Inilah Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan dan Wajah

Inilah Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan dan Wajah

Apakah kamu sudah tahu manfaat cuka apel untuk Kesehatan maupun kecantikan? Ternyata cuka apel sudah lama digunakan sebagai obat rumahan untuk mengobati beberapa penyakit, serta disinfektan dan pengawet alami. Sekarang ini cuka apel juga terkenal karena penggunaannya untuk menurunkan berat badan dan pengaturan gula darah.

Daftar isi:

  1. 1. Mengenal Cuka Apel
  2. 2. Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan dan Kecantikan

Mengenal Cuka Apel

Cuka apel berasal dari buah apel yang telah dihancurkan, disuling, kemudian difermentasi. Biasanya cuka apel dikonsumsi dalam jumlah yang kecil atau dikonsumsi sebagai suplemen. Tingkat asam asetatnya yang tinggi, atau mungkin senyawa lain, itulah yang membuat cuka apel bermanfaat untuk Kesehatan. 

Klik Untuk Donasi - Layanan Makan Gratis Untuk Saudara Sebangsa
  1. Terdanai Rp.375,000
  2. Pencapaian 0.93%
  3. Donatur 7

Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan dan Kecantikan

Buat kamu yang ingin tahu manfaat cuka apel, di bawah ini adalah beragam manfaat yang bisa kamu dapatkan dari cuka apel. 

1. Pengaturan Gula darah

Kandungan asam asetat dalam cuka apel sepertinya memblokir enzim yang dapat membantu kamu agar bisa mencerna pati, sehingga setelah makan makanan bertepung respons gula darahnya lebih kecil.   Sebuah tinjauan studi yang dilakukan oleh Universitas Ilmu Kedokteran Ahvaz Jundishapur, Ahvaz, Iran, menunjukkan bahwa peningkatan asupan cuka apel dengan makanan dapat menurunkan fluktuasi insulin dan gula darah setelah makan. 

Untuk mencampurkan cuka apel pada makanan, tambahkan cuka apel pada salad, saus, bumbu perendam, dan salad dressing. Namun bagi penderita diabetes atau prediabetes sebelum mengkonsumsi cuka apel dalam jumlah besar sebaiknya konsultasi dahulu dengan dokter. Cuka apel juga dapat berinteraksi dengan obat diabetes, dan tidak boleh digunakan oleh orang dengan kondisi kesehatan tertentu, seperti gastroparesis.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Mereka yang mendukung manfaat cuka apel untuk menurunkan berat badan mengklaim bahwa mengkonsumsi cuka apel sebelum maupun ditambahkan pada makanan kemungkinan mempunyai efek mengenyangkan. 

Sebuah studi 12 minggu yang dilakukan oleh Mizkan Group Corporation Jepang melaporkan bahwa mereka yang mengonsumsi cuka apel sampai 30 mililiter (sekitar 6 sendok teh) per hari, berat badannya turun satu sampai 2 pon (sekitar 2kg) . Selain itu, Indeks massa tubuh, lemak viseral, trigliserida, dan lingkar pinggang juga sedikit berkurang.

3. Mengatasi Ketombe

Manfaat cuka apel lainnya yaitu untuk mengatasi ketombe. Beberapa orang mencoba menyemprotkan sedikit cuka apel yang dilarutkan dengan air ke kulit kepala. Larutan tersebut dapat melawan serpihan ketombe yang menetap, gatal, dan iritasi. Asam asetat cuka apel bisa mengubah pH kulit kepala, mempersulit jamur ragi, salah satu penyebab utama munculnya ketombe, untuk berkembang. Cuka apel juga disarankan digunakan untuk mengobati bentuk eksim yang disebut dermatitis seboroik.

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Ilmu Kedokteran Shiraz, Iran, menunjukkan bahwa aplikasi topical (aplikasi langsung ke bagian tubuh) tanaman marshmallow (Althaea officinalis) yang dikombinasikan dengan cuka apel dapat mengatasi dermatitis seboroik pada wanita berusia 32 tahun.

Pipinya Kian Membengkak, Adik Rakha Butuh Pertolongan Segera!

4. Mengatasi Jerawat dan Masalah Kulit Kronis Lainnya

Cuka apel mampu membantu mengeringkan jerawat yang diberi olesan larutan cuka apel.  Sebelum digunakan, cuka apel harus diencerkan dahulu karena bisa menyebabkan cedera kulit jika tidak cukup diencerkan.

5. Menurunkan Kolesterol

Salah satu manfaat cuka apel untuk kesehatan adalah untuk menurunkan kolesterol. Satu penelitian pada hewan yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Tunis El Manar dan Institut Salah Azaiz, Tunisia, menunjukkan bahwa tikus gemuk yang mengonsumsi cuka apel setiap hari mengalami penurunan kolesterol total, kolesterol LDL (kolesterol jahat), dan trigliserida karena manfaat antioksidannya. Namun, penting untuk dicatat bahwa penelitian ini dilakukan hanya pada tikus, jadi tidak diketahui apakah temuan ini hasilnya sama saat diterapkan pada manusia.

6. Menjadikan Kulit Merona 

Cuka apel memiliki kandungan komponen antimikroba, yang fungsinya adalah sebagai pembersih alami bagi kulit. Sementara asam alfa hidroksi serta asam asetatnya menghilangkan kulit mati dengan lembut serta menstimulasi sirkulasi sehinga membuat kulit tampak lebih cerah dan kencang.

7. Sebagai Toner Wajah

Salah satu manfaat cuka apel untuk kencatikan yaitu sebagai toner wajah. Cuka apel adalah zat antijamur, antibakteri, serta antivirus yang kuat sehingga dapat mencegah pembentukan bakteri serta jerawat. Bahan alami ini dapat menghilangkan minyak dan membantu menyeimbangkan pH kulit, menjaga kulit supaya tidak terlalu berminyak atau terlalu kering. 

Nah itulah manfaat cuka apel untuk Kesehatan dan kecantikan. Oh iya, sambil mencoba manfaat bahan alami ini, kamu bisa terus sebarkan aura positif dengan luangkan waktu membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit.

Kamu juga bisa berdonasi lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Caranya, download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Dukung WeCare.id untuk mengembangkan
konten-konten kesehatan & kebaikan yg lebih berkualitas.

WeCare.id adalah portal penggalangan dana untuk pasien-pasien yang tidak mampu. Dengan berdonasi ke WeCare.id, kamu juga turut membantu pasien-pasien di seluruh Indonesia.

KLIK UNTUK DONASI

Referensi

Cohn, L. (2017). 11 Surprising Beauty Benefits of Apple Cider Vinegar We Bet You Didn’t Know About. thehealthy.com.

Migala, J. (2020). Apple Cider Vinegar: Benefits, Side Effects, Uses, Dosage, and More. everydayhealth.com.

Shmerling, R. H. (2020). Apple cider vinegar diet: Does it really work? health.harvard.edu.Wong, C. (2020). The Health Benefits of Apple Cider Vinegar. verywellhealth.com.

Sumber Featured Image :  wicherek dari Pixabay 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *