Begini Cara Menghilangkan Ketombe yang Membandel

Begini Cara Menghilangkan Ketombe yang Membandel

Sedang mencari info cara menghilangkan ketombe yang membandel? Pasti kamu sudah bingung karena ketombemu tak hilang-hilang meski sudah berganti-ganti sampo. Artikel berikut akan memberikan tips cara menghilangkan ketombemu. Yuk, simak ulasannya.

Klik Untuk Donasi - Ukuran Kepalanya Membesar, Yuk Ulurkan Tanganmu untuk Panji!
Hidrosefalus
Panji Agung
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.5,882,500
  2. Pencapaian 51.15%
  3. Donatur 48

Daftar isi:

  1. 1. Apa Itu Ketombe?
  2. 2. Cara Menghilangkan Ketombe yang Membandel

Apa Itu Ketombe?

Ketombe merupakan kondisi umum yang memengaruhi kulit kepala. Umumnya ketombe mengakibatkan kulit kepala jadi gatal diikuti munculnya serpihan kulit mati. Menurut Journal of Clinical and Investigative Dermatology, biasanya ketombe mulai muncul sekitar masa pubertas dan mulai mereda sekitar usia 50.

Mirip dengan roti minyak zaitun, ketombe tercipta dari campuran minyak dan ragi. Semua orang mempunyai beberapa jamur di tubuh dan jumlahnya bervariasi bergantung pada campuran genetik dan faktor eksternal dan internal. Ketika kulit kepala memiliki terlalu banyak minyak, tingkat ragi pun meningkat. Jadi bagaimana cara menghilangkan ketomber yang membandel? Kuncinya ada pada pengaturan minyak dan ragi.

Cara Menghilangkan Ketombe yang Membandel

Berikut ini adalah informasi yang kamu tunggu. Ya, inilah cara menghilangkan ketombe yang membandel:

Pastikan Kondisi Kulit Kepalamu 

Sebelum kamu mempraktikan cara menghilangkan ketombe yang membandel, pastikan dulu bahwa itu benar-benar ketombe. Karena bisa saja kamu mengalami kasus lain seperti dermatitis seboroik yang tidak bisa diobati dengan obat yang kamu beli di apotik. Penyakit ini memerlukan perawatan dan resep dokter kulit.  Sementara ketombe biasanya dapat dikenali dengan sel kulit yang jatuh dalam gumpalan berukuran sedang hingga besar yang biasanya sedikit berminyak.

Tea Tree Oil

Penggunaan tea tree oil adalah salah satu cara menghilangkan ketombe yang membandel. Tea tree oil dapat mengurangi peradangan, gatal-gatal dan minyak sehinga terbukti efektif dalam mengurangi ketombe. Bahan alami ini antijamur dan antimikroba. Tambahkan kira-kira 5 sampai 10 tetes tree tea oil ke dalam botol sampo biasa yang kamu gunakan dan kocok dengan baik. Setelah keramas, bilas rambut dengan baik.

Minyak Kelapa Organik

Minyak kelapa organik banyak digunakan untuk mencegah ketombe. Bahan ini menghidrasi kulit kepala dan mencegah kekeringan dan mengelupas, yang dapat meningkatkan ketombe. Minyak kelapa organik juga bersifat antimikroba dan antijamur. Pijat lembut kulit kepala menggunakan minyak kelapa organik, biarkan selama beberapa jam lalu bilas menggunakan sampo ringan.

Cuka Apel

Cara menghilangkan ketombe yang membandel bisa menggunakan cuka apel. Ini adalah obat alami yang efektif untuk menghilangkan ketombe. Cuka apel bersifat asam yang membantu mengangkat sel kulit mati di kulit kepala. Selain itu, cuka apel juga mencegah pertumbuhan jamur. Buat larutan menggunakan 2 sendok makan cuka apel dalam secangkir air. Cuci rambutmu seperti biasa dengan sampo. Kemudian gunakan larutan ini pada bilasan terakhir.

Warga Tidak Mampu Sakit Kritis di Pelosok Indonesia!

Lidah Buaya

Cara menghilangkan ketombe yang membandel lainnya adalah menggunakan lidah buaya. Bahan alami ini dapat mengurangi iritasi kulit dan memiliki efek melembabkan. Selain itu, lidah buaya mengurangi serpihan dan gatal serta meredakan ketombe. Obat alami ini antibakteri dan antijamur yang dapat melindungi kulit kepala dari ketombe. Oleskan gel lidah buaya langsung ke kulit kepalamu dan biarkan selama sekitar setengah jam. Kemudian cuci rambutmu dengan sampo ringan.

Bubuk Soda Kue

Soda kue dapat bertindak sebagai obat yang efektif untuk memerangi Ketombe. Yang perlu kamu lakukan hanyalah membasahi rambut dan menaburkan segenggam soda kue ke kulit kepala. Gosok dengan kuat. Setelah itu segera bilas, tetapi hindari keramas. Lakukan 3 hari sekali dengan teratur.  Di awal mungkin rambut akan terasa kering. Namun sesudahnya, kulit kepalamu akan mulai memproduksi minyak alami yang menjadikan rambut nampak lebih lembut serta bebas dari ketombe.

Teh Hijau

Teh hijau mempunyai banyak khasiat antijamur. Selain itu, teh hijau juga merupakan antioksidan yang bisa memulihkan kesehatan kulit kepala. Yang kamu butuhkan untuk menyembuhkan ketombe adalah dengan mengoleskan teh hijau dingin pada kulit kepala dan kamu bisa menyaksikan perbedaannya.

Kurangi Stres

Diyakini stres dapat mempengaruhi banyak aspek kesehatan dan kesejahteraan, mulai dari kondisi kronis sampai kesehatan mental. Walaupun tidak menyebabkan ketombe, stres dapat memperburuk gejala seperti kekeringan dan gatal-gatal. Stres bisa menurunkan sistem kekebalan. Jika sistem kekebalan lemah maka kemampuan tubuh untuk melawan beberapa jenis infeksi jamur dan kondisi kulit yang mengakibatkan ketombe akan berkurang.

Itulah rekomendasi cara menghilangkan ketombe yang membandel yang bisa kamu pilih. Oh iya, selain menjaga kulit rambut kamu bisa terus sebarkan aura positif dengan luangkan waktu membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit.

Kamu juga bisa berdonasi lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Caranya, download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Dukung WeCare.id untuk mengembangkan
konten-konten kesehatan & kebaikan yg lebih berkualitas.

WeCare.id adalah portal penggalangan dana untuk pasien-pasien yang tidak mampu. Dengan berdonasi ke WeCare.id, kamu juga turut membantu pasien-pasien di seluruh Indonesia.

KLIK UNTUK DONASI

Referensi

11 Simple Home Remedies To Get Rid of Dandruff! (2020). pharmeasy.in.
Callahan, F. G. (2021). How to get rid of dandruff. today.com.
Link, R. (2018). 9 Home Remedies to Get Rid of Dandruff Naturally. healthline.com.
Roy, A. (2018). 15 Home Remedies to Cure Dandruff Naturally. medlife.com.WU, S. Y. (2020). Important Q: How Can You Get Rid of Dandruff as Quickly as Possible? byrdie.com.

Sumber Featured Image : Freepik.com