Kulit Putih dan Sehat dengan 7 Minuman Kolagen Ini

Kulit Putih dan Sehat dengan 7 Minuman Kolagen Ini

Salah satu produk kecantikan yang sedang hype saat ini adalah minuman kolagen. Produk ini sedang banyak dibicarakan karena disebutkan salah satu manfaatnya adalah bisa membuat kulit putih. Sebelum bahas tentang manfaatnya, berikut ini penjelasan seputar kolagen.

Kolagen

Kolagen merupakan protein alami yang ada di dalam tubuh. Protein ini mengandung asam amino hidroksiprolin, yang bisa membuat kulit kamu jadi terlihat awet muda dan elastis. Namun ketika umur kamu bertambah, tingkat alami kolagen dalam tubuh menurun. Ini akan mengarah ke tanda-tanda umum penuaan seperti kulit kendur, kerutan, dan penipisan. Umumnya ketika berusia 50 tahun, kolagen di kulit akan hilang sekitar 50 persen. Secara teori, kolagen dalam makanan atau minuman akan membantu tubuh memproduksi lebih banyak kolagen alami yang dapat menjaga kulit tampak muda lebih lama.

Berdasarkan penelitian yang terbatas, asupan kolagen yang diminum menunjukkan efek positif yang signifikan secara statistik, seperti kulit menjadi terhidrasi dan lembap. Untuk kolagen yang diminum hasilnya bergantung pada bahan sumber dan proses pembuatannya.

Sejarah Konsumsi Kolagen

Faktanya mengonsumsi kolagen bukan sesuatu yang baru. Selama berabad-abad manusia sudah melakukan hal tersebut. Contoh konsumsi kolagen adalah gelatin, yang merupakan bentuk kolagen yang dimasak. Caranya yaitu dengan merebus kulit, tulang rawan, dan tulang hewan dalam air. Gelatin sering digunakan untuk menjadi pengental dalam gelatin buah atau puding, yogurt, kue, sup, es krim, dan kaldu tulang. Bahkan, gelatin juga digunakan sebagai pelapis dalam vitamin serta untuk kapsul. Jadi kemungkinan kamu sudah mengonsumsi kolagen dalam hidupmu. 

Mengapa Harus Peduli dengan Kolagen?

Tak hanya supaya mendapatkan kulit putih, salah satu alasan mengapa mengonsumsi kolagen adalah keriput. Hal itu karena kolagenlah yang membuat kulit kita jadi terlihat muda dan elastis. Akan tetapi di kulit terdapat enzim yang bernama kolagenase yang memecah ikatan dalam kolagen. Jadi, walaupun tubuhmu setiap hari membuat kolagen baru, melewati usia 25 tahun, kamu akan kehilangan lebih banyak kolagen dibandingkan dengan jumlah kolagen yang bisa tubuhmu hasilkan. Karena itu wajahmu mulai terlihat kerutan, garis-garis halus, kulit jadi kendur serta persendian melemah.

Kolagen untuk Kulit dan Rambut

Mungkin kamu bertanya-tanya selain membuat kulit putih, adakah manfaat lain dari kolagen untuk tubuhmu? Jawabannya, ada. Selain untuk kulit, kolagen juga bermanfaat untuk rambut. Berikut manfaat lain dari kolagen.

  1. Melembabkan

Krim kolagen ditambah dengan bahan-bahan lain seperti vitamin, asam amino, dan asam hialuronat, bisa membantu mengembalikan kesegaran permukaan kulit dan memperbaiki warna kulitmu sekarang. Kulitmu akan terlihat lebih muda jika terhidrasi dengan baik. Karena itu banyak produk pelembap yang menggunakan peptida dan antioksidan yang bisa membantu meningkatkan kolagen.

  1. Kulit Menjadi Lebih Elastis

Selain bisa membuat kulit putih, manfaat kolagen yang paling terkenal yaitu dapat membuat kulit jadi bercahaya dan sehat. Kolagen membuat kulit jadi elastis sehingga membuat kulit jadi terlihat lebih kencang dan awet muda.

  1. Memperbaiki Kulit yang Rusak Karena Paparan Sinar Matahari

Kulitmu rusak akibat terpapar sinar matahari atau juga faktor lingkungan lainnya? Kolagen bisa membantu memulihkan kerusakan kulit yang kamu alami. Caranya yaitu dengan menggunakan tabir surya untuk melindungi kolagen di kulitmu.

  1. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Folikel rambutmu bisa rusak disebabkan oleh radikal bebas. Efeknya rambutmu mengalami kerontokan. Menurut penelitian kolagen laut bisa membantu melawan beberapa jenis radikal bebas, membuat folikel rambut menjadi kuat, dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Klik Untuk Donasi - Bantu WeCare.id Kirim Bantuan Medis ke Seluruh Nusantara
  1. Terdanai Rp.1,899,222
  2. Pencapaian 0.35%
  3. Donatur 41
  1. Membantu Penyembuhan Luka

Kolagen mempunyai peran penting dalam penyembuhan luka. Selain itu, kolagen juga bisa membantu memperbaiki parut pada jaringan kulit.  Hal ini terjadi karena sistem kekebalan menggunakan kolagen untuk menutup luka serta membentuk kulit baru di atas area kulit yang mengalami peradangan.

  1. Melawan Selulit

Munculnya selulit terjadi salah satunya karena penipisan kulit. Jika kadar kolagen tinggi, berarti kulit jadi kencang dan elastis. Ini akan membuat selulit dan stretch mark jadi tidak terlalu tampak.

Apa Manfaat Mengonsumsi Suplemen Kolagen?

Penelitian tentang suplemen kolagen yang diminum sampai sekarang masih terbatas. Hasil sebuah percobaan acak yang dilakukan pada wanita berusia 35 sampai 55 tahun saat diberi kolagen hidrolisat dengan dosis 2,5 – 5 gram/hari menunjukkan peningkatan elastisitas kulit dalam delapan minggu. 

Produk Minuman Kolagen Agar Memiliki Kulit Putih Sehat

Seperti telah disebutkan di atas, untuk produk kolagen yang diminum hasilnya bergantung pada bahan sumber dan proses pembuatannya. Jadi ketika akan membeli produk minuman kolagen pastikan baca dahulu bahan-bahan dan nilai gizi yang tertera pada kemasannya. Berikut ini beberapa produk kolagen dalam bentuk minuman yang memiliki manfaat untuk membuat kulit putih, sehat dan lain-lainnya.

  1. Astalift Pure Collagen Drink

Minuman kolagen Astalift memiliki rasa manis-asam, seperti berry. Astalift memiliki konsentrasi kolagen laut yang tinggi, yaitu 10.000mg. Pada tiap botol 30ml mengandung nutrisi lain seperti Vitamin C, Ceramide untuk menjaga skin barrier (lapisan terluar kulit), dan Ornithine, yang meningkatkan fungsi hati. Astalift tidak hanya baik untuk kulit agar punya kulit putih, tetapi juga kesehatan secara umum.

  1. Shiseido The Collagen Drink 

Shiseido adalah salah satu merek produk kecantikan dan perawatan yang terkenal dan sudah ada sejak lama. Merek ini juga mengeluarkan produk kolagen yaitu Shiseido The Collagen Drink. Produk ini membantu membangun serat kolagen di dalam tubuh untuk mencegah dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Selain itu, Shiseido The Collagen Drink juga meningkatkan metabolisme kulit untuk pemulihan yang lebih cepat dan perlindungan dari serangan luar. Yang paling menarik adalah kandungan Hyaluronic Acid di dalamnya, yang bisa mengatasi kekeringan. 

  1. Kinohimitsu Collagen Diamond Drink

Kinohimitsu menawarkan banyak pilihan minuman kecantikan, di antaranya minuman Collagen Diamond. Kandungan Ekstrak Biji Perilla dalam minuman kolagen ini membantu menghaluskan dan mengencangkan permukaan kulit, sekaligus mengurangi peradangan dan mengunci kelembapan. 

  1. Byoote Collagen 

Produk ini menawarkan minuman kolagen dengan kandungan senyawa kolagen yang telah diurai jadi molekul kecil, sehingga memudahkan penyerapan oleh tubuh. Kandungan di dalamnya ada Glutathione Grade A, Alga Biru, Alga Hijau, Collagen, Ekstrak Delima, Vitamin C, dan Vitamin B Kompleks lengkap yang prosesnya menggunakan teknologi Jepang. Klaim dari produk ini adalah mampu melindungi kulit dari racun lingkungan, melawan radikal bebas, mengurangi tanda penuaan, membantu regenerasi sel kulit, mendetoksifikasi kulit, membantu mengatasi jerawat serta mencerahkan jerawat. 

  1. Roove Collagen Drink 

Minuman kolagen alami ini aman untuk dikonsumsi. Roove Collagen Drink mengandung Tripeptide L-Glutathione, Kolagen Ikan, Hyaluronic Acid, serta Ekstrak Blueberry. Diklaim kandungan tersebut dapat mencerahkan dan melembapkan kulit, menyamarkan kerutan, memudarkan flek hitam, memperbaiki sel yang rusak, membuat rambut lebih indah, juga bisa membuat badan terasa lebih segar. Kandungan stevia di dalamnya membuat minuman ini aman untuk penderita diabetes karena pemanisnya rendah kalori.

  1. VIP Collagen

Produk minuman kolagen ini mempunyai dua rasa, yaitu stroberi serta redbeet. Minuman ini ini bisa dikonsumsi baik oleh perempuan juga laki-laki. Mengandung bahan-bahan alami, VIP terdiri dari Vitamin A, B, C, D serta E. Selain itu, produk ini juga mengandung Collagen Tripeptide Ikan yang berasal dari Korea. Bahan ini  diserap tubuh dengan sangat cepat. Bahan lainnya yaitu Glutathione Grade A. Diklaim VIP Collagen bisa memelihara kesehatan kulit, memperlambat proses penuaan, merawat rambut, tulang, serta kuku. Selain itu, bisa juga untuk meratakan warna kulit, mengatasi jerawat di wajah, dan menghilangkan flek hitam.

  1. Dear Me Collagen Peptide 

Produk ini menawarkan khasiat yang luar biasa, yaitu menjaga kadar kolagen pada kulit, rambut, dan kuku. Dear Me Collagen terdiri dari 5000mg Marine Collagen Peptide, Vitamin C yang kadar asamnya rendah sehingga aman bagi mereka dengan perut sensitif, L-Glutathione premium dari Jepang, serta Probiotik yang berasal dari Jepang untuk sistem pencernaan yang sehat. Produk ini juga mampu meningkatkan produksi kolagen serta mempercepat terjadinya regenerasi kulit.

  1. Laneige Youth Collagen Drink 

Merek dari Korea Selatan ini diklaim mampu memperbaiki tekstur kulit, menghidrasi, melembapkan, serta membuat kulit lebih cerah. Kandungan utamanya adalah Kolagen, Peptida Ikan, Asam Gamma Aminobutirat, Air Laut Dalam, Vitamin C, dan Ekstrak Delima. Asam amino di dalam produk ini bisa membantu untuk meredakan stres sehingga tidur jadi lebih berkualitas. 

Nah, itulah beberapa informasi mengenai kolagen dan suplemennya yang berupa minuman kolagen. Selain untuk membuat kulit putih, elastis, kencang dan cerah, kolagen juga bagus untuk rambut. Sudah menemukan produk suplemen kolagen yang cocok? Jangan lupa sisihkan waktu juga untuk beramal dengan berdonasi untuk membantu pasien yang membutuhkan bantuan finansial. Caranya yaitu dengan mengunduh saja aplikasi WeCare.id di ponselmu melalui Google Store atau App Store. Apa pun dan berapa pun donasi yang kamu berikan akan sangat membantu pasien yang membutuhkan. 

Yuk, donasi sekarang melalui WeCare.id!

Referensi

Brickell, S. (2019). People Everywhere Are Drinking Collagen—Here’s Why. Diambil kembali dari health.com.

Figueroa, J. (2021). Collagen And Glutathione Drinks For The Skin—Are They Really Effective? Diambil kembali dari metro.style.

Rachel. (2021). 8 Best Collagen Drinks In Singapore That Improve Your Skin & Taste Great At The Same Time. Diambil kembali dari girlstyle.com.

Rahmawati, D. (2021). 9 Rekomendasi Minuman Collagen Terbaik yang Aman dan Sehat. Diambil kembali dari sehatq.com.

The Five Best Japanese Collagen Drinks to Keep Your Skin Healthy. (2022). Diambil kembali dari japanesetaste.com.Trisna, A. (2022). 10 Minuman Collagen yang Bagus untuk Memutihkan Kulit di 2022, Ini Pilihannya! Diambil kembali dari id.theasianparent.com.

Sumber Featured Image : Jellybee on Unsplash