Beda dengan Rematik, Kenali Penyakit Asam Urat

Beda dengan Rematik, Kenali Penyakit Asam Urat

Penyakit yang satu ini sudah tidak asing lagi di telingamu pastinya. Asam urat adalah salah satu penyakit yang menyebabkan sendi terasa sangat sakit. Penyakit ini juga menyebabkan pembengkakan dan munculnya rasa panas di sekitar persendian. Meski identik dengan orang tua, penyakit ini juga bisa diderita oleh kawula muda. Penyakit ini mirip dengan rematik sehingga orang terkadang keliru mengenalinya ketika terserang dua penyakit tersebut. 

Klik Untuk Donasi - Ibu Hartini Alami Nyeri Hebat Akibat Radang Sendi Lutut, Pertolonganmu sangat diharapkan!
Radang Sendi Lutut
Hartini
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.1,006,000
  2. Pencapaian 47.68%
  3. Donatur 17

Apa Itu Asam Urat?

Asam urat merupakan bentuk umum dari radang sendi. Penyakit ini ditandai dengan munculnya serangan yang berulang dari nyeri sendi yang ekstrem, pembengkakan serta kemerahan.

Jika kebanyakan radang sendi lainnya serangannya terjadi perlahan, tapi asam urat umumnya terjadi secara tiba-tiba, dan sering kali terjadi dalam semalam. 

Persendian yang kerap kali terkena yaitu jempol kaki. Namun, asam urat bisa juga menjangkiti kaki, pergelangan kaki dan lutut, pergelangan tangan, siku, dan jari.

Apa Penyebab Asam Urat?

Penyebab penyakit ini yaitu karena terjadi penumpukan zat yang dinamakan uric acid atau asam urat di dalam darah. Bila produksi uric acid terlalu banyak atau ginjal tak cukup menyaring, maka zat tersebut akan menumpuk sehingga terbentuklah kristal tajam kecil di dalam dan sekitar persendian. Kristal tersebut bisa mengakibatkan peradangan di sendi, memerah dan bengkak, juga menimbulkan rasa nyeri.

Hal-hal berikut ini bisa menyebabkan peluang orang untuk terkena asam urat menjadi meningkat:

  • mempunyai kerabat dekat yang menderita asam urat
  • masalah ginjal
  • obesitas, tekanan darah tinggi dan/atau diabetes
  • makan makanan yang menyebabkan penumpukan asam urat, seperti daging merah, jeroan dan makanan laut
  • minum terlalu banyak bir ataupun minuman yang mengandung alkohol

Orang juga akan lebih mungkin terkena asam urat bila:

  • Mengonsumsi makanan tinggi protein hewani
  • Mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang signifikan
  • Sedang minum diuretik (obat yang dipakai untuk membuang kelebihan garam juga air dari dalam tubuh)

Apa Saja Gejalanya?

Biasanya gejala asam urat tidak tampak kecuali jika sedang mengalami serangan. Serangan penyakit ini biasanya berlangsung antara lima dan tujuh hari. Di saat itu kamu akan merasakan gejala penyakit tersebut. 

Alami Radang Sendi di kedua Lutut, Ibu Netty Butuh Bantuanmu Segera!

Serangan

Saat menderita asam urat, kristal urat menumpuk di persendian selama bertahun-tahun tanpa kamu sadari. Apabila sudah terlalu banyak kristal di persendian, kristal tersebut bisa keluar dari tulang rawan ke ruang di antara dua tulang di persendian.

Kristal yang kecil, keras, dan tajam akan bergesekan dengan lapisan lunak sendi, yang dinamakan sinovium. Karena itulah timbul rasa sakit yang tak tertahankan, pembengkakan serta peradangan. Apabila terjadi serangan seperti itu, serangan tersebut dikenal dengan sebutan serangan atau serangan asam urat akut (flare). Serangan akut atau flare-up, atau flare , merupakan periode waktu ketika gejala muncul kembali atau memburuk.

Adalah kristal urat yang menumpuk di dalam tulang rawan sendi yang mengakibatkan rasa sakit asam urat. Sendi yang terkena saat terjadi serangan penyakit tersebut akan merasakan sakit yang luar biasa, melunak, memerah, panas, dan membengkak. Ketika serangan mereda, kulit di atas sendi sering terlihat mengilat, dan bisa juga mengelupas.

Biasanya serangan datang dengan sangat cepat dan kerap kali muncul pada malam hari. Gejala yang tiba-tiba oleh dokter disebut sebagai serangan asam urat akut. Jika tidak diobati, serangan akan biasa terjadi dan bisa menyebar ke sendi baru. Umumnya untuk serangan terjadi di pangkal jempol kaki dan mulai terasanya saat dini hari. Gejala akan muncul dengan cepat dan biasanya terasa sangat menyakitkan untuk waktu 12 sampai 24 jam pertama setelah menyadari ada masalah dengan persendian. Tiap kontak dengan sendi yang terkena serangan akan sangat menyakitkan, bahkan terkena seprai atau kaus kaki saja bisa sangat tak tertahankan sakitnya.

Siapa Saja yang Bisa Terkena Asam Urat?

Penyakit ini tak kenal umur, bisa menyerang siapa saja. Namun, umumnya banyak diderita oleh pria dibandingkan wanita. Pada wanita, penyakit asam urat biasanya terjadi sesudah menopause. Pria tiga kali lebih mungkin terkena penyakit ini dibandingkan wanita karena pria mempunyai kadar uric acid yang lebih tinggi hampir sepanjang hidup mereka. Wanita akan mencapai kadar urid acid pria sesudah menopause.

Pengobatan untuk Asam Urat

Jika kamu menderita asam urat, pengobatan yang biasanya dilakukan adalah:

  • meredakan gejala selama serangan. Caranya bisa dengan menggunakan kompres es dan dengan minum obat seperti obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), colchicine atau kortikosteroid
  • mencegah serangan lanjutan. Ini bisa dilakukan dengan mengombinasikannya dengan perubahan gaya hidup, seperti mengubah pola makan atau menurunkan berat badan, dan minum obat yang menurunkan kadar asam urat, seperti allopurinol. 

Dengan pengobatan, banyak orang yang bisa mengurangi kadar asam urat mereka sehingga dapat melarutkan kristal yang menyebabkan asam urat. Hasil dari pengobatan tersebut adalah tidak muncul serangan lanjutan. Namun, untuk itu biasanya diperlukan pengobatan seumur hidup.

Itulah informasi seputar penyakit asam urat yang penting untuk diketahui. Penyakit ini umumnya diderita oleh para orang tua, tapi ada juga orang muda yang mengalaminya. Selain mengobatinya, penyakit ini juga bisa dicegah di antaranya dengan minum air yang banyak, jaga berat badan agar tetap normal atau hindari berat badan berlebih. Para orang tua tak hanya menderita penyakit ini saja, ada juga yang menderita penyakit parah dan membutuhkan bantuan biaya pengobatan. Kamu bisa membantu mereka dengan berdonasi melalui WeCare.id dengan caranya cukup unduh aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

Gout. (2016). Diambil kembali dari betterhealth.vic.gov.au.

Gout. (2019). Diambil kembali dari my.clevelandclinic.org.

Gout. (2020). Diambil kembali dari nhsinform.scot.

What is gout? (2019). Diambil kembali dari versusarthritis.org.

Sumber Featured Image : cnick dari Pixabay