Musim Hujan Datang, Waspadai Flu dan Batuk

Musim Hujan Datang, Waspadai Flu dan Batuk

Di saat musim hujan, penyakit yang sering muncul adalah flu dan batuk. Penyakit ini sering dihubungkan dengan musim hujan, tapi ternyata bukan karena musim hujan orang-orang terkena hidung meler dan batuk. Penyebabnya adalah karena di musim ini risiko penularan kedua penyakit tersebut meningkat yang disebabkan oleh beberapa hal. 

Klik Untuk Donasi - Kulitnya Terbakar akibat Kemoterapi, Yuk Bantu Rifaldi Berjuang Lawan Kanker Darah!
Bantu Rifaldi Lawan Kanker Darah!
Rifaldi Aulia
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.649,500
  2. Pencapaian 2.47%
  3. Donatur 30

Penyebab Flu dan Batuk Muncul di Musim Hujan

Ketika musim hujan, virus dapat bertahan hidup lebih lama disebabkan oleh faktor iklim, misalnya kelembapan serta suhu udara yang relatif rendah. Selain itu, di saat musim hujan sinar matahari jarang muncul padahal sinar matahari merupakan pembatas kelangsungan hidup virus. Karena itulah orang mudah terkena flu dan batuk. 

Di saat musim hujan, orang malas keluar, sehingga orang lebih banyak berkumpul di dalam ruangan. Berada di dalam ruangan dengan pertukaran udara yang buruk akan mempermudah virus untuk menular. 

Aliran darah menuju ke saluran napas bagian atas serta hidung pun menurun karena permukaan tubuh kedinginan. Akibatnya terjadi penyempitan pembuluh darah (vasokonstriksi) yang  bisa mempengaruhi pertahanan tubuh sehingga memudahkan orang terkena flu dan batuk.

Selain itu, lingkungan epitel saluran pernapasan yang dingin menjadi tempat yang bagus untuk perkembangbiakan virus yang telah ada di tempat, maka flu dan batuk pun mudah menyerang.

Tips Mencegah Flu dan Batuk

Di tengah-tengah musim hujan, banyak banyak orang yang menjadi rentan terkena flu dan batuk. Saat mengalami kedua penyakit ini, pilihannya adalah istirahat yang cukup dan melakukan saran dokter. Meski demikian, cara terbaik tetaplah untuk mencegah penyakit tersebut sejak dini. Berikut ini adalah tips untuk mencegah kedua penyakit yang kerap muncul di saat musim hujan tersebut.

Rajin Berolahraga Secara Rutin

Dengan rajin melakukan olahraga secara rutin, orang akan terhindar dari penyakit peradangan juga penyakit kronis. Tak hanya itu, olahraga juga bisa membantu meminimalkan stres dan mempercepat sirkulasi sel darah putih, sel yang berfungsi melawan penyakit, seperti flu dan batuk. Olahraga yang sederhana seperti berjalan tiga kali dalam seminggu, sudah bisa membantu tubuh tetap bugar dan membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Menjaga Kebersihan

Selama musim hujan cara mencegah infeksi virus adalah dengan menjaga kebersihan. Pastikan untuk selalu mencuci tangan sebelum serta sesudah makan, sesudah batuk, bersin, ataupun memakai kamar kecil. Hindari menyentuh bagian hidung, mata serta telinga apabila belum mencuci tangan. Lebih baik tidak berbagi makanan maupun minuman dengan orang lain apabila sendang mengalami flu dan batuk. Jangan lupa juga untuk membersihkan makanan sebelum memasaknya agar terhindar dari bakteri dan virus yang menempel pada makanan tersebut.

Lebih Baik Makan di Rumah

Makanan bisa menjadi penyebab orang rentan terkena virus serta infeksi. Karena itu, selama musim hujan usahakan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Makan di rumah selama musim hujan adalah pilihan terbaik karena bisa jadi makanan di luar tidak disimpan atau diolah secara higienis sehingga bisa membuat orang mudah terkena flu dan batuk.

Konsumsi Cukup Air

Tips kesehatan yang akan terus berlaku untuk menjaga kebugaran tubuh adalah mengonsumsi air yang cukup. Mengonsumsi air yang cukup dapat membantu tubuh tetap sehat, melawan kuman serta infeksi, dan mencegah timbulnya penyakit. Pastikan juga air yang dikonsumsi adalah air yang bersih. 

Minum Teh Hijau

Teh Hijau memiliki kandungan antioksidan dan polifenol teh, termasuk EGCG. Semua kandungan tersebut dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Selanjutnya, antioksidan membantu menghilangkan bakteri berbahaya dan radikal bebas yang dapat membuat orang jadi rentan terhadap flu dan batuk, influenza dan penyakit autoimun. Teh hijau juga mempunyai sifat anti inflamasi yang membantu meredakan peradangan dan iritasi yang dapat mengakibatkan sakit tenggorokan.

Tidur Nyenyak

Ketika tidur, tubuh melepaskan sitokin, yaitu sejenis protein yang mengatur sistem kekebalan untuk membantu tubuh melawan infeksi. Karena itu, penting untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak agar memiliki kekebalan tubuh yang bagus. Kekebalan tubuh yang bagus dapat membuat orang terhindar dari flu dan batuk di musim hujan.  Kurang tidur atau tidur kurang dari enam jam sehari dapat membuat tubuh lemah dan lebih rentan terkena infeksi dan demam virus.

Yuk Bantu Abhizar Lunasi Biaya Tagihan Rumah Sakitnya!

Hindari Terkena Air Hujan 

Basah karena terkena air hujan akan membuat orang jadi mudah terkena sakit tenggorokan ataupun pilek. Jadi, hindari terkena air hujan. Apabila basah karena air hujan, segera mandi dengan air panas agar tidak terkena flu dan batuk.

Yang Harus Dilakukan Jika Mengalami Gejala Flu dan Batuk

Apabila menderita flu dan batuk, perhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Jangan lupa untuk memakai masker supaya tidak menulari orang lain. Selain itu, masker juga akan membantu orang terhindar dari virus yang berada di udara.
  2. Konsumsi cukup air karena flu dan batuk bisa membuat orang dehidrasi apabila kedua penyakit itu disertai dengan diare dan muntah. 
  3. Saat hidung terasa mampat, uaplah dengan air air panas. Ambil wadah kemudian isi air panas. Setelah itu menunduklah di atas wadah tersebut dengan kepala ditutupi oleh handuk supaya uap menyebar di sekitar hidung dengan baik. Selama 30 menit, tarik napas dalam-dalam dari hidung. 
  4. Kumur menggunakan air garam apabila tenggorokan terasa gatal karena batuk. Campur air hangat dan setengah sendok teh garam. Berkumurlah menggunakan air tersebut. Ingat jangan ditelan! Fungsi air garam adalah untuk membunuh bakteri di dalam mulut serta tenggorokan.
  5. Untuk menjaga suhu tubuh serta berkeringat, jangan lupa untuk berolahraga selama kurang lebih 20 menit setiap harinya agar membantu membunuh virus yang menempel di tubuh. 
  6. Hindari mengonsumsi antibiotik saat mengalami flu dan batuk karena obat antibiotik tidak digunakan untuk mengobati virus, melainkan infeksi bakteri.

Selama musim hujan, orang akan  mudah terkena flu dan batuk karena cuacanya yang dingin sehingga memudahkan virus berkembang. Oleh karena itu, pastikan untuk mengikuti saran-saran yang disebutkan di atas. Apabila tubuh sehat, tentunya kita bisa membantu orang lain yang membutuhkan bantuan kita, seperti pasien yang membutuhkan bantuan biaya pengobatan atau korban bencana. Kita bisa membantu mereka melalui WeCare.id. Cukup kunjungi situs webnya atau unduh aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

4 Tips To Prevent Cold And Cough In Monsoon. (2020). Diambil kembali dari adityabirlacapital.com.

8 Tips to Stay Away from Cold and Cough in this Monsoon. (2020). Diambil kembali dari srisriholistichospitals.com.

Sudah Tahu? Ini Alasan Mengapa Kita Lebih Mudah Sakit Flu dan Batuk Berdahak Saat Musim Hujan. (2022). Retrieved from bodrex.com.

Waspada Flu dan Batuk Saat Musim Hujan, Ini Jurus Jitu Mengatasinya! (2021). Diambil kembali dari rdifm.co.id.

Sumber Featured Image : Towfiqu barbhuiya on Unsplash