Perlukah Wanita Suntik Tetanus Sebelum Menikah?

Perlukah Wanita Suntik Tetanus Sebelum Menikah?

Salah satu persyaratan bagi wanita yang akan menikah adalah suntik tetanus atau Tetanus Toksoid. Suntik TT dikenal juga dengan istilah imunisasi TT. 

Mengapa suntik tetanus pranikah perlu dilakukan oleh calon pengantin wanita bahkan menjadi persyaratan untuk daftar menikah? Mengapa calon pengantin laki-laki tidak perlu melakukannya? Apa akibat jika tidak melakukan suntik TT ini? Cari tahu semua jawabnnya di artikel berikut ini.

Mengenal Suntik Tetanus

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, suntik tetanus sebenarnya adalah imunisasi Tetanus Toksoid. Vaksin tersebut berisi bakteri Clostridium tetani yang telah dilemahkan. Pemberian vaksin ini tujuannya agar tubuh menjadi kebal terhadap bakteri Clostridium tetani. Setelah divaksin, tubuh kemudian ‘belajar’ membuat antibodi terhadap bakteri tersebut.

Bakteri tersebut kerap dijumpai di tempat kotor (termasuk debu dan tanah), besi berkarat, juga kotoran manusia dan hewan. Apabila terdapat luka terbuka di tubuh kita, bakteri tersebut bisa masuk kemudian mengeluarkan racunnya yang bisa merusak sistem saraf serta sumsum tulang belakang. 

Akibat yang ditimbulkan oleh racun tersebut bisa membuat otot robek, tulang retak, otot pernapasan melemah, dan tekanan pada tulang belakang. 

Latar Belakang Pentingnya Suntik Tetanus Untuk Calon Pengantin Wanita

Suntik tetanus pranikah menjadi penting sekali untuk diberikan kepada wanita yang akan menikah karena ketika pertama kali mereka berhubungan intim, umumnya selaput dara akan robek. Bakteri tersebut bisa masuk lewat luka terbuka pada vagina tadi. 

Selain itu, dahulu proses melahirkan kebanyakan dibantu oleh dukun beranak. Mereka umumnya tidak menggunakan alat-alat yang steril. Karena itulah banyak ibu dan anak yang terkena penyakit tetanus ketika proses melahirkan. Akan tetapi sekarang proses melahirkan sudah ditangani oleh tenaga kesehatan yang menggunakan alat-alat yang steril sehingga tidak perlu khawatir lagi.

Kemungkinan wanita yang menikah akan hamil setelahnya. Dengan suntik tetanus sebelum menikah bisa mencegah ibu dan bayi tertular penyakit tetanus ketika proses melahirkan. Semua alasan tersebut menjadi latar belakang mengapa calon pengantin wanita penting untuk melakukan suntik tetanus meskipun mereka pernah mendapatkannya sewaktu kecil.

Kapan Waktu Untuk Suntik Tetanus?

Bagi semua wanita yang akan menikah dan berencana untuk hamil, perlu untuk melakukan suntik tetanus pranikah. Jumlahnya sebanyak 5 kali. Pemberian suntik TT ini dilakukan dengan cara bertahap. Suntik TT ini dilakukan sebulan atau minimal 2 minggu sebelum menikah.

Berikut ini adalah informasi mengenai jadwal suntik tetanus bagi calon pengantin wanita yang didapatkan dari laman situs Kemenkes RI:

  1. TT 1: Sebulan atau usahakan 2 minggu sebelum melakukan pernikahan supaya tubuh memiliki waktu untuk membentuk antibodi.
  2. TT  2: Diberikan sebulan sesudah suntik tetanus 1 (efektif untuk melindungi tubuh sampai 3 tahun).
  3. TT3: Dilakukan 6 bulah sesudah TT 2 (efektif untuk memberikan perlindungan hingga 5 tahun ke depan).
  4. TT4: Diberikan 12 bulan setelah TT3 (jangka waktu perlindungannya 10 tahun).
  5. TT5: Suntik Tetanus ini dilakukan sesudah TT4 (Dapat melindungi sampai 25 tahun).
Klik Untuk Donasi -
Tetanus Berat
Fajar
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.17,139,682
  2. Pencapaian inf%
  3. Donatur 44

Dimana Suntik Tetanus Bisa Dilakukan?

Untuk mendapatkan suntik tetanus, calon pengantin wanita bisa mengunjungi di bidan, rumah sakit, atau Puskesmas. Sesudah melakukan suntik TT, pastikan untuk mendapatkan bukti surat keterangan yang menyatakan calon penganti wanita telah mendapatkan vaksin TT. 

Nantinya, surat keterangan tersebut akan dilampirkan sebagai prasyarat untuk daftar menikah beserta prasyarat lainnya. Untuk harga vaksin ini tidaklah mahal, hanya 50 ribu rupiah.  

Setelah mendapatkan informasi di atas, para calon pengantin wanita kini pasti sudah mengetahui pentingnya untuk mendapatkan suntik tetanus pranikah. Ini bukan hanya persyaratan pranikah semata, tapi untuk keselamatan ibu dan bayi kelak. Menurut WHO Indonesia sudah sukses meraih status eliminasi tetanus maternal serta neonatorum. 

Setelah melakukan suntik tetanus, salah satu hal lagi yang biasanya dilakukan oleh calon pengantin (Catin) wanita dan laki-laki adalah melakukan amalan sunah, seperti bersekah. Catin wanita dan laki-laki bisa bersedekah dengan membantu pasien yang membutuhkan bantuan biaya pengobatan melalui WeCare.id. Untuk bersedekah cukup berkunjung ke situs web WeCare.id atau mengunduh aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

Alasan Suntik Tetanus pada Pasangan yang Akan Menikah. (2019). Diambil kembali dari halodoc.com.

Anggraini, S. (2022). Mengapa Harus Suntik TT sebelum Menikah? Diambil kembali dari skata.info.

Mengapa Suntik TT Penting Bagi Wanita Sebelum Nikah ? (2022). Diambil kembali dari griyahusada.com.Suntik TT Sebelum Menikah untuk Calon Pengantin. (2019). Diambil kembali dari sumsel.kemenag.go.id.

Sumber Featured Image : CDC: https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-orang-perempuan-potret-profesional-3993211/