Ini Lho Manfaat Journaling Bagi Kesehatan Mental!

Ini Lho Manfaat Journaling Bagi Kesehatan Mental!

Saat masih remaja, beberapa orang memiliki hobi untuk menulis diari. Kejadian-kejadian menyenangkan, menyedihkan, membahagiakan semua dituliskan dalam sebuah buku yang sangat rahasia. Kegiatan seperti itu dinamakan journaling. Namun, saat dewasa, beberapa orang melupakan aktivitas tersebut karena kesibukan kuliah atau bekerja. Tapi tahukah kamu, menurut para ahli, journaling memiliki beberapa manfaat, mulai dari meningkatkan suasana hati sampai meningkatkan kesehatan mental.

Nenek Mirah hanya ingin kursi roda. Bantu Sekarang Yuk!

Apa Itu Effective Journaling?

Effective journaling merupakan praktik membuat jurnal yang membantu kamu mencapai tujuan atau meningkatkan kualitas hidup. Aktivitas ini bisa dilihat berbeda oleh tiap orang. Hasilnya pun bisa sangat bervariasi. Namun hasilnya hampir selalu sangat positif. Membuat jurnal akan bisa menjadi hal yang efektif untuk membantu mencapai tujuan yang kamu inginkan. Seperti sudah disebutkan sekilas di atas, journaling dapat membantu menjernihkan pikiran, membuat hubungan penting antara pikiran, perasaan, dan perilaku. Bahkan, journaling juga bahkan membantu atau mengurangi efek penyakit kesehatan mental.

Penelitian Ilmiah Mengenai Journaling atau Terapi Menulis

Sudah banyak bukti mengenai hasil terapi penulisan jurnal. Umumnya dari semua bukti tersebut hasilnya menunjukkan keefektifan terapi dalam membantu orang mengidentifikasi dan menerima emosi mereka. Selain itu, terapi tersebut juga membantu dalam mengelola stres, dan meringankan gejala penyakit kesehatan mental.

Journaling juga sudah terbukti memiliki dampak bagi kesejahteraan fisik. Menurut Michael Grothaus, seorang penulis jurnal dan jurnalis, terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa menulis jurnal bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, membantu tidur lebih nyenyak, dan umumnya membuat kamu menjadi lebih sehat. 

Manfaat Journaling untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Di atas sudah disebutkan beberapa manfaat dari journaling. Namun terdapat manfaat spesifik lain dari journaling khusus untuk orang yang berjuang dengan berbagai masalah, di antaranya:

Mengurangi Stres

Tak hanya kesehatan fisik, stres yang berlebihan juga bisa merusak kesehatan mental serta emosional seseorang. Journaling bisa menjadi alat untuk membantu mengelola stres. Kebiasaan baik ini bisa membantu dalam mengurangi dampak stres fisik untuk kesehatan.

Terdapat sebuah fakta penelitian yang menunjukkan bahwa menulis ekspresif, seperti membuat jurnal bisa membantu menurunkan tekanan darah serta meningkatkan fungsi hati. Cukup dengan menulis selam 15 – 20 menit sehari 3 – 5 kali selama 4 bulan. Selain itu, menulis mengenai pengalaman yang membuatmu merasa stres bisa membantumu mengelola stres dengan cara yang sehat. Cobalah jadikan journaling sebagai kebiasaan meditasi sebelum tidur untuk membantumu menjadi santai dan menghilangkan stres.

Memperkuat Fungsi Emosional

Secara kesehatan mental manfaat dari journaling memang sudah terbukti. Untuk suasana hati, journaling bermanfaat untuk kesehatan emosional secara keseluruhan. Ketika kebiasaan menulis jurnal dikembangkan, kamu akan mendapatkan manfaat jangka panjang. Artinya orang yang menulis buku harian lebih sadar dengan kesehatan mereka dengan menghubungkan kebutuhan dan keinginan batin. 

Selain itu, menulis jurnal juga membangkitkan kesadaran dan membantu seseorang tetap hadir sambil menjaga perspektif. Aktivitas menulis ini memberikan kesempatan untuk katarsis emosional dan membantu otak mengatur emosi. Journaling juga memberikan rasa percaya diri dan identitas diri yang lebih besar. Bahkan berdasarkan hasil penelitian, menulis ekspresif bisa membantu orang jadi lebih terstruktur, adaptif, dan terintegrasi tentang diri mereka sendiri, orang lain, dan dunia. Manfaat lainnya yaitu, membuka dan melibatkan kreativitas otak kanan, sehingga orang bisa mengakses kekuatan otak penuhnya. 

Meningkatkan Mood

Ingin lebih ceria dan bahagia? Yuk, coba membuat jurnal. Manfaat dari journaling secara sosial dan perilaku yaitu dapat meningkatkan suasana hati dan memberi perasaan yang lebih baik untuk kesejahteraan dan kebahagiaan emosional secara keseluruhan.

Meningkatkan Optimisme

Berdasarkan hasil studi di tahun 2003, menulis jurnal mingguan yang dilakukan khusus untuk menunjukkan rasa syukur membuat orang jadi lebih optimis secara keseluruhan. Dengan menulis jurnal yang dikhususkan untuk menghargai unsur-unsur positif kehidupan, orang jadi tidak memfokuskan lagi dengan apa yang mereka tidak punyai.

Membantu Mengatasi Trauma

Hasil studi memperlihatkan kalau journaling bisa menjadi alat terapi yang efektif untuk korban trauma. Pada tahun 2008 dilakukan sebuah studi yang mengungkapkan bahwa orang dengan gangguan stres pasca-trauma yang ikut dalam kegiatan menulis ekspresif, suasana hati mereka mengalami peningkatan yang signifikan. Mereka juga mengalami pengurangan respons hormon stres saat berhadapan dengan kenangan traumatis.

Meningkatkan Fungsi Kekebalan Tubuh

Mungkin kamu tidak akan percaya, tapi ternyata menulis ekspresif bisa memperkuat kekebalan serta mengurangi risiko penyakit. Mereka yang menulis jurnal mengatakan fungsi sistem kekebalan mereka mengalami peningkatan dan ini akan memperkuat sel-sel kekebalan. Selain itu, gejala asma serta reumatoid arthritis mereka juga berkurang. 

Sudah terbukti menulis ekspresif membantu meningkatkan fungsi hati dan paru-paru serta memerangi penyakit tertentu. Laporan lain menyebutkan bahwa journaling membantu yang mengalami luka untuk sembuh lebih cepat.

Menjaga Memori Tetap Tajam

Journaling selain bagus untuk kesehatan mental juga bisa membantu menjaga otak supaya tetap dalam kondisi prima. Aktivitas ini tak hanya meningkatkan memori dan pemahaman, tapi juga meningkatkan kapasitas memori kerja. Ini menjadi cerminan akan adanya peningkatan pemrosesan kognitif.

Itulah 7 manfaat dari journaling bagi kesehatan fisik dan mental. Jika kamu dulu biasa menulis buku harian dan sekarang berhenti, ada baiknya untuk memulai lagi. Karenanya ternyata journaling atau menulis jurnal banyak sekali manfaatnya. Untuk membantu kesehatan mentalmu, aktivitas lain yang bisa dilakukan adalah membantu orang lain. Perasaanmu akan menjadi lebih baik setelah membantu orang-orang yang membutuhkan, seperti pasien yang kesulitan biaya pengobatan. Untuk membantu mereka kamu cukup unduh aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Klik Untuk Donasi - Untuk masa depan yang lebih cerah dan pendidikan yang baik.
Tunas Kembang

Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.15,000
  2. Pencapaian 0.03%
  3. Donatur 1

Referensi

Ackerman, C. E. (2018). 83 Benefits of Journaling for Depression, Anxiety, and Stress. Diambil kembali dari positivepsychology.com.

Bailey, K. (2018). 5 Powerful Health Benefits of Journaling. Diambil kembali dari intermountainhealthcare.org.

Stessman, E. (2022). Journaling could help boost your mental health — here’s how to get started. Diambil kembali dari today.com.

Strong, R. (2022). 7 health benefits of journaling and how to make it an effective habit. Diambil kembali dari insider.com.

Sumber Featured Image : lilartsy on Unsplash