Ini 9 Persiapan Pernikahan yang Harus Kamu Tahu!

Ini 9 Persiapan Pernikahan yang Harus Kamu Tahu!

Pernikahan memberikan kebahagiaan bukan hanya untuk pasangan yang akan melakukannya, tapi juga pada sanak saudara dan handai tolan. Namun sebelum melangkah ke jenjang ini, ada banyak hal yang harus dipersiapkan terlebih dulu. Persiapan pernikahan sangat penting karena akan mempengaruhi kehidupan masa depan sang mempelai nantinya. Lalu, persiapan apa saja yang harus dilakukan oleh calon pengantin sebelum memutuskan untuk menikah? Yuk, baca detailnya di bawah ini.

Definisikan Pernikahan

Kamu dan pasanganmu pastinya memiliki definisi yang berbeda tentang pernikahan. Jadi, sebelum melangkah ke jenjang yang serius ini, pastikan persiapan pernikahan yang satu ini sudah dibahas terlebih dahulu. Diskusikan gagasan masing-masing mengenai pernikahan juga harapan dalam kehidupan pernikahan nantinya. Bagi pasanganmu, pernikahan mungkin penyatuan keluarga. Namun, bagimu mungkin ini pernikahan itu adalah dua orang yang berbagi hidup bersama. Nah, coba tengahi perbedaan pandangan ini supaya di masa depan tidak timbul masalah karena hal ini.

Siapkan Fisik

Menikah membutuhkan persiapan mental juga fisik. Untuk bisa mencari nafkah, mengerjakan perkerjaan rumah tangga, mengasuh anak, sampai aktivitas seksual tentunya butuh kekuatan fisik yang bagus. Oleh karena itu jika kamu dan pasanganmu memiliki masalah kesehatan fisik, segera obati. Pastikan juga untuk berbagi riwayat kesehatan dengan pasangan agar jika terjadi sesuatu yang tak diinginkan, kamu atau pasanganmu tidak akan kaget dan bisa melakukan antisipasi.  

Rizki Seorang Kondektur Truk Alami Kecelakaan Hingga Kakinya di Amputasi!

Siapkan Mental

Dalam kehidupan pernikahan, kamu dan pasanganmu akan memikul tanggung jawab dan peran yang baru. Ada yang berperan sebagai istri dan ada juga yang berperan sebagai suami. Jika keduanya tidak siap dengan peran dan tanggung jawabnya masing-masing, maka akan timbul perselisihan. Mengesampingkan ego demi menghindari pertengkaran bukanlah hal yang mudah. Perlu kesiapan mental untuk bisa melakukannya. Apalagi jika sudah ada anggota keluarga baru, anak, tak pelak masalah pun akan bertambah lagi. Jadi, persiapan pernikahan yang penting ini tidak boleh diabaikan.

Berbagi Informasi tentang Kesehatan Psikologis

Tiap orang memiliki kepribadian dan kondisi mental yang berbeda-beda, termasuk kamu dan pasanganmu. Jika kamu sudah memantapkan diri untuk menikah, ada baiknya persiapan pernikahan yang satu ini masuk dalam topik bahasanmu dengan pasangan. Kamu dan pasanganmu perlu tahu kondisi kesehatan psikologis masing-masing. Ini bukan hal mudah untuk diutarakan karena sebagian orang masih takut dihakimi saat mengutarakan kesehatan mentalnya. Mungkin kamu sedang berjuang melawan kecemasan yang berat dan perlu orang yang benar-benar bisa memahami dan mendukung perjuanganmu ini. Jika kamu tidak mengutarakan hal ini pada pasanganmu, bisa jadi dia tidak paham dan justru malah menimbulkan konflik besar di antara kalian berdua. Jadi, pastikan untuk duduk bersama dan lakukan percakapan mengenai hal penting ini.

Diskusikan Soal Finansial

Untuk yang satu ini kamu dan pasanganmu harus mau terbuka satu sama lain meski tak mudah dan tak selalu menyenangkan untuk didiskusikan. Akan tetapi topik ini penting untuk masuk dalam persiapan pernikahanmu agar tidak terjadi yang merusak keharmonisan pernikahan. Kamu dan pasanganmu harus membicarakan mengenai sumber pendapatan, pembagian biaya hidup, perencanaan hidup, dan apakah akan tetap bekerja setelah tua nanti. 

Bicara Mengenai Anak

Hal sensitif ini bisa menimbulkan friksi dalam pernikahan. Karenanya ketika melakukan persiapan pernikahan, bicarakan mengenai apakah sudah siap untuk memiliki anak atau kapan rencana memiliki anak. Jika tak ingin menunda momongan, artinya harus mempersiapkan program kehamilan juga menjalani gaya hidup yang sehat. Yang tak kalah penting juga adalah keuangan. Memiliki anak berarti kamu harus mempersiapkan dana untuk masa depan anak. Jadi, pastikan dari awal sudah ada kesepakatan mengenai hal ini.

Bahas Masalah Keintiman

Persiapan pernikahan tak melulu soal mental, fisik dan keuangan. Soal keintiman juga harus dibahas sejak awal. Bisa saja kamu dan pasanganmu memiliki harapan yang berbeda soal keintiman. Misalnya, seperti apa sih definisi selingkuh itu karena bisa jadi menurut kamu itu wajar, bagi pasanganmu itu sudah termasuk kategori selingkuh. Apa yang kamu dan kamu inginkan atau harapkan dalam keintiman seksual? Adakah batasan yang kamu miliki soal hal keintiman seksual? Apakah kamu butuh merasa diinginkan dan dibutuhkan secara seksual? Pertanyaan-pertanyaan ini harus dibahas secara terbuka dan jujur di antara kamu dan pasanganmu sebelum hari pernikahan.

Pembagian Tugas

Jangan salah, hal ini terlihat sepele tapi jika tidak masuk dalam bahasan persiapan pernikahan bisa-bisa merusak pernikahanmu nanti. Dalam rumah tangga banyak sekali pekerjaan yang harus dilakukan bahkan sebelum memiliki anak sekali pun. Apakah tugas-tugas ini akan dibagikan atau didelegasikan khusus pada satu pihak saja. Misalnya saja, suami mencari nafkah dan istri yang bertugas mengerjakan pekerjaan rumah. Bagaimana jika suami dan istri sama-sama bekerja, bagaimana dengan pekerjaan rumah? Apakah akan berbagi atau menyewa asisten rumah tangga?

Klik Untuk Donasi - Mengidap Epilepsi Hingga BBnya terus Menurun, Shalwa Butuh Nutrisi Khusus!
Epilepsi
Shalwa Azka Aurellia
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.373,961
  2. Pencapaian 2.37%
  3. Donatur 14

Bekali Diri dengan Pengetahuan

Bekali dirimu dengan pengetahuan mengenai kesehatan reproduksi, pola hidup sehat, cara pengasuhan anak, dan info lainnya. Persiapan pernikahan ini akan sangat bermanfaat bagimu di kemudian hari. 

Nah, itulah beberapa hal yang penting kamu masukkan dalam persiapan pernikahan. Keputusan menikah adalah sesuatu yang besar dan harus dipersiapkan dengan baik. Dengan adanya persiapan ini akan membantu kamu dan pasanganmu dalam menjalani kehidupan bersama nantinya. Setelah kamu dan pasanganmu selesai membahas soal persiapan untuk menikah, coba luangkan waktu sesaat untuk membantu para pasien yang membutuhkan bantuan finansial. Kamu bisa berdonasi melalui WeCare.id dengan cara dengan mengunduh aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

5 Persiapan Penting Sebelum Menikah, Lakukan Sebelum Terlambat! (2021). Diambil kembali dari hellosehat.com.

Efendi, A. (2020). Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Menikah? Diambil kembali dari tirto.id.

Intan, R. (2021). 5 Pedoman Sebelum Menikah, Apa Saja yang Perlu Disiapkan? Diambil kembali dari id.theasianparent.com.

Ogletree, K. (2018). 10 Important Things Every Couple Should Do Before Getting Married. Diambil kembali dari realsimple.com.

Sarina. (2021). 10 TIPS FOR PREPARING FOR MARRIAGE YOU NEED TO IMPLEMENT RIGHT NOW. Diambil kembali dari thedatingdivas.com.

Smith, S. (2021). 21 Helpful Pointers for Couples Preparing for Marriage. Diambil kembali dari marriage.com.

Sumber Featured Image : Foto Pettine on Unsplash