Begini Cara Agar Konsisten Menurunkan Berat Badan

Begini Cara Agar Konsisten Menurunkan Berat Badan

Salah satu indikator kesehatan yaitu berat badan. Penurunan berat tubuh ini konon sekarang menjadi salah satu tujuan populer di kalangan banyak orang karena beberapa manfaat yang bisa didapat. Di antara manfaat tersebut adalah kontrol tekanan darah yang lebih sehat, gula darah yang lebih baik, dan risiko penyakit kronis yang lebih rendah. 

Buku-buku yang memberikan tips sukses menurunkan berat badan pun banyak dijumpai. Namun sebenarnya, bukan hanya menurunkan berat tubuh, tapi juga mempertahankannya. Sebenarnya tidak ada solusi yang pasti cocok untuk semua orang. Hal itu karena tubuh tiap orang merespons dengan cara  yang berbeda terhadap makanan yang berbeda. Hal ini ada hubungannya dengan faktor genetik dan juga kesehatan lainnya. Untuk bisa mendapatkan berat yang diinginkan, perlu komitmen, kesabaran, juga beberapa eksperimen dengan diet dan makanan yang berbeda. Jadi, jangan putus asa jika diet yang kamu coba tidak berhasil karena diet yang sukses bagi orang lain, belum tentu cocok untuk kamu.

Jika kamu bertekad kuat untuk menurunkan berat badan, mungkin bisa coba rekomendasi berikut yang dirangkum dari berbagai sumber.

Klik Untuk Donasi - Tragis...! Seorang Montir Mengalami Kecelakaan Hebat Hingga Mengalami Patah Tulang!
Patah Tulang
Annas Sawan
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.8,881,139
  2. Pencapaian 17.16%
  3. Donatur 177

Berikut Tips Menurunkan Berat Badan :

Coba untuk Mengurangi Jumlah Kalori

Menurut sebagian ahli, tips agar berat badan bisa turun yaitu dengan mengurangi jumlah kalori. Jika kamu jumlah kalori yang kamu bakar lebih banyak daripada yang kamu konsumsi, kamu akan berhasil mengurangi berat tubuhmu.  Ketika kamu mengurangi jumlah kalori, untuk beberapa minggu pertama mungkin kamu akan berhasil mengurangi berat badan. Namun bisa jadi berat badanmu menurun sedikit atau tidak sama sekali setelah mengonsumsi jumlah kalori yang sama. Hal ini terjadi karena ketika kamu kehilangan banyak cairan serta jaringan tanpa lemak dan lemak, metabolisme akan menjadi lambat. Tubuhmu pun akan berubah dengan cara yang lain. Karena itu, agar bisa konsisten menurunkan berat tubuh badan, kurangi asupan kalorimu.

Kurangi Asupan Karbohidrat untuk Mengurangi Berat Badan

Ketika kamu banyak mengonsumsi makanan yang kaya karbohidrat, seperti nasi, roti, atau kentang goreng, tubuh akan melepaskan insulin agar glukosa bisa masuk ke dalam darah. Tak hanya mengatur kadar gula darah, insulin juga mencegah sel-sel lemak melepaskan lemak untuk dibakar oleh tubuh sebagai bahan bakar. Hal ini karena prioritas insulin adalah untuk membakar glukosa. Karena hal tersebut, sel lemak jadi lebih banyak tercipta untuk menyimpan semua yang tidak bisa dibakar oleh tubuh. Akibatnya berat badan akan bertambah dan sekarang tubuhmu memerlukan makanan lebih banyak. Agar berat tubuhmu bisa turun, kamu perlu mengurangi karbohidrat.

Lacak Makanan yang Kamu Konsumsi dan Aktivitas Fisik

Kalau ingin turun berat badan, kamu harus mengetahui apa saja makanan dan minuman yang kamu konsumsi setiap hari.  Mencatat semua yang kamu konsumsi adalah cara paling efektif, seperti di dalam jurnal atau aplikasi tertentu. 

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan pada jurnal Plos One, pelacakan aktivitas fisik yang konsisten bisa membantu dalam menurunkan berat badan. Sementara itu, sebuah studi ulasan yang dilakukan Universitas Pittsburgh menemukan korelasi antara penurunan berat tubuh dengan frekuensi pengecekan asupan makanan serta olahraga.

Hindarkan Gangguan Ketika Makan

Karena kesibukan, sebagian orang cenderung mengonsumsi makanan cepat-cepat, makan di dalam mobil, sambil bekerja, sambil menonton TV atau sambil membaca media sosial. Hasilnya mereka tidak menyadari jumlah makanan yang mereka konsumsi. Jadi makanlah dengan pelan-pelan dan fokus. Hindari gangguan seperti gawai atau televisi.

Aktif Berolahraga

Olahraga yang teratur memiliki peran penting dalam menjaga berat badan. Aktivitas fisik ini membantu kamu membakar kalori ekstra juga meningkatkan metabolisme tubuhmu. Keduanya adalah faktor penting untuk mencapai keseimbangan energi. Saat kamu berada dalam keseimbangan energi artinya kamu membakar jumlah kalori yang sesuai dengan yang kamu konsumsi. Hasilnya, berat tubuhmu akan cenderung tetap sama. Melakukan aktivitas fisik 30 menit sehari dalam seminggu dapat membantu dalam menjaga berat tubuh setelah turun. Dalam beberapa kasus, untuk menjaga berat tubuh mungkin diperlukan olahraga yang lebih berat. 

Tragis! Seorang Ibu Menunggak Biaya Persalinan Buah Hatinya!

Konsumsi Banyak Protein

Agar konsisten dalam menurunkan berat badan, konsumsilah banyak protein. Ini karena protein bisa membantu dalam mengurangi nafsu makan serta membuat kamu jadi lebih kenyang. Protein meningkatkan kadar hormon tertentu yang bisa menyebabkan rasa kenyang dan ini penting untuk pengaturan berat tubuh. Terbukti protein bisa mengurangi kadar hormon yang meningkatkan rasa lapar.

Kurangi Konsumsi Lemak

Kalau tak ingin gemuk, jangan makan makanan berlemak. Jangan tergoda dengan camilan-camilan berlemak, makanan kemasan, ataupun produk susu. Lemak tidak semuanya buruk, tapi pilihlah lemak sehat atau baik karena bisa membantu mengendalikan berat badan. Pilihlah lemak sehat dalam alpukat, biji-bijian, kacang-kacangan, atau ikan berlemak. 

Perbanyak Konsumsi Makanan Berserat

Mengonsumsi makanan yang banyak serat akan meningkatkan rasa kenyang karena lebih lama untuk dicerna. Ini tentunya bagus untuk menurunkan berat badan. Pilihan makanannya adalah sayur-sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan. 

Tetap Semangat dalam Menurunkan Berat Badan

Untuk bisa turun berat badan secara permanen butuh perubahan gaya hidup dan pilihan makanan. Agar kamu tetap termotivasi, carilah dukungan dari keluarga, teman, atau grup pendukung agar kamu bisa mendapatkan dorongan untuk terus berjuang. Supaya tetap termotivasi, tetapkan tujuan. Misalnya tujuan jangka pendek ingin memakai baju yang dulu pernah kamu pakai saat berat badanmu masih normal. Cobalah untuk fokus pada manfaat yang akan kamu dapatkan. 

Bersiaplah untuk Kemunduran

Dalam perjalanan menjaga berat badan, kemunduran tidak dapat dihindari. Mungkin ada saat-saat ketika kamu menyerah pada keinginan untuk makan-makanan yang tidak sehat atau melewatkan olahraga. Namun kesalahan yang terjadi sesekali itu tak berarti kamu harus membuang tujuanmu untuk menurunkan berat tubuh. Lanjutkan lagi program yang sudah kamu jalankan sebelumnya dan kembali on track

Nah, itulah cara agar kamu sukses dan konsisten dalam program menurunkan berat badan. Tak mudah memang, tapi manfaatnya banyak, terutama untuk kesehatanmu. Di sela-sela melakukan dietmu, yuk sisihkan waktu untuk membantu pasien yang membutuhkan biaya pengobatan. Caranya cukup download aplikasi WeCare.id di ponselmu melalui Google Store atau App Store. Apa pun dan berapa pun donasi yang kamu berikan akan sangat membantu pasien yang membutuhkan. 

Yuk, donasi sekarang melalui WeCare.id!

Referensi

Ball, J. (2021). The Best Way to Lose Weight and Keep It Off Long Term, According to Experts. Diambil kembali dari eatingwell.com.

Elliott, B. (2017). The 17 Best Ways to Maintain Weight Loss. Diambil kembali dari healthline.com.

Hochwald, L. & Barrie, L. (2017). 23 Tips for Weight Loss That Actually Work. Diambil kembali dari everydayhealth.com.

Smith, M. dkk (2017). How to Lose Weight and Keep It Off. Diambil kembali dari helpguide.org.Strudwick, T. W. (2020). How to naturally lose weight fast. Diambil kembali dari medicalnewstoday.com.

Sumber Featured Image : Steve Buissinne dari Pixabay