Sebelum Menikah, Pastikan Sudah Membahas Hal Ini dengan Pasangan

Sebelum Menikah, Pastikan Sudah Membahas Hal Ini dengan Pasangan

Pernikahan adalah tujuan akhir mereka yang menjalin hubungan. Berbeda dengan saat pacaran yang masih terasa indah, ketika sudah menikah terkadang banyak kejutan-kejutan yang bisa saja memicu pertengkaran. Pada fase ini, akan muncul karakter asli dari tiap pasangan, dari kebiasaan baik hingga kebiasaan buruk. Karena itulah sebelum mengucapkan janji suci, ada baiknya kamu dan pasanganmu duduk bersama untuk membahas beberapa hal penting agar tujuan pernikahan bisa tercapai. Apa saja hal penting tersebut? Berikut ulasannya.

Sering Sesak dan Demam, Nyawa Aisha Sangat Terancam akibat Derita Jantung Bocor!

  • Keyakinan

Meski ini merupakan topik bahasan yang cukup sensitif, tapi keyakinan menyangkut prinsip hidup seseorang. Ini berkaitan dengan hubungan seseorang dengan Tuhan. Bagaimana peran agama dalam hidupmu dan pasangan? Misalkan saja prinsip beragamamu kuat, tetapi pasanganmu tidak seperti dirimu dalam beragama. Bagaimana nanti ketika sudah menikah? Jika tidak dibicarakan, bisa menimbulkan perselisihan. Atau jika kamu dengan pasanganmu berbeda keyakinan, bagaimana kalian akan menjalankan rumah tangga dan mendidik anak kelak?

  • Komitmen

Sebelum menikah, hal penting lainnya yang perlu kamu bicarakan dengan pasangan adalah mengenai komitmen. Apa arti komitmen bagi kamu dan pasanganmu dan bagaimana kalian akan menjaganya dalam ikatan pernikahan nanti? Hal ini juga termasuk batasan toleransi jika komitmen dilanggar. Misalnya saja, apa yang akan dilakukan jika salah satu dari kalian berbohong atau berselingkuh?

  • Rahasia

Salah satu poin penting sebelum menikah yang harus kamu ungkapkan kepada pasangan adalah rahasia. Kamu dan pasangan harus terbuka tentang rahasia yang kalian miliki. Hal ini untuk menghindari kekecewaan di masa datang bila rahasia itu terkuak.

  • Keluarga

Perselisihan pasangan yang menikah tak melulu bersumber dari kedua orang tersebut. Terkadang keluarga bisa menjadi sumber perselisihan. Maka dari itu, sebelum menikah kamu harus mengetahui terlebih dulu keluarga pasanganmu. Akan lebih baik jika kamu mengetahuinya sejak awal supaya kamu bisa menghadapinya di masa depan. Bahas bersama pasanganmu tradisi keluarga masing-masing. Cari tahu juga apakah keluarga akan ikut tinggal bersama, dll.

  • Pembagian Tanggung Jawab

Ketika menikah nanti harus sudah ada pembagian tanggung jawab. Siapa yang bertugas memegang keuangan keluarga? Jika tidak memiliki asisten rumah tangga alias ART, pekerjaan rumah juga harus sudah dibagi. Jangan sampai salah satu pihak kelelahan karena banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Pembagian tanggung jawab juga berlaku untuk keuangan. Jika kamu dan pasanganmu sama-sama bekerja, pembagian tagihan juga harus dipersiapkan. Siapa yang akan membayar tagihan biaya rumah tangga, seperti listrik, air, gaji ART dan sebagainya? Siapa yang akan membayar cicilan rumah dan kendaraan? Semuanya harus dibahas terlebih dulu sebelum menikah.

  • Keuangan

Membahas mengenai penghasilan masing-masing pasangan bisa jadi hal yang cukup sensitif. Membicarakan gaji maupun bonus, bukan berarti kamu orang yang “matre.” Dengan terbuka mengenai hal tersebut, kamu dan pasangan bisa mengatur keuangan keluarga secara bersama-sama. 

Kebiasaan keuangan juga harus dibahas, mulai dari menabung sampai dengan kebiasaan membelanjakan uang gaji. Contohnya saja, apakah kamu boleh pergi liburan bersama teman ketika sudah menikah atau bagaimana supaya kamu dan pasanganmu tetap bisa menyalurkan hobi masing-masing. 

  • Anak

Anak merupakan hal biasanya didambakan hadir setelah menikah. Harus ada pembahasan mengenai anak sebelum menikah. Apakah kamu dan pasangan ingin segera memiliki momongan atau menunda terlebih dulu? Bagaimana bila tak bisa memiliki keturunan? Berapa jumlah anak yang diinginkan. Atau mungkin kamu tak berencana memiliki anak sementara pasanganmu ingin punya anak. Ini semua wajib dibicarakan sebelumnya supaya tidak ada perselisihan.

Selain itu, gaya pengasuhan anak pun penting untuk dibicarakan. Biasanya cara pendidikan sejak kecil akan terbawa hingga kamu dewasa. Diskusikan bagaimana kamu dan pasangan akan membesarkan anak nanti. Pola asuh semacam apa yang akan dipakai.

  • Tempat tinggal

Ketika menikah berarti kamu akan tinggal bersama dengan pasanganmu. Jika pasanganmu tinggal di kota yang berbeda denganmu, di manakah kalian nanti akan tinggal? Atau mungkin kamu dipindahtugaskan ke daerah lain, apakah pasanganmu akan ikut bersamamu atau ada pilihan lain? Bagaimana pula jika orang tua meminta kamu dan pasangan untuk tinggal bersama mereka? Jika hal ini dibicarakan terlebih dulu sebelum menikah, maka masalah yang muncul bisa dicarikan jalan keluarnya.

Klik Untuk Donasi - MRT Berbagi Untuk Korban Gempa Cianjur
  1. Terdanai Rp.27,992,285
  2. Pencapaian 53.32%
  3. Donatur 108
  • Karier

Umumnya setelah menikah istri akan menjadi ibu rumah tangga. Namun, sekarang ini banyak wanita karier yang juga berstatus menikah. Ada yang bekerja sebagai pencapaian karier dan ada juga yang bekerja karena ingin membantu ekonomi keluarga. Mungkin kamu sudah berencana untuk meneruskan sekolah, bagaimana kamu dan pasangan menangani masalah ini. Jangan sampai salah satu dari kalian merasa menyesal karena karier terhambat gara-gara menikah.

  • Impian masa depan

Ketika merancang masa depan bersama pasangan, apa yang kamu dan pasanganmu inginkan dari pernikahan ini? Bicarakan apa yang menjadi impian kalian mengenai pernikahan. Dengan begitu, kalian bisa meraihnya secara bersama-sama. Maka dari itu, sebelum menikah bahasan tentang impian masa depan ini tak boleh kamu dan pasanganmu lewatkan.

Pernikahan adalah hal yang membahagiakan. Untuk menyambut bersatunya kedua orang yang berbeda tersebut, harus ada pembicaraan mengenai banyak hal terlebih dahulu agar pernikahan bisa bahagia. Salah satunya mengenai kebiasaan keuangan. Jika kamu biasa menyisihkan uang gaji untuk berdonasi, pastikan untuk membicarakannya dengan pasangan. Siapa tahu ternyata pasanganmu juga memiliki kebiasaan yang sama. Jika kalian biasa membantu orang-orang yang membutuhkan bantuan, kalian bisa berdonasi membantu pasien yang membutuhkan biaya pengobatan melalui WeCare.id. Caranya dengan mengunduh aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

Hifziyah, Y. (2021). 7 Hal ini Perlu Dibicarakan dengan Pasangan Sebelum Menikah. Diambil kembali dari idntimes.com.

Nafasya, M. N. (2021). 11 Hal yang Wajib Dibicarakan Sebelum Menikah . Diambil kembali dari lifestyle.bisnis.com.Setiawanti, R. M. (2022). 7 Topik Ini Wajib Dibicarakan dengan Pasangan Sebelum Menikah. Diambil kembali dari popbela.com.

Sumber Featured Image : Álvaro CvG on Unsplash