Casual Relationship: Apa Keuntungan & Kerugiannya?

Casual Relationship: Apa Keuntungan & Kerugiannya?

Saat menjalin sebuah hubungan, biasanya pasangan tersebut memiliki rencana untuk membawa hubungan mereka menuju arah yang lebih serius. Jika belum siap berkomitmen, biasanya mereka berpacaran dahulu atau yang biasa disebut penjajakan. Namun ternyata ada jenis hubungan yang tak ada niatan untuk membuat komitmen yang dikenal dengan istilah casual relationship.

Definisi Casual Relationship

Apa definisi casual relationship? Berikut adalah beberapa definisi dari para pakar yang dilansir dari laman situs Elite Daily.

John Keegan, seorang dating coach, menyebutkan bahwa casual relationship adalah hubungan yang bisa menyenangkan dan mengasyikkan tetapi tidak memiliki komitmen. Seringkali hanya fokus hubungan mereka hanya pada seks, tetapi pasangan tersebut tidak saling mengenal terlalu dalam. Selain itu hubungannya cenderung tidak mengarah pada hubungan yang lebih bermakna.

Sementara itu Diana Dorell, seorang dating coach sekaligus penulis The Dating Mirror: Trust Again, Love Again, mengamini definisi dari Keegan. Dia menjelaskan bahwa dalam hubungan tersebut, seringkali tidak ada harapan selain seks bebas. Hubungan ini juga bisa berupa kencan biasa dan orang bisa berkenalan dan bertemu banyak orang sekaligus dan orang tersebut tidak perlu memberikan kesetiaan atau komitmen.

Apa Bedanya Casual Relationship dengan Relationship?

Kalau casual relationship bisa mencakup berkencan atau menjalin hubungan intim dengan orang lain atau berkencan satu sama lain secara eksklusif tanpa memiliki nama yang resmi untuk hubungan tersebut. Sementara relationship umumnya orang tidak berkencan dengan orang lain dan sudah berkomitmen untuk menjalin ikatan yang lebih kuat dengan pasangannya.

4 Jenis Casual Relationship

Melansir laman situs Very Well Mind, jenis hubungan ini dibagi menjadi 4 jenis. Ini merupakan hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti Kanada dari Universitas Ottawa, Jocelyn Wentland dan Elke Reissing.

1. One Night Stand or ONS

Menurut definisi One Night Stand adalah seks bebas, karena dua orang yang terlibat tidak mempunyai persahabatan atau hubungan sosial. Ini merupakan hubungan satu kali yang dilakukan untuk memuaskan satu sama lain secara seksual. Tidak ada niatan untuk mengulang atau bertemu lagi.

2. Booty Call

Media menggambarkan booty call sebagai panggilan telepon yang dilakukan satu orang ke orang lain, biasanya larut malam dan sering di bawah pengaruh minuman, menanyakan apakah satu sama lain ingin bertemu. Biasanya tersirat keinginan untuk melakukan hubungan intim. 

3. Sex Buddies

Ini merupakan persahabatan yang mengutamakan hubungan intim. Kedua orang yang terlibat berhubungan intim ketika mereka merasa membutuhkan, tanpa komitmen apa pun di antara satu sama lain.

4. Friends with Benefit atau FWB

Jenis casual relationship ini biasanya dimulai dengan persahabatan. Pada titik tertentu kedua sahabat itu menemukan bahwa mereka memiliki hasrat terhadap satu sama lain tetapi memilih untuk tidak mengubah persahabatan itu menjadi hubungan romantis yang lebih dalam dan formal.

Pro dan Kontra Causal Relationship

Jenis hubungan casual relationship memiliki untung dan ruginya. Saat melakukan hubungan jenis ini, seseorang bisa mendapatkan kesenangan dari hubungan tanpa harus berkomitmen yang biasanya muncul dalam hubungan yang serius. Dia memiliki seseorang untuk diajak berkencan di saat ada waktu luang tanpa tekanan dan tanpa harus ditambah embel-embel status lain. Alasan memilih jenis hubungan ini di antaranya karena orang tersebut bisa berhubungan intim dengan seseorang tanpa harus menjalin hubungan jangka panjang. 

Dalam banyak kasus, casual relationship merupakan cara yang bagus untuk mengenal seseorang dan memutuskan dengan siapa seseorang akan memiliki hubungan yang tulus. Meskipun tak selalu seperti itu, tapi dengan berkencan biasanya dia bisa menemukan pasangan jangka panjang. Karena hubungannya biasa saja, jadi orang tersebut bisa menjadi teman dan menutuskan apakah dia ingin melanjutkan hubungannya dan berkomitmen atau tidak.

Akan tetapi ada beberapa hal yang harus diwaspadai dalam casual relationship. Ada kemungkinan satu pihak merasakan perasaan yang kuat saat berkencan sementara pasangan kencannya tidak merasakan hal yang sama. Ini bisa menjadi situasi yang menyulitkan baik sebagai orang yang memiliki perasaan tersebut atau orang yang harus menolak karena ingin tetap memiliki hubungan yang biasa saja. Akan muncul perasaan bersalah saat harus menolak orang lain atau ada situasi menyakitkan jika ingin membawa hubungan ke tahap yang serius tapi perasaannya tidak dibalas. 

Ketika melakukan casual relationship, orang mungkin ingin memiliki hubungan intim yang khusus. Jadi ketika tahu pasangannya melakukan hubungan dengan orang lain akan membuat orang perasaan orang itu akan tertekan. Bisa juga menimbulkan perasaan cemburu apabila melihat pasangannya berkencan dengan orang lain. Karena itu, jika menjalani hubungan seperti ini, penting untuk menjaga komunikasi yang baik dan saling terbuka untuk tahu apa yang diharapkan. Apabila merasakan perasaan yang tidak menyenangkan dari hubungan tersebut, disarankan untuk keluar dari situasi hubungan apapun yang mempengaruhi emosi serta ketengan pikiran. 

Itulah sekilas mengenai casual relationship dan pro kontranya. Sekilas memang menyenangkan tetapi seperti semua hubungan pasti selalu ada risikonya. Apa pun jenis hubungan yang kamu pilih, kamu harus selalu siap dengan risikonya. Menarik memang mempelajari tentang jenis-jenis hubungan. Ini bisa jadi informasi baru. Sambil browsing tentang jenis-jenis hubungan, kamu bisa meluangkan waktu sejenak untuk menolongpasien yang mengalami kesulitan biaya pengobatan. Caranya nggak ribet. Cuma perlu downloadaplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Klik Untuk Donasi - Program Pembangunan MTs Pondok Al Quran
  1. Terdanai Rp.720,000
  2. Pencapaian 0.21%
  3. Donatur 17

Referensi

Fournier, A. B. (2020). Casual Relationships: Types, Benefits, and Risks. Diambil kembali dari verywellmind.com.

Piña, C. (2019). 4 Experts Define What Casual Relationships Really Are & It’s So Helpful. Diambil kembali dari elitedaily.com.

Team Seema. (2021). Casual Dating: What is Casual Relationship Meaning. Diambil kembali dari seema.com.Smith, S. (2021). Casual Relationships: Types, Benefits and Risks. Diambil kembali dari marriage.com.

Sumber Featured Image : Photo Mix dari Pixabay