Cara Efektif Mengatasi Rambut Rontok

Cara Efektif Mengatasi Rambut Rontok

Rambut rontok merupakan salah satu masalah rambut yang paling umum dijumpai baik di kalangan pria maupun wanita. Masalah ini kerap mendapatkan perhatian khusus karena kehadiran rambut dapat mempengaruhi penampilan seseorang. Memang rambut rontok adalah hal yang wajar. Dalam kondisi normal, seseorang dapat kehilangan 50 hingga 100 helai rambut setiap hari. Namun, bila rambut yang rontok sudah berlebihan maka perlu diwaspadai. Berikut beberapa cara mengatasi rambut rontok yang bisa Anda coba. 

Keramas Seperlunya

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah rambut rontok adalah mengatur frekuensi keramas. Melakukan keramas setiap hari ternyata bisa menyebabkan kondisi rambut lebih cepat rusak, kering hingga mudah patah. Selain itu, kebiasaan mengeringkan rambut dengan menggosoknya menggunakan handuk juga bisa mengakibatkan rambut cepat rontok. 

Karena itu, agar rambut Anda tetap dalam kondisi sehat, lakukan proses keramas 2 hingga 3 kali dalam satu minggu. Kemudian, keringkan rambut dengan handuk secara lembut. Bila perlu, gunakan handuk dengan serat halus usai keramas. 

Lakukan Penataan Rambut yang Tepat

Untuk tampil berbeda, banyak orang yang melakukan berbagai cara penataan rambut. Mulai dari pewarnaan, pengeritingan hingga pelurusan. Bila sering dilakukan, berbagai metode penataan ini bisa membuat rambut menjadi rusak dan kering. Bahkan bisa mengiritasi kulit kepala. Hal ini akan membuat akar rambut tidak kuat sehingga lebih cepat rontok. 

Kebiasaan lain seperti mengepang atau mengikat rambut terlalu kencang juga dapat membuat akar rambut tertarik sehingga rambut cepat rontok. Bila Anda mengalami masalah rambut rontok, sebaiknya kurangi metode dan kebiasaan penataan rambut yang salah. Bila menjadi tuntutan pekerjaan, sebaiknya gunakan vitamin rambut sebelum dilakukan penataan agar setiap helaian rambut bisa mendapatkan tambahan nutrisi. 

Gunakan Bahan Alami 

Selain menggunakan produk-produk komersial, Anda juga bisa mencoba menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi masalah rambut rontok. Minyak kelapa dan lidah buaya misalnya sudah dipercaya sejak zaman dulu untuk mengatasi masalah rambut rontok. 

Penggunaan air perasan lemon juga  bisa menjadi cara mengatasi rambut rontok yang efektif. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam lemon dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut dan menjaga kesehatan kulit kepala. Rambut pun bisa menjadi lebih tebal dan tidak cepat rontok. 

Menerapkan Pola Hidup Sehat

Kondisi tubuh yang terkena penyakit seperti anemia bisa menjadi salah satu pemicu kerontokan rambut. Selain itu, stres berlebihan juga kerap menjadi penyebabnya. Cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kerontokan rambut adalah menjalani pola hidup yang lebih sehat. Misalnya melakukan olahraga secara rutin, tidur cukup waktu dan meluangkan waktu untuk melakukan meditasi. 

Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Cara mengatasi rambut rontok berikutnya adalah memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Hal ini kerap diabaikan oleh mereka yang memiliki masalah rambut rontok padahal sangat penting untuk merawat kesehatan rambut dari dalam. 

Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein dan asam lemak omega-3 dalam jumlah yang cukup agar rambut tumbuh menjadi lebih kuat dan berkilau. Sumber makanannya dapat Anda jumpai pada ikan salmon, ikan kembung, dada ayam dan telur. 

Jangan lupa penuhi asupan vitamin seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D dan vitamin E. Deretan vitamin ini sangat berguna untuk mencegah dan mengatasi rambut rontok. Anda bisa mendapatkannya melalui makanan atau suplemen. 

Ketika sudah mencoba semua cara mengatasi rambut rontok di atas, namun belum mengalami perubahan, maka lakukan konsultasi lebih lanjut agar mendapatkan langkah penanganan yang tepat.

Terbaring lemah di rumah sakit akibat Tumor Ganas yang ia derita, Pak Kukuh Butuh Pertolonganmu!

Sumber Featured Image : Martin Slavoljubovski dari Pixabay