Ingin Hubungan Suami Istri Harmonis? Ini 7 Tipsnya

Ingin Hubungan Suami Istri Harmonis? Ini 7 Tipsnya

Di awal pernikahan, pasangan suami istri biasanya masih romantis karena belum lama menikah. Seiring berjalannya waktu dan hadir anak, terkadang hubungan di antara keduanya merenggang. Suami sibuk dengan pekerjaan di kantor dan istri kelelahan dengan pekerjaan rumah dan mengurus anak. Hampir-hampir keduanya tak lagi memiliki waktu untuk dinikmati bersama. Jika terus dibiarkan, hal ini bisa membuat hubungan di antara keduanya menjadi tambah renggang. Nah, sebelum hal buruk ini terjadi, yuk baca tips bagi para suami istri agar hubungan tetap harmonis.

Lahir Tanpa Lubang Anus, Arsyila Mengharapkan Pertolonganmu Segera!

Kelola Ekspektasi

Agar hubungan suami istri bisa tetap harmonis, salah satu tipsnya adalah kelola ekspektasi. Hal yang wajar jika pasangan suami istri ingin bisa tetap dalam fase bulan madu untuk waktu yang lama. Akan tetapi dengan berjalannya waktu, orang akan mengalami perubahan. Begitu juga dengan hubungan, tentunya akan mengalami perubahan karena masalah dan situasi rumit yang dihadapi. Dengan banyaknya pekerjaan yang menguras energi, biasanya kebutuhan emosional seseorang pun akan ikut berubah. Apabila pasangan saling menerima bahwa tiap hubungan akan berkembang, mereka tidak akan kecewa jika masa-masa romantis yang terjadi di awal pernikahan berakhir. Mereka pun akan sadar bahwa mereka harus memulai kehidupan suami istri yang sebenarnya.

Saling Mendengarkan

Hal yang terkadang bisa membuat hubungan suami istri tidak harmonis adalah kurang bisa saling mendengarkan. Kebanyakan orang selalu ingin didengarkan, tapi untuk bisa mendengarkan,  diperlukan kesabaran dan pengertian. Ketika pasangan ingin mengutarakan sesuatu, kamu harus bisa menjadi pihak yang mau mendengarkan perasaan pasangan. Setelah itu, berusaha untuk mengerti dan tetap membuat pasangan merasa nyaman. 

Saat kamu kesal, ada baiknya langsung ungkapkan perasaan pada pasangan. Jangan biarkan pasanganmu menebak-nebak perasaanmu. Dengan membicarakan masalah dan perasaan apa pun pada pasangan akan membangun kepercayaan serta membuat ikatan antara suami istri menjadi lebih kuat dan lebih baik sehingga pernikahan menjadi harmonis.

  1. Menjaga Kepercayaan dan Kejujuran

Sebuah hubungan tidak akan bisa harmonis jika tidak dilandasi dengan kepercayaan dan kejujuran. Kebohongan hanya akan menghasilkan kebohongan lainnya. Tidak memiliki kepercayaan kepada pasangan juga akan membuat hubungan dipenuhi dengan perasaan saling curiga. Tanpa kepercayaan dan kejujuran, hubungan hanya akan dipenuhi dengan friksi yang akan menimbulkan pertengkaran. 

  1. Sediakan Waktu untuk Berkencan

Saat pacaran, kamu dan pasangan sering berkencan, namun ketika sudah menikah, aktivitas ini seperti menghilang karena kesibukan masing-masing. Suami sibuk dengan urusan pekerjaan dan istri sibuk dengan urusan anak dan rumah. Meski sibuk, cobalah luangkan waktu untuk mengajak pasangan berkencan seperti dulu. Jika sudah memiliki anak, atur jadwal dengan baik. Buat kejutan dengan berkencan di tempat  yang romantis yang membuat kamu dan pasanganmu merasa seperti dulu saat berpacaran. Hal-hal kecil ini bisa membuat hubunganmu dan pasangan menjadi harmonis.

  1. Ciptakan Komunikasi yang Baik

Kunci agar hubungan suami istri tetap harmonis adalah komunikasi yang baik. Jika komunikasi di antara pasangan berjalan dengan baik, ketika ada permasalahan semuanya bisa dibicarakan dan diselesaikan tanpa pertengkaran. Jangan pernah menyimpan masalah atau perasaan yang mengganjal di hati karena bisa mempengaruhi kehidupan rumah tangga, termasuk aktivitas hubungan intim. 

Jadi, jika ingin hubungan yang harmonis, ciptakan komunikasi yang baik, termasuk untuk urusan hubungan intim. Ingin mencoba posisi seks baru atau ada ganjalan yang dirasakan saat berhubungan? Komunikasikanlah semuanya dengan pasangan agar tidak menyimpan bara dalam pernikahan.

Klik Untuk Donasi - Bantu Perjuangan Ma Ijoh Untuk Menyambung Hidup
  1. Terdanai Rp.2,384,509
  2. Pencapaian 17.28%
  3. Donatur 28
  1. Jangan Cemburu Berlebihan

Perasaan cemburu dan khawatir lumrah dirasakan oleh tiap pasangan. Yang penting jangan biarkan perasaan itu menguasai dirimu, sehingga menimbulkan masalah dalam pernikahan. Perasaan cemburu yang biasa bisa menambah mesra hubungan karena pasangan akan merasa dicintai serta dipercayai. Akan tetapi jika sudah berlebihan pastinya membuat hubungan jadi tidak nyaman. Nantinya perasaan cemburu berlebihan ini akan menciptakan hubungan yang tidak harmonis.

  1. Pergi Berlibur Berdua

Ketika sudah memiliki anak, pasangan suami istri pasti akan berlibur bersama anak tercinta. Berlibur bersama anak tentunya akan membuat waktu berdua menjadi terbatas. Nah, cobalah untuk berlibur hanya berdua saja jika anak sudah cukup besar dan bisa dititipkan pada keluarga lain. Kemudian pilih tempat liburan yang disukai olehmu dan pasangan. Nikmati waktu liburan dengan membicarakan hal-hal yang membahagiakan. Bisa juga isi waktu berdua tersebut dengan pembicaraan mengenai refleksi kehidupan pernikahan yang telah dijalani atau rencana-rencana masa depan.

Kesibukan sehari-hari bisa membuat hubungan suami istri menjadi tidak harmonis. Untuk bisa menjaga hubungan supaya tetap seperti saat awal-awal menikah, perlu usaha dari kedua belah pihak. Tips di atas bisa dicoba jika kamu merasa hubunganmu dan pasangan sudah mulai merenggang. Aktivitas lain yang bisa kamu lakukan bersama pasangan adalah berdonasi. Kamu dan pasangan bisa membantu pasien yang membutuhkan bantuan keuangan melalui WeCare.id. Caranya dengan mengunduh aplikasi WeCare.id di ponselmu melalui Google Store atau App Store. Apa pun dan berapa pun donasi yang kamu berikan akan sangat membantu pasien yang membutuhkan. 

Yuk, donasi sekarang melalui WeCare.id!

Referensi

Ahmad, N. A. (2022). 15+ Cara Meningkatkan Kualitas Hubungan Suami Istri, Yuk Dicoba Biar Makin Harmonis! Diambil kembali dari orami.co.id.

Anastasia, T. (2021). Agar Hubungan dengan Suami Tetap Harmonis, Meski Sudah Punya Anak. Diambil kembali dari klikdokter.com.

Cara Menjaga Kemesraan Suami Istri yang Patut Dicoba. (2018). Diambil kembali dari alodokter.com.

Perdana, F. (2019). 5 Tips Membuat Hubungan Suami Istri Makin Menggairahkan. Diambil kembali dari popmama.com.

Riskita, A. (2022). 14 Tips Hubungan Suami Istri yang Baik agar Tetap Langgeng. Diambil kembali dari orami.co.id.

Theresia. (t.thn.). Tetap Hangat dan Mesra dengan Pasangan Saat Sibuk, Yuk Simak 4 Tips Ini! Diambil kembali dari id.theasianparent.com.

Sumber Featured Image : Igor Link dari Pixabay