Mengenal Manfaat Menstrual Cup, Pengganti Pembalut

Mengenal Manfaat Menstrual Cup, Pengganti Pembalut

Ketika menstruasi datang, kebanyakan wanita akan langsung berpikir untuk menggunakan pembalut. Namun sekarang ada pilihan yang lain. Pernah mendengar menstrual cup atau cangkir menstruasi? Manfaat menstrual cup kurang lebih sama dengan pembalut ataupun tampon. Apa itu menstrual cup dan bagaimana cara penggunaannya? Baca pembahasannya pada artikel berikut ini. Simak, ya.

Daftar isi:

  1. 1. Apa Itu Menstrual Cup?
  2. 2. Apa Manfaat Menstrual Cup?
  3. 3. Bagaimana Cara Kerja Menstrual Cup?
  4. 4. Pro dan Kontra Menstrual Cup? 

Apa Itu Menstrual Cup?

Sebelum tahu apa manfaat menstrual cup, cari tahu dulu apa sih produk ini? Seperti namanya, produk sanitasi ini berbentuk cup dan terbuat dari silikon. Fungsinya yaitu untuk menampung darah menstruasi dengan cara memasukkannya ke dalam vagina. Produk ini mempunyai dua ukuran, ada yang A dan B. Bagi perempuan berusia 30 tahun atau yang telah melahirkan, sebaiknya menggunakan ukuran A. Sementara itu, perempuan berusia 30 tahun ke bawah atau yang belum melahirkan sebaiknya menggunakan ukuran B. Kemungkinan beberapa merek ada yang melabelinya dengan ukuran satu dan dua.   

Apa Manfaat Menstrual Cup?

Produk sanitasi ini merupakan cara yang mudah dan sederhana untuk mengurangi jejak karbon karena menstrual cup bisa bertahan selama bertahun-tahun kalau kamu merawatnya dengan benar. Manfaat menstrual cup lainnnya adalah membantu mengurangi limbah sehingga bagus untuk lingkungan

Sebagian orang mungkin tidak tahu bahan dasar pembalut dan tampon. Namun, jika kamu menggunakan menstrual cup, kamu akan tahu bahan dasarnya, yaitu silikon.

Klik Untuk Donasi - Ibu Iis Lawan Tumor Langka yang Mengancam Nyawanya, Uluran Tanganmu Sangat diHarapkan!
Tumor Filodes
Iis Nurdiyah
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.6,136,341
  2. Pencapaian 27.25%
  3. Donatur 89

Bagaimana Cara Kerja Menstrual Cup?

Berbeda dari tampon atau pembalut yang menyerap aliran darah, menstrual cup yang berbahan silikon atau karet lateks menampung dan mengumpulkan cairan. Untuk merasakan manfaat menstrual cup, kamu harus tahu cara menggunakannya. Penggunaannya mirip dengan pemasangan diafragma maupun cincin kontrasepsi.

  • Cuci tangan terlebih dulu secara menyeluruh
  • Oleskan air atau pelumas yang berbasis air ke tepi menstrual cup
  • Lipat cangkir menstruasi menjadi dua, lalu pegang pada satu tangan dan hadapkan tepian ke atas
  • Masukkan cangkir ke dalam vagina dengan tepian menghadap ke atas tanpa aplikator. Cangkir menstruasi itu harus berada sedikit pada bawah leher rahim.
  • Putarlah cangkir menstruasi saat berada dalam vagina. Dengan memutarnya akan membuat cangkir terbuka dan membuat segel kedap udara untuk menghentikan kebocoran. Cangkir menstruasi akan terbuka, kemudian bersandar pada dinding vagina. Nantinya darah akan menetes ke dalam cangkir tersebut.

Kamu akan bisa merasakan manfaat menstrual cup bila penggunaannya benar. Ketika terpasang dengan benar, kamu tak akan merasakan apa pun. Pemasangan yang benar akan membuat kamu bisa bergerak, melompat, duduk, berdiri, dan melakukan aktivitas sehari-hari lainnya tanpa membuat cangkir menstruasi jadi terjatuh. 

Ada menstrual cup yang sekali pakai, tapi kebanyakan bisa kamu gunakan lagi. Untuk melepas alat tersebut, kamu hanya perlu menarik batang yang mencuat ke bawah, kemudian mencubit alasnya agar bisa melepaskan segelnya. Setelah itu, buang cairannya, lalu cuci menggunakan sabun dan air. Pada akhir siklus haid, kamu bisa mensterilkan menstrual cup ini dengan merebusnya dalam air mendidih. 

Pro dan Kontra Menstrual Cup?

Sebenarnya cangkir menstruasi sudah ada semenjak tahun 1930-an. Di Amerika, produk ini pertama kali diproduksi tahun 1987. Bahan dasarnya pun beragam, mulai dari karet sampai silikon. Terdapat pro dan kontra mengenai penggunaan menstrual cup.

Pro

Produk sanitas ini ramah lingkungan dan bisa bertahan hingga 10 tahun. Itu artinya limbahnya lebih sedikit dan lebih hemat. Manfaat menstrual cup ini tidak berlaku untuk merek yang sekali pakai. 

Menstrual cup bisa menampung selama 12 jam, jadi bisa bertahan lebih lama. Ini bagus untuk perlindungan saat malam hari. Sesudah terbiasa menggunakannya, kamu tak akan perlu lagi pembalut. 

Selain itu, manfaat menstrual cup lainnya adalah dapat menampung lebih banyak cairan, hingga 1 ons. Ini dua kali lipat dari pembalut super penyerap. Tentunya ini akan sangat bermanfaat pada hari-hari kamu yang padat. 

Menggunakan menstrual cup tidak menimbulkan terlalu banyak bau. Ketika terkena udara, darah menstruasi bisa jadi berbau. Namun menstrual cup membuat segel yang kerap udara. 

Kontra

Mungkin kesulitan untuk menemukan menstrual cup yang pas. Produk sanitasi ini mempunyai banyak ukuran, bergantung umur, banyaknya haid dan apakah sudah punya anak atau belum. Namun, untuk menemukan cangkir menstruasi yang pas bisa menjadi tantangan, apalagi kalau kamu memiliki rahim yang miring atau leher rahim yang rendah. Butuh beberapa kali trial and error, dan kemungkinan bisa mengalami kebocoran untuk sementara. 

Melepaskan cangkir ini akan bisa jadi rumit. Kamu perlu memosisikan dirimu dalam posisi duduk atau jongkok, kemudian gunakan otot dasar panggung untuk mendorong cangkir ke bawah. Baru kemudian ambil batang cangkirnya. Cara membuka segelnya pun harus benar supaya cairan tidak tumpah ke mana-mana.

Ketika berada di tempat umum, kamu harus mencuci cangkir tersebut di toilet. Bisa juga dengan membawa sebotol air lalu bilas cangkirnya, kemudian seka dengan kertas toilet.

Produk ini bisa mengganggu IUD sehingga beberapa produsen produk ini tidak menyarankan untuk menggunakan menstrual cup kalau kamu menggunakan IUD. Ini karena kemungkinan produk ini bisa menarik tali atau melepaskan IUD. Jadi lebih baik berbicara dengan dokter terlebih dulu jika ingin menggunakan menstrual cup saat menggunakan IUD.

Nah, itulah informasi mengenai produk sanitasi yang mungkin masih baru di Indonesia. Meski demikian manfaat menstrual cup bagi lingkungan lebih baik jika dibandingkan tampon dan pembalut sekali pakai, bukan pembalut kain yang bisa dicuci. Setelah mengetahui informasi tentang menstrual cup, yuk sisihkan waktu sejenak untuk membantu pasien yang membutuhkan bantuan biaya pengobatan. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Selembar Kebaikan, Ribuan Keberkahan

Referensi

DOUGHER, K. dan THOMPSON, K. (2020). What is a Menstrual Cup? How to Use It, Remove It, and More . Diambil kembali dari teenvogue.com.

Marquez, J. R. (2021). What’s a Menstrual Cup? Diambil kembali dari webmd.com.

Scaccia, A. (2019). Everything You Need to Know About Using Menstrual Cups. Diambil kembali dari healthline.com.What’s a menstrual cup? (2020). Diambil kembali dari boots.ie.

Featured Image : Oana Cristina on Unsplash