaat Pound Fit untuk Kesehatan.

BreezeMaxWeb. (2017). POUND FIT CLASS. Diambil kembali dari joinfcf.com.

Lee, L. (2019). Pound workouts will rock your body and mind. Diambil kembali dari edition.cnn.com.

ROCKOUT WORKOUT. (2013). Diambil kembali dari poundfit.com.Shafa, F. (2019). Popmama Arisan: Sehat dan Seru, Inilah 10 Manfaat Olahraga Pound Fit. Diambil kembali dari popmama.com.