Aktivitas Seru untuk Memperkuat Bonding Keluarga

Aktivitas Seru untuk Memperkuat Bonding Keluarga

Menghabiskan waktu bersama sebagai sebuah keluarga merupakan hal yang sangat penting, tetapi bisa jadi sulit untuk dilakukan karena kesibukan sehari-hari. Meski sibuk, hal tersebut harus bisa dilakukan agar keharmonisan keluarga bisa dijaga. Kabar baiknya adalah tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk melakukan aktivitas yang bisa memperkuat bonding keluarga. Ada banyak aktivitas yang dapat mempererat ikatan keluarga  tanpa harus menguras keuangan juga waktu. Mau tahu apa saja aktivitasnya? Yuk, baca info lengkapnya pada artikel di bawah ini.

Klik Untuk Donasi - Bersihkan Harta dengan Berzakat
  1. Terdanai Rp.52,000
  2. Pencapaian 0.02%
  3. Donatur 1

Nonton Film Bareng

Menonton merupakan salah satu aktivitas keluarga yang bisa memperkuat bonding keluarga. Ketika aktivitas ini melibatkan semua anggota keluarga, mintalah semua orang untuk menuliskan judul film yang ingin ditonton di selembar kertas kemudian masukkan ke dalam stoples atau wadah lainnya. Gunakan dadu untuk menentukan siapa yang berhak memilih judul film terlebih dulu. Persyaratan untuk nobar ini adalah film yang dipilih harus ramah untuk semua anggota keluarga, termasuk anak-anak.

Masak Bareng

Aktivitas lain yang bisa untuk membuat bonding keluarga jadi lebih kuat adalah masak bareng. Pilihan aktivitas ini sangat menyenangkan dan anak-anak pastinya akan senang untuk membuat sesuatu yang mereka sukai. Mengajarkan anak-anak memasak juga merupakan hal yang baik karena akan memberikan mereka keterampilan hidup yang berguna di masa depan. Dengan mengajarkan anak memasak, mereka akan terbiasa makan sehat dan belajar berhemat. 

Menghabiskan Waktu di Luar 

Kegiatan menghabiskan waktu di luar bisa bermanfaat untuk semua anggota keluarga. Aktivitas ini bisa meningkatkan mood, menjadi ajang yang pas untuk membakar energi dan menjadi aktif, serta memicu rasa ingin tahu. Contoh kegiatan yang bisa dipilih di antaranya berenang, berkemah, mendaki, atau pergi ke kebun binatang. Kegiatan ini bisa mempererat bonding di antara anggota keluarga.

Membuat Kerajinan Tangan

Apakah anak suka membuat kerajinan tangan di rumah? Aktivitas ini menyenangkan untuk dilakukan bersama dengan anak-anak. Ini adalah cara yang bagus untuk sesaat libur dari beraktivitas dengan gawai. Semua anggota keluarga bisa terlibat dalam aktivitas ini. Anak-anak bisa memilih untuk membuat kerajinan tangan yang mereka sukai. Bagi anak-anak yang masih kecil, orang tua bisa mengajarkan membuat origami yang sederhana. Banyak contoh kerajinan tangan yang bisa dipilih. Di Pinterest tersedia ide kerajinan tangan untuk dibuat bersama anak-anak. Aktivitas ini bisa membuat bonding keluarga semakin erat.

Makan Malam 

Salah satu aktivitas yang mungkin perlu untuk diprioritaskan untuk dilakukan sesering mungkin adalah makan malam bersama. Makan malam bersama bisa menjadi momen bagi orang tua untuk mengetahui kondisi anak-anaknya di sekolah. Anak-anak juga bisa “curhat” kepada orang tua. Makan malam bersama bisa menjadi ajang untuk meningkatkan bonding di antara anggota keluarga juga menangkal stres.

Mengerjakan Pekerjaan Rumah 

Melakukan pekerjaan rumah bersama mungkin tidak terlihat seperti sebuah kegiatan keluarga yang bisa meningkatkan bonding. Aktivitas ini sepertinya tidak terkait dengan hal yang menyenangkan. Namun ternyata kerja sama yang dilakukan saat melakukan pekerjaan rumah dapat membangun kekompakan keluarga bila diberikan dengan cara yang memberdayakan dan membangun rasa memiliki. Untuk menambah unsur kesenangan dalam mengerjakan pekerjaan rumah, bisa ditambahkan musik. Menurut hasil penelitian melakukan tugas-tugas rumah dapat membantu anak mendapatkan keberhasilan akademis, emosional, dan profesional yang lebih besar.

Mari ambil peran untuk turut membantu mereka yang membutuhkan.

Bermain Bareng

Bermain bersama anak-anak bisa sangat menyenangkan dan akan membawa keceriaan pada keluarga. Banyak permainan yang bisa dilakukan secara bersama-sama, seperti permainan monopoli, scrabble, tebak gambar, UNO, badminton, dan masih banyak lagi. Permainan tersebut dapat membantu memperkuat bonding antara orang tua dan anak.

Bercerita

Aktivitas ini tak hanya bisa melatih kemampuan berbicara anak, tapi juga rasa percaya diri mereka. Ajak mereka untuk memilih cerita yang mereka sukai. Pastikan semua anggota keluarga mendapatkan giliran untuk bercerita. Selain seru, kegiatan ini bagus untuk mempererat bonding di antara anggota keluarga.

Berkebun

Aktivitas yang satu ini tak hanya asyik tapi juga bisa menjadi ajang pendidikan bagi anak-anak. Mereka bisa mengenal tumbuhan dan proses perkembangannya. Berkebun juga bisa jadi aktivitas yang dapat menumbuhkan kecintaan pada alam dan jiwa wirausaha anak. Selain itu, dengan berkebun bersama, bonding di antara orang tua dan anak pun semakin erat.

Itulah aktivitas seru yang bisa dilakukan oleh orang tua dan anak untuk memperkuat bonding keluarga. Tak harus mahal atau mengeluarkan uang banyak, aktivitas sederhana seperti di atas pun bisa dipilih untuk meningkatkan ikatan keluarga. Orang tua juga bisa mengajarkan anak untuk membantu sesama dengan mengenalkan berdonasi. Anak-anak bisa diajak untuk menyisihkan uang mereka untuk membantu pasien yang membutuhkan biaya pengobatan dan mendonasikannya lewat WeCare.id. Caranya yaitu dengan mengunduh saja aplikasi WeCare.id di ponselmu melalui Google Store atau App Store. Apa pun dan berapa pun donasi yang kamu berikan akan sangat membantu pasien yang membutuhkan. 

Yuk, donasi sekarang melalui WeCare.id!

Referensi

Bhandarkar, S. (2014). The Ultimate Resource Guide of Family Bonding Activities. Diambil kembali dari afineparent.com.

Chrissy. (2021). 35 Best Family Bonding Activities To Be More Connected. Diambil kembali dari funlovingfamilies.com.

Cirelli, C. (2011). 15 Family Bonding Activities That Build Closeness. Diambil kembali dari family.lovetoknow.com.

FLATLEY, K. (2021). 21 Family Bonding Activities to Strengthen Your Family’s Connection. Diambil kembali dari selfsufficientkids.com.

happymomhacks. (2020). 30 Fun & Cheap Family Bonding Activities at Home. Diambil kembali dari happymomhacks.com.

Krause, N. (2021). 21 Fun Family Bonding Activities That Everyone Will Enjoy. Diambil kembali dari developgoodhabits.com.

Sumber Featured Image : National Cancer Institute