Musim Hujan Melanda, Ini Cara Mengatasi Banjir

Musim Hujan Melanda, Ini Cara Mengatasi Banjir

Hujan mulai mengguyur daerah Indonesia. Beberapa wilayah bahkan sudah mengalami banjir. Bahkan banjir yang melanda sekarang sudah menelan korban jiwa. Salah satunya adalah seorang mahasiswi di Bogor yang terseret banjir saat pulang kuliah. Banjir memang selalu menjadi permasalahan yang muncul di saat musim hujan. Salah satu penyebabnya adalah intensitas curah hujan yang cukup tinggi. Kondisi ini diperparah dengan semakin berkurangnya daerah resapan air. Karena itu kita perlu mengetahui cara mengatasi banjir agar dapat mengurangi kerugian dan kerusakan akibat banjir.

Tak harus menunggu pemerintah, kita bisa berinisiatif untuk mulai mencegah banjir. Setiap cara mencegah banjir yang kita lakukan bisa berdampak positif untuk lingkungan. Apa saja caranya? Yuk, ikuti caranya di artikel berikut ini.

Klik Untuk Donasi - Mengidap Kanker Tulang Hingga Menyebar ke Parunya, Diva Butuh Biaya untuk Berobat!
Bantu Diva Sembuh dari Kanker!
Diva Annisa Aulia
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.756,900
  2. Pencapaian 3.13%
  3. Donatur 20

Membersihkan Selokan

Secara rutin membersihkan selokan bisa jadi cara mencegah banjir. Periksa selokan secara rutin. Selain itu, bersihkan juga sampah-sampah yang menyumbat. Salah satu yang bisa menyebabkan banjir adalah sampah yang menyumbat karena air jadi menggenang sehingga akhirnya meleber dan membanjiri rumah. Jadi bersihkan semua penyumbat-penyumbat tersebut.

Jangan Buang Sampah ke Selokan

Menjaga selokan bebas sampah adalah cara mencegah banjir yang mudah dilakukan oleh tiap individu. Caranya yaitu dengan tidak menjadikan selokan sebagai tempat pembuangan sampah. Ketika hujan, selokan menjadi tempat penampungan air. Jika selokan tersumbat sampah, maka kapasitasnya untuk menampung air jadi berkurang, sehingga menyebabkan air meluap dan banjir pun terjadi. 

Bersihkan Halaman Rumah 

Agar selokan di depan rumah tidak tersumbat saat hujan, pastikan untuk membersihkan sampah-sampah yang menumpuk, seperti dedaunan dan puing-puing. Bila memiliki banyak pohon di depan halaman rumah, pastikan untuk mengumpulkan sampah dan membuangnya ke tempat sampah atau menjadikannya sebagai kompos. Potensi penyumbatan selokan bisa dicegah dengan cara membersihkan halaman rumah secara berkala.

Menciptakan Taman di Rumah 

Cara mengatasi banjir lainnya, yaitu dengan membuat taman kecil di depan atau belakang rumah. Banjir di daerah perkotaan menjadi semakin parah karena kurangnya daerah resapan air. Tanaman-tanaman di halaman rumah bisa menyerap air hujan. Kurangnya pepohonan bisa membuat air tidak menyerap ke dalam tanah sehingga terjadi banjir. Selain berfungsi sebagai pencegah banjir, tanaman dan pepohonan di halaman juga bisa membuat rumah menjadi lebih asri. 

Pasang Paving Block

Daripada menyemen halaman lebih baik gunakan paving block karena bisa menyerap air kemudian menyalurkan air ke dalam tanah. Paving block memiliki daya serap yang baik sehingga guyuran air hujan tidak akan menyebabkan banjir. Manfaat pemasangan paving block lainnya yaitu bisa menjamin ketersediaan air tanah, sehingga dapat dibor dan digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Divonis Kanker Darah, Maureen Butuh Biaya untuk terus Berobat!

Membuat Lubang Biopori

Lubang biopori merupakan cara mengatasi banjir yang mudah pembuatannya. Bentuknya silinder, umumnya lubang biopori ini mempunyai kedalaman sekitar 100 cm. Agar lebih maksimal, lubang dibuat di area tempat berkumpulnya air. Kita bisa membuat lubang biopori di dasar selokan, di dekat pohon, atau di pekarangan rumah.

Adanya lubang biopori membuat air hujan akan lebih mudah terserap oleh tanah. Lubang biopori membuat cadangan air tanah jadi meningkat dan risiko banjir pun berkurang. Manfaat lain dari lubang biopori adalah bisa dijadikan tempat untuk membuang sampah organik. Nantinya sampah organik di dalam lubang biopori bisa berubah menjadi kompos, sehingga bermanfaat untuk mengurangi sampah di tempat pembuangan sampah akhir.

Jangan Mendirikan Bangunan di Pinggir Sungai

Sulitnya mendapatkan lahan kosong untuk perumahan membuat beberapa orang terpaksa mendirikan bangunan di pinggir sungai. Pendirian tempat tinggal di pinggir sungai membuat sungai menjadi sempit. Tak hanya itu ada potensi sampah dari rumah tangga masuk ke sungai dan membuat sungai jadi tersumbat yang akhirnya bisa menyebabkan banjir.

Itulah beberapa cara mengatasi banjir yang bisa kita lakukan sendiri. Dengan langkah-langkah di atas kita bisa meminimalkan kerugian dan kerusakan akibat banjir. Selain masalah banjir, yang juga harus menjadi perhatian kita adalah para pasien yang membutuhkan biaya pengobatan. Kita bisa membantu mereka dengan berdonasi melalui WeCare.id. Caranya mudah sekali. Cukup dengan mengunduh aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

12 Cara Mengatasi Banjir dan Penyebabnya. (2021). Diambil kembali dari rumah.com.

Bagaimana Cara Menanggulangi Banjir? (2016). Diambil kembali dari pusatkrisis.kemkes.go.id.

Faradiba, N. (2021). Cara Mencegah Banjir. Diambil kembali dari kompas.com.Sharon. (2022). 10+ Cara Mencegah Banjir yang Bisa Kamu Lakukan. Diambil kembali dari ruparupa.com.

Sumber Featured Image :  J Lloa dari Pixabay