Penting! Siapkan Biaya Pendidikan Anak Sejak Dini

Penting! Siapkan Biaya Pendidikan Anak Sejak Dini

Orang tua memiliki kewajiban untuk memberikan kehidupan terbaik bagi anak-anak mereka, dari mulai asupan gizi hingga pendidikan. Pendidikan yang baik akan menjadi bekal bagi masa depan mereka. Untuk itu orang tua harus mulai menyiapkan biaya pendidikan anak sejak dini. 

Mempersiapkan biaya pendidikan sejak dini tentunya bukanlah hal yang mudah karena tak bisa dipungkiri pendidikan yang baik membutuhkan biaya yang banyak. Dan bukan rahasia lagi kalau biaya untuk pendidikan anak itu selalu naik tiap tahunnya. Itulah mengapa orang tua perlu untuk menyiapkan dana bagi pendidikan anak sesegara mungkin. 

Dengan menyiapkannya sejak dini, dana yang dibutuhkan ketika anak mulai sekolah akan berkurang. 

Klik Untuk Donasi - Divonis Tuli Sejak Lahir, Arrafi Butuh Biaya untuk Beli Alat Bantu Dengar!
Tuli Kongenital
Muhammad Arrafi
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.410,000
  2. Pencapaian 1.12%
  3. Donatur 20

Mengapa Orang Tua Perlu Menyiapkan Biaya Pendidikan Anak Sejak Dini?

Semua orang tua pasti menginginkan anaknya memiliki masa depan yang terbaik. Salah satu caranya yaitu dengan memberikan pendidikan yang terbaik. Untuk itu diperlukan upaya yang ekstra, seperti mempersiapkan biaya pendidikan mereka sejak dini. Mengapa hal tersebut perlu dilakukan? Berikut ini beberapa alasannya:

  • Anak Akan Memiliki Masa Depan Lebih Cerah

Memberikan pendidikan yang baik tak hanya akan membuat anak menjadi pintar secara akademis, tapi juga membuat mereka memiliki perilaku dan karakter yang baik. Dengan mendapatkan pendidikan yang baik, anak akan mendapatkan dasar untuk bisa meraih masa depan cerah sesudah lepas dari orang tua.

Apalagi sekarang ini tantangan dan persaingan yang akan dihadapi oleh anak akan semakin sulit. Selain wawasan, anak juga harus memiliki keterampilan juga daya saing yang tinggi. Agar bisa mendapatkan semua itu, anak harus dipersiapkan sejak dini. Untuk itulah orang tua harus menyiapkan untuk anak sedini mungkin. 

  • Biaya Pendidikan yang Selalu Mengalami Peningkatan 

Inflasi biaya pendidikan pada tahun 2019 menurut data dari BPS atau Badan Pusat Statistik mencapai hingga 3,81 %. Angka tersebut setiap tahunnya akan terus bertambah, apalagi Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki tingkat inflasi pendidikan yang tinggi. Dari data tersebut, salah satu yang paling terasa kenaikannya adalah pendidikan tinggi. Jika ingin menyekolahkan anak ke kampus swasta, biayanya tentu tak murah. Karena itu, orang tua perlu menyiapkan biaya pendidikan sesegera mungkin.

  • Sebagai Pendukung Bagi Anak untuk Mengejar Impian

Tak bisa dipungkiri hal ini menjadi pendukung agar anak bisa meraih pendidikan terbaik. Orang tua perlu menjamin keperluan biaya pendidikan mereka tercukupi. Dalam kehidupan selalu ada hal yang di luar dugaan, seperti kehilangan nyawa karena kecelakaan atau penyakit. Dengan melakukan perencanaan sedini mungkin, misalnya dengan mendaftarkan diri dalam program asuransi pendidikan anak, hal terburuk bisa dihindari seminimal mungkin. Masa depan anak pun akan terjamin.

Bantu WeCare.id Kirim Bantuan Medis ke Seluruh Nusantara

Berapa Besar Anggaran Biaya Pendidikan yang Harus Disiapkan?

Untuk jumlahnya, tidak ada patokan khusus berapa anggaran yang harus disisihkan tiap bulannya. Tiap keluarga tingkat ekonominya berbeda-beda, jadi jumlah anggaran disesuaikan dengan tingkat kemampuan masing-masing keluarga. 

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Menyusun Anggaran Biaya Pendidikan

Sebelum menyisihkan biaya pendidikan anak dari pendapatan per bulan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, di antaranya yaitu:

  1. Mencari Informasi Mengenai Sekolah Pilihan

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum menghitung besar anggaran adalah melakukan riset sekolah yang menjadi pilihan. Namun apabila belum mempunyai informasi mengenai sekolah yang akan dituju, orang tua bisa mulai melakukan mencari informasi mengenai sekolah yang terdekat dengan rumah. Cari tahu seputar biaya pendidikannya, mulai dari uang pangkal hingga biaya wisuda dan lain-lainnya.

  1. Hitung Anggaran yang Harus Disisihkan

Jika sudah dapat informasi biayanya, usahakan untuk mulai menyisihkan pendapatan sesegera mungkin.  Jadi mengenai berapa jumlah yang harus disisihkan dari pendapatan untuk biaya pendidikan anak, pastinya harus disesuaikan dengan penghasilan dan kebutuhan hidup sehari-hari. Bisa juga menyisihkan sekitar 10 % dari pendapatan per bulan jika ingin fokus merencanakan pendidikan anak. Dengan jumlah tersebut, orang tua akan tinggal menambah sisanya ketika anak akan masuk sekolah.

Nah, itulah informasi seputar pentingnya mempersiapkan biaya pendidikan anak sejak dini. Dengan mulai mempersiapkan anggaran untuk biaya pendidikan anak sedini mungkin, orang tua akan terbantu saat anak harus mulai sekolah. Biaya yang harus dikeluarkan tak akan membebani keuangan keluarga. Dengan mendapatkan pendidikan yang terbaik, anak akan memperoleh masa depan yang lebih baik. Selain menyisihkan untuk dana pendidikan, jangan lupa sisihkan juga dana untuk beramal. Uang tersebut dapat digunakan untuk membantu pasien yang membutuhkan biaya pengobatan. Caranya dengan berdonasi melalui WeCare.id. Untuk berdonasi cukup unduh aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

3 Alasan Pentingnya Persiapan Pendidikan Anak Sejak Dini! (2021). Diambil kembali dari prudential.co.id.

Djuandita, T. A. (2022). Persiapan Dana Pendidikan Anak Sejak Dini Demi Masa Depan yang Cerah. Diambil kembali dari daya.id.Santosa, A. A. (2020). Manfaat dan Pentingnya Menganggarkan Dana Pendidikan Sejak Dini. Diambil kembali dari finansialku.com.

Sumber Featured Image : AkshayaPatra Foundation dari Pixabay