Jaga Kulit Kamu dengan Skincare Ini Saat Cuaca Panas

Jaga Kulit Kamu dengan Skincare Ini Saat Cuaca Panas

Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu yang relatif panas. Apalagi saat ini cuaca sedang panas-panasnya. Nah, teriknya cuaca tentunya bisa membuat kulit menjadi kusam karena debu dan paparan sinar matahari. Oleh karena itu, penting banget buat kamu untuk melindungi kulit dari paparan debu dan sinar matahari dengan selalu melakukan perawatan kulit. Apalagi jika pekerjaan kamu mengharuskan untuk beraktivitas pada luar ruangan. Udah pasti banget kamu harus selalu merawat kulit kamu agar tidak kusam dan rusak. Untuk mengantisipasinya, kamu bisa menggunakan topi atau payung untuk melindungi kulit terkena paparan sinar matahari langsung saat beraktivitas pada luar rumah. Selain itu, kamu juga harus rutin menggunakan skincare saat cuaca panas. Berikut beberapa skincare yang bisa kamu gunakan saat cuaca panas agar kulit tetap sehat dan terlindungi dari sinar UV.

Derita Kanker Nasofaring, Bapak Jajuli Butuh Biaya untuk Berobat!

Gunakan pelembap yang ringan untuk menjaga kulit dari kekeringan saat cuaca panas

Menggunakan pelembap merupakan skincare saat cuaca panas yang enggak boleh banget skip kamu pakai. Sesuai dengan manfaatnya, pelembap akan membuat kulit kamu tetap terhidrasi saat cuaca panas. Pelembap sendiri memiliki beberapa jenis, yaitu pelembap yang kental dan pelembap yang tidak terlalu kental.

Saat cuaca dingin, kamu bisa memilih pelembap kental dengan kandungan yang lebih tinggi dalam melembapkan kulit. Saat musim dingin biasanya kulit akan cenderung menjadi kering sehingga kamu butuh pelembap yang lebih tinggi kandungan air atau yang melembapkan kulit.

Berbeda lagi saat cuaca panas, sebaiknya kamu menggunakan pelembap yang tidak terlalu kental agar tidak menutup pori-pori. Hal ini tentu saja bisa menyebabkan beberapa masalah kulit lain, seperti komedo, jerawat bahkan bintik-bintik tanda penuaan dini.

Gunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV saat cuaca panas

Selain pelembap atau moisturizer, sunscreen merupakan skincare saat cuaca panas yang enggak boleh ketinggalan. Sunscreen bisa memberikan perlindungan ekstra karena terdapat kandungan SPF yang bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV. Kamu bisa memilih sunscreen berbahan dasar mineral dan bertekstur gel yang mudah menyerap pada kulit. Aplikasikan sunscreen secara menyeluruh dan berkala pada wajah serta seluruh badan.

Gunakan skincare berbahan dasar aloe vera

Aloe vera terkenal dengan manfaatnya untuk menghidrasi dan menyembuhkan kulit yang terbakar sinar matahari. Selain itu, produk ini juga bisa menenangkan dan memberikan efek dingin pada kulit sehingga saat cocok kamu gunakan saat cuaca sedang panas-panasnya. Beberapa produk berbahan dasar aloe vera yang bisa kamu pilih, yaitu facial spray, facial mist, hingga moisturizer.

Serum vitamin C

Serum vitamin C berkhasiat sebagai antioksidan yang mencegah hiperpigmentasi dan penuaan pada kulit. Selain itu, vitamin C juga bermanfaat untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Gunakan serum vitamin C secara rutin agar kulit kamu tetap glowing walaupun cuaca sedang panas.

Klik Untuk Donasi - Pulihkan Sumatera Barat
  1. Terdanai Rp.51,000
  2. Pencapaian 0.04%
  3. Donatur 7

Lip balm

Ternyata enggak cuma kulit aja lho yang harus kamu lindungi saat cuaca panas. Bibir juga enggak boleh skip dalam urutan skincare rutin kamu. Saat cuaca panas, bibir cenderung menjadi lebih kering dan pecah-pecah. Oleh karena itu, wajib banget hukumnya untuk menggunakan lip balm agar bibir tetap lembap. Pilih lip balm yang mengandung UV protection untuk melindungi bibir dari paparan sinar matahari. 

Nah, itu tadi beberapa skincare saat cuaca panas yang bisa kamu gunakan untuk melindungi dari paparan sinar matahari. Selain melindungi kulit dari paparan sinar matahari, menggunakan skincare saat cuaca panas bisa mencegah kita terkena beberapa masalah kulit, salah satunya adalah kanker kulit.

Seperti yang kita tahu penyakit kanker merupakan penyakit jangka panjang yang membutuhkan biaya pengobatan yang tidak sedikit. Di Indonesia, masih banyak pasien-pasien penderita kanker yang tidak berobat karena tidak ada biaya. Oleh karena itu, mari tunjukkan kepedulian kita dengan membantu mereka mendapatkan pengobatan optimal melalui aplikasi atau website WeCare.id.

REFERENSI:

POPMAMA. https://www.popmama.com/life/fashion-and-beauty/natalia-adinda-putri-danumulyo/cuaca-siang-hari-sangat-panas-ini-skincare-yang-dibutuhkan-kulitmu. Diakses pada 14 Juni 2022.IDN TIMES. https://www.idntimes.com/life/women/rully-bunga/skincare-untuk-musim-panas?page=all. Diakses pada 14 Juni 2022.

Sumber Featured Image : Seksak Kerdkanno dari Pixabay