Rangkaian Skincare untuk Kulit Berminyak yang Tepat

Rangkaian Skincare untuk Kulit Berminyak yang Tepat

Kulit berminyak cenderung sensitif dan mudah berjerawat. Salah pemilihan skincare atau makeup bisa membuat jerawat langsung bermunculan. Namun, sekarang ini ada banyak produk skincare untuk kulit berminyak, tapi kamu harus bisa memilih produk yang tepat untuk kulitmu. Skincare itu terkadang cocok-cocokkan. Ada produk yang cocok di satu orang tapi bisa tidak cocok digunakan orang lain.

Sering Sesak akibat Infeksi pada Paru, Arsyad Butuh Biaya untuk Berobat!

Penyebab Kulit Berminyak

Kulit berminyak umumnya ditandai dengan produksi minyak berlebih, sehingga biasanya rentan terkena jerawat, tetapi tidak selalu seperti itu. Biasanya produksi minyak berlebih tersebut terjadi di area T. Namun, bisa juga terjadi di area wajah yang lain. Dari banyaknya produk skincare untuk kulit berminyak yang dijual di pasaran, ada beberapa hal mendasar yang dibutuhkan oleh banyak orang, tak hanya mereka yang dengan kulit berminyak, misalnya pembersih, pelembap, dan tabir surya. 

Rangkaian Skincare untuk Kulit Berminyak

Ada dua tujuan utama dalam perawatan kulit berminyak, yaitu mengurangi minyak serta mencegah timbulnya jerawat. Untuk itu kamu harus memilih bahan yang tepat untuk kulitmu. Mengutip Shani Darden, ahli kecantikan selebriti, dalam POPSUGAR, “jenis kulit berminyak harus menggunakan produk yang nonkomedogenik dan membatasi penggunaan minyak berat.” Kalau kamu ingin tahu rangkaian skincare untuk kulit berminyak yang tepat, kamu bisa ikuti langkah di bawah ini.

  1. Hapus riasan + SPF

Ini merupakan rutinitas skincare untuk kulit berminyak dan semua jenis kulit lainnya di malam hari yang tak boleh dilewatkan, yaitu menghapus riasan dan SPF. Hal ini dilakukan sebelum kamu melakukan deep cleansing atau pembersihan wajah dengan sempurna dan menyeluruh. Menurut Katie Sobelman, ahli estetika organik dalam laman situs mbg, langkah ini bermanfaat untuk semua jenis kulit. Dengan membersihkan wajah menggunakan oil cleanser, maka semua kotoran, debu, dan riasan di wajah akan dapat terangkat dengan lembut tanpa merusak kulit.

Sobelman mengatakan untuk kulit berminyak yang cenderung mudah berjerawat, sebaiknya pilih oil cleanser yang nonkomedogenik. Beberapa oil cleanser grade-A yang bisa menjadi pilihan, di antaranya adalah jojoba oil, grapeseed oil ,tea tree oil, atau rosehip oil. Kalau kamu kurang cocok atau tidak begitu suka dengan oil cleanser, kamu bisa pilih micellar water.

  1. Deep Cleansing

Setelah tadi membersihkan wajah dengan oil cleanser, rangkaian skincare untuk kulit berminyak selanjutnya adalah deep cleansing. Kalau kulit kamu berminyak, rentan jerawatan, dan sedang berjerawat serta pori-pori tersumbat, deep cleansing akan sangat bermanfaat.  Pembersih yang mengandung salicylic atau glycolic acid lebih cocok untuk kamu. Kedua bahan ini tidak hanya membantu untuk eksfoliasi tapi juga mengontrol minyak menurut Jeremy Fenton, M.D., seorang dokter kulit bersetifikat dalam laman situs mbg.

  1. Gunakan Toner

Menggunakan toner akan membantu untuk memastikan sisa kotoran atau riasan yang belum terangkat oleh pembersih wajah sebelumnya. Selain itu, rangkaian skincare untuk kulit berminyak ini juga bisa membantu menormalkan tingkat pH kulit, dan menghaluskan tekstur kulit. Pilihlah formula toner yang tidak membuat kulit jadi kering dan yang direkomendasikan untuk kulit berminyak. Pilihan lain selain toner adalah, astringent atau essence.

Astringent seperti witch hazel dapat membantu meminimalkan kelebihan minyak. Karena itu, kalau kamu menggunakan produk pengontrol minyak lainnya dalam rangkaian skincare untuk kulit berminyak, untuk mengembalikan kelembapan kamu bisa memilih hydrating toner atau essence. Mengontrol minyak adalah mengenai keseimbangan. Kalau kulitmu terlalu banyak mengelupas, nantinya akan memicu kulitmu jadi terlalu banyak memproduksi sebum.  

Kalau kamu sering berminyak di daerah T, gunakan astringent toner di area tersebut saja. Dengan demikian, daerah T akan mendapatkan manfaat dari astrigent dan daerah wajah yang lain tidak akan jadi kering.

Klik Untuk Donasi - Alami Gizi Buruk akibat Hidrosefalus, Keenan Butuh Susu Khusus!
Hidrosefalus
Muhammad Keenan Ramadhan
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.9,601,071
  2. Pencapaian 41.74%
  3. Donatur 179
  1. Gunakan Serum

Langkah selanjutnya dalam rangkaian skincare untuk kulit berminyak adalah mengoleskan serum. Manfaat serum dapat mengatasi masalah kulit tertentu. Pilih serum yang memiliki kandungan vitamin C dan E, niacinamide, hyaluronic acid, alpha arbutin, serta bahan lainnya. Bahan-bahan ini dapat mengatasi masalah kulit seperti hiperpigmentasi, jerawat, serta pori-pori yang membesar.

  1. Jangan Lupa Oleskan Pelembap

Mungkin kamu berpikir menggunakan pelembap untuk kulit kamu yang berminyak itu adalah hal yang kontraproduktif. Namun, justru langkah ini penting sekali dalam rangkaian skincare untuk kulit berminyak. Orang-orang dengan kulit berminyak biasanya akan memilih pelembap dalam bentuk gel. Pilihan pelembap dengan kandungan niacinamide juga bisa membantu mengatur produksi minyak. Kebanyakan pelembap yang baik digunakan untuk kulit yang berjerawat akan aman digunakan untuk kulit yang berminyak. Pastikan pelembapmu, baik berupa gel, losion, atau krim:

  • Bebas minyak alias oil-free
  • ringan
  • bahan dasarnya air
  • tidak mengandung wewangian atau bahan kimia
  • noncomedogenik
  1. Ingat Selalu Tabir Surya

Langkah terakhir dari rangkaian skincare untuk kulit berminyak adalah melindungi kulitmu dari sinar matahari. Jadi jangan lupa untuk mengoleskan tabir surya.  Menggunakan tabir surya adalah keharusan yang mutlak. Jangan terlalu ribet dengan SPF. Pastikan tabir surya yang kamu pilih cocok untuk kulitmu. Pilihlah tabir surya nonkomedogenik yang tidak akan menyumbat pori-pori atau membuat kulitmu iritasi sehingga nantinya akan membuat kamu berjerawat. 

Itulah rangkaian skincare untuk kulit berminyak yang tepat. Dari semua rangkaian tersebut, jangan lupa untuk selalu menutupnya dengan tabir surya karena itu sangat penting untuk kulit wajah. Kulit kamu sudah sehat dan terawat. Nah, sekarang yuk percantik hatimu dengan membantu orang lain. Banyak pasien yang membutuhkan biaya pengobatan. Kamu bisa berdonasi lewat WeCare.id. Caranya gampang sekali. Kamu bisa mengunjungi situs web WeCare.id atau mengunduh aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

Bass, L. (2022). A Skin Care Routine for Oily Skin That’s TikTok- and Derm-Approved. Diambil kembali dari greatist.com.

Frye, H. (2022). A Derm-Approved Skin Care Routine For Oily Skin + Best Products. Diambil kembali dari mindbodygreen.com.

Harrington, J. (2022). The Best Skin-Care Routine For Oily Skin, According to an Expert. Diambil kembali dari popsugar.com.

Khorsandi, J. (2022). Editor-Approved Morning and Night Skincare Routines for Oily Skin. Diambil kembali dari skincare.com.

Sinha, R. (2022). Daily Skin Care Routine For Oily Skin: Dos And Dont’s. Diambil kembali dari stylecraze.com.

Sumber Featured Image : Haley Lawrence on Unsplash