Yuk, Cari Tahu Segala Hal Tentang Sendi Engsel Disini!

Yuk, Cari Tahu Segala Hal Tentang Sendi Engsel Disini!

Sendi dibagi menjadi beberapa macam. Berdasarkan sifat geraknya, tubuh manusia terdiri dari sendi mati, kaku, dan gerak. Sendi gerak kemudian dibagi lagi menjadi beberapa macam, yaitu sendi geser, gulung, putar, peluru, pelana, dan engsel.

Di pembahasan kali ini, kita akan membahas secara detil tentang sendi engsel.

Daftar isi:

  1. 1. Apa Itu Sendi Engsel?
  2. 2. Gangguan yang Bisa Timbul

Klik Untuk Donasi - Sejak Usia 3 bulan Kepalanya Kian Membesar, Guntur Butuh Pertolonganmu!
Hidrosefalus, Pneumonia
Raden Guntur Pratama
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.6,330,000
  2. Pencapaian 50.04%
  3. Donatur 58

Apa Itu Sendi Engsel?

Sebelum membahas ke sana, terlebih dahulu kamu perlu tahu definisi sendi. Sendi adalah bagian tubuh yang menghubungkan antara satu tulang dengan tulang yang lain. Selain menghubungkan tulang-tulang, sendi juga berfungsi untuk memberikan struktur, termasuk membantu menggerakkan anggota badan.

Sendi engsel membantu beberapa gerakan, seperti menekuk dan meluruskan, seperti meregangkan jari. Bagaimana pergerakan pada sendi engsel? Seperti namanya, ia memiliki sifat gerak menyerupai engsel pintu, yaitu bergerak ke satu arah. Lantas, di mana letak sendi engsel pada tubuh manusia? Selain berada di jari, sendi engsel terdapat pada lutut dan siku.

Gangguan yang Bisa Timbul

Seperti kita memperhatikan kesehatan tulang dan otot, kesehatan sendi pun juga perlu diperhatikan. Pasalnya, kealpaan dalam memperhatikan keamanan sendi juga bisa mengakibatkan gangguan serius. Berikut ini beberapa gangguan yang bisa terjadi pada sendi engsel.

Radang Sendi Siku (Arthritis)

Apakah sendi jarimu pernah menggelembung? Itu artinya kamu pernah mengalami radang sendi. Selain di jari, hal ini juga terjadi di siku. Radang ini menyebabkan gerak anggota tubuh di sekitarnya menjadi terbatas.

Jika sudah parah, radang ini bisa membuat siku terasa nyeri, susah digerakkan, dan terasa terbakar. Penyebabnya sendiri bermacam-macam. Namun asam urat adalah penyebab utama terjadinya radang di jari. Penyebab lainnya adalah arthritis reaktif, rheumatoid arthirits, angkylosing spondylitis, dan arthritis psoriatik.

Klik Untuk Donasi - Shifa Belum Bisa Jalan diusia 5 tahun Akibat Lumpuh Otak yang dialaminya
Cerebral Palsy, Epilepsi, Malnutris...
Anisa Shifaul Khoiriyah
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.10,597,500
  2. Pencapaian 73.92%
  3. Donatur 141

Infeksi Sendi Siku (Septic Arthritis)

Jika kamu belum tahu, seni juga bisa terserang oleh bakteri jenis staphylococcus dan streptococcus. Penyakit ini sering dijumpai pada orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah, pengguna obat-obatan terlarang yang menggunakan suntik, penderita diabetes, dan pengguna obat kortikosteroid.

Gejala yang muncul pada penyakit ini adalah nyeri di persendian hingga susah digerakkan, bengkak, panas, kemerahan, dan demam yang disertai munculnya keringat.

Osteoarthritis

Seperti pada sendi lainnya, gangguan ini juga menyerang hinge. Gangguan ini sering menyerang sendi di lutut, tangan, dan kaki. Ciri-cirinya adalah sendi menjadi kaku dan sakit. 

Kekakuan terjadi akibat tulang rawan yang melindungi tulang yang dihubungkan oleh sendi mengalami kerusakan sehingga mengakibatkan rasa sakit dan bengkak. Gangguan ini bisa disebabkan oleh trauma, aktivitas tinggi, berat badan, gaya hidup, dan faktor genetik.

Dislokasi

Walaupun sendi ini bisa terbilang stabil, tapi dislokasi tetap bisa terjadi. Dislokasi terjadi ketika tulang keluar dari susunannya. Sendi yang sering mengalami gangguan ini adalah di tangan dan kaki.

Penyebab utama dislokasi di tangan, khususnya pundak, bisa terjadi akibat jenis olah raga tertentu. Dislokasi di kaki, khususnya lutut, bisa terjadi akibat trauma berlebih dari kecelakaan atau cedera olah raga.

Klik Untuk Donasi - Yuk Bantu Ikshan Penderita Sindrom Down yang juga Alami Gangguan Pendengaran
Sindrom Down
Ikshan Muhammad Abdulloh
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.10,355,000
  2. Pencapaian 100.05%
  3. Donatur 73

Kerusakan Jaringan

Cedera pada otot, ligamen, dan jaringan lain di sendi bisa menyebabkan rasa sakit dan radang di area itu. Cedera akibat olah raga, terutama olah raga berat, sering kali berdampak pada sendi engsel. Nyeri patellofemoral atau juga disebut runner’s knee bisa terjadi setelah seseorang mengalami cedera lutut berkali-kali.

Agar semua gangguan tersebut tidak terjadi, kamu perlu sering: (1) menggerakkan anggota tubuh, terutama sendi dan tidak mendiamkannya terlalu lama, (2) menghindari berolah raga terlalu lama dan berat, (3) meluruskan otot di sekitar sendi, dan (4) menjaga berat badan agar tetap ideal.

Sekarang kamu sudah mengerti bahwa gangguan sendi juga tidak main-main, lho. Banyak orang yang membutuhkan bantuanmu untuk menyembuhkan penyakit mereka. Ayo unduh aplikasi Wecare.id di ponselmu agar dapat membantu mereka yang kurang beruntung hanya lewat sentuhan jari!

download_app

Referensi:

Sehatq.com. (2020, 13 Oktober). Macam-Macam Sendi pada Tubuh Manusia dan Fungsinya. Sehatq.com.
Alodokter.com. (2018, 30 November). Risiko Penyakit yang Dihadapi Sendi Engsel dan Cara Mencegahnya. Alodokter.com.
Medicalnewstoday.com. (2019, 8 November). What are Hinge Joints? Anatomy and Function. Medicalnewstoday.com.