Cara Membangun Kepercayaan Agar Hubungan Langgeng

Cara Membangun Kepercayaan Agar Hubungan Langgeng

Dalam sebuah hubungan, saling percaya merupakan kunci penting agar hubungan selalu harmonis. Baik itu hubungan dengan pasangan, hubungan pertemanan, maupun hubungan dalam pekerjaan. Apabila rasa saling percaya tersebut tidak ada, maka sebuah hubungan tidak akan berlangsung lama. Akan selalu ada rasa saling curiga hingga berujung pertengkaran. Pastinya kamu tidak mau ‘kan hal ini terjadi? Oleh karena itu, ketika kamu akan memulai suatu hubungan, pastikan kamu dan pasangan sudah melandasinya dengan rasa saling percaya agar hubungan yang kamu bangun bisa awet dan langgeng. Namun, sayangnya, untuk mendapatkan kepercayaan seseorang bukanlah hal yang mudah. Akan sangat membutuhkan usaha dan waktu. Lalu, usaha apa sih yang harus kita lakukan untuk membangun kepercayaan dengan pasangan? Berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti.

Alami Pendarahan Hebat Akibat Kanker Darah, Nyawa Hafizh sangat Terancam!

Selalu mengatakan hal yang sejujurnya dan diikuti dengan tindakan nyata

Tujuan dari membangun kepercayaan adalah agar orang lain percaya dengan apa yang kamu katakan. Namun, kamu harus ingat jika kepercayaan tidak hanya sekedar menepati janji yang kamu buat. Kamu juga tidak boleh membuat janji yang kamu sendiri tidak bisa menepatinya. Jika kamu selalu menepati janji, seiring berjalannya waktu, pasangan kamu akan menghormati  dan menganggap kamu sebagai orang yang bisa dipercaya.

Selalu bersikap jujur merupakan kunci membangun kepercayaan dengan pasangan

Agar kamu dan pasangan bisa saling percaya, sebaiknya kalian harus selalu terbuka dan jujur mengenai segala hal. Jadi, pastikan kamu dan pasangan harus saling berkata jujur setiap waktu. Ingat, kebohongan sekecil apapun bisa mengurangi kepercayaan antar pasangan.

Jujur mengenai kekurangan masing-masing

Saling jujur mengenai kekurangan masing-masing bukanlah hal yang mudah. Namun, ternyata cara ini cukup efektif untuk membangun rasa percaya dengan pasangan kita. Jika kamu dan pasangan sama-sama belum mengetahui kekurangan masing-masing, hal ini bisa menjadi celah untuk saling menyakiti dan mengecewakan. Lain halnya jika kalian berdua sudah saling mengetahui kekurangan masing-masing, kalian berdua akan lebih siap untuk menerima kekurangan tersebut.

Perbaiki kesalahan yang telah kamu buat

Manusia memang tidak pernah luput dari kesalahan. Oleh karena itu, usahakan kamu jujur dan mengakui kesalahan tersebut. Setelah itu, pastikan kamu berusaha untuk memperbaiki kesalahan yang sudah kamu buat tersebut. Niscaya, rasa percaya dalam hubungan kamu akan bertumbuh seiring berjalannya waktu.

Klik Untuk Donasi - Anus Penuh Nanah & Darah, Alfa Harus Segera Operasi!
Hidrokel, ISPA, Kejang
M. Alfarendra
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.1,021,726
  2. Pencapaian 1.89%
  3. Donatur 18

Terbuka setiap ada masalah

Salah satu hal yang bisa membuat hubungan menjadi tidak baik adalah tidak adanya keterbukaan dengan pasangan. Oleh karena itu, sebaiknya kamu dan pasangan saling mengomunikasikan ketika ada masalah. Hal ini karena komunikasi yang baik membuat kamu dan pasangan jadi mengetahui keinginan masing-masing tanpa harus menebak-nebak isi hatinya. Hal ini justru akan mengikis kepercayaan dengan pasangan. Selain itu, kamu dan pasangan jadi bisa membangun kepercayaan dan hubungan kalian jadi makin dekat.

Itu tadi beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membangun kepercayaan dengan pasangan. Jika kepercayaan meningkat, otomatis hubunganmu dan pasangan jadi makin langgeng dan harmonis. Selain membangun hubungan yang baik dengan pasangan, kamu juga harus membangun hubungan baik dengan sesama manusia. Caranya yaitu dengan selalu berbuat baik dengan sesama, seperti menolong pasien-pasien yang membutuhkan bantuan pengobatan. Kamu bisa membantu mereka melalui website atau aplikasi penggalangan dana WeCare.id. Unduh aplikasinya sekarang melalui App Store atau Google Play. Berbuat kebaikan menjadi lebih mudah dengan WeCare.id.

REFERENSI:

Halodoc. https://www.halodoc.com/artikel/kata-psikolog-membangun-kepercayaan-dalam-hubungan-asmara. Diakses pada 29 Juni 2022.

Alodokter. https://www.alodokter.com/penting-diketahui-ini-cara-membangun-kepercayaan-dalam-hubungan. Diakses pada 27 Juni 2022.

Popbela. https://www.popbela.com/relationship/dating/sara-agustriana/cara-membangun-kepercayaan-dalam-suatu-hubungan/3. Diakses pada 27 Juni 2022.

Sumber Featured Image : StockSnap dari Pixabay